Tips Kesehatan Herbal Tradisional: Mengatasi Mencret atau Diare Dengan buah Sawo

Di depan rumah orang tua saya, ada pohon sawo yang sudah renta dan batangnya pun sudah berlubang. Akan tetapi sampai saat ini pohon sawo tersebut belum juga mati dan tidak ingin ditebang atau dimatikan oleh keluarga kami. Alasannya sederhan: Sebagai satu-satunya pohon sawo yang masih tersisa di kampung kami (sewan), pohon sawo tersebut sangatlah banyak memberikan manfaat bagi kesehatan para penduduk kampung sewan. Tidak hanya penduduk kampung kami saja, beberapa penduduk kampung sebelah pun sering menggunakan pohon sawo kami untuk pengobatan.

Paling sering terjadi adalah adanya seseorang yang terkena diare atau mencret yang bekerpanjangan. Hal yang perlu dilakukan oleh mereka hanyalah memetik beberapa buah sawo muda (pentil istilah jawanya) dan bebeapa lembar daun di sekitar buah pentil sawo tersebut. Bersihkan dari kotoran dengan mencucinya. Kemudian pentil sawo dan daunnya ditumbuk dan dicampur sedikit air matang dan diperas. Air perasan (kira-kira setengah gelas minum atau seperempat gelas) tersebut kemudian diminumkan kependeritan diare atau mencret. Ulangi tiap pagi dan sore.

Begitulah apa yang sering dilakukan oleh orang-orang kampung kami maupun kampung sebelah. Apakah ini manjur? Silahkan anda buktikan sendiri. Akan tetapi saya merasa bahwa tidaklah mudah menemukan pohon sawo sekarang ini. Sebagai sebuah kampung yang cukup jauh dari daerah perkotaan, pohon sawo saja sudah merupakan pohon cukup langka dikampung saya. Hal ini sangat berbeda dibandingkan dengan tempat eyang saya yang berada di pegunungan menoreh sana, yang untuk mendapatkan pohon sawo masih cukup banyak dan mudah.

Ringkasan:
Petik beberapa pentil sawo dan daunnya
Bersihkan
Tumbuk dan peras
Minum sehari 2 kali

Salam Sehat

Haqiqie Suluh

About these ads

28 Responses to “Tips Kesehatan Herbal Tradisional: Mengatasi Mencret atau Diare Dengan buah Sawo”


  1. 1 desi Minggu, 5 Agustus 2007 pukul 6:14 pm

    wah keren tuh… knapa gak dilaksnakan penelitian lebuih lanjut aja supaya diketahui secara pasti zat aktif yang terkankandung dalam daun sawo yang berkhasiat mengobati diare.
    Aq juga sedang melakukan penelitian tentang daun pepaya yang berdasarkan penelitian ku dapat mengobati diare.. cuma baru penelitian awal..
    mohon dukungan doa nya ya.. he he he..

  2. 2 iman kurnia Sabtu, 18 Agustus 2007 pukul 10:52 pm

    bisa ga tuliskan nama-nama tanaman obat-obatan besrta manfaatnya yang bisa di jadikan toga di sekolah.

    makasih…..

    Iman Kurnia

  3. 3 ndasmu Rabu, 22 Agustus 2007 pukul 5:58 am

    tanaman ganja tuh byk banget manfaatnya :
    1. Obat Stress
    2. Penghijauan
    3. Kadang malah buat mata pencaharian….

  4. 4 indra Rabu, 29 Agustus 2007 pukul 12:07 pm

    Good informations, just want ti sharring this blog contain methods how to make and use herbal by yoursel and it’s pict :)

  5. 5 sari Selasa, 18 September 2007 pukul 6:52 am

    wah, disini ga ada yg jual sawo, gimana ya?

    *ungkapan hati yg gi kena diare*

  6. 6 agus Senin, 22 Oktober 2007 pukul 8:40 am

    kalo saya (sudah ngerasa hero) langsung buahnya tak kunyah….
    walhasil….weekkkk….
    rasanya sepeeettttt buangeett…..

  7. 7 olis Rabu, 20 Februari 2008 pukul 8:19 am

    Trims banyak sarannya, aku jadi terinspirasi untuk membuat obat anti muntah untuk anakku yang muntah.

  8. 8 detta Kamis, 23 Oktober 2008 pukul 10:47 am

    aku lagi coba buat penelitian tentang sawo sebagai anti diare.
    Tapi masih bingung mo pake buahnya atau daunnya?
    ma takarannya berapa masih bingung!

  9. 9 detta Kamis, 23 Oktober 2008 pukul 10:50 am

    aku lupa mo nanya, sawo muda tuh umurnya berapa ya?
    Ma jenis sawonya apa toh?

  10. 10 Parvati Sabtu, 13 Desember 2008 pukul 10:04 am

    Thanks berat bwt resepnya, InsyaAllah bakal q coba bwt ngusir diare berkepanjangan ini.

  11. 13 Ocid Sabtu, 2 Mei 2009 pukul 1:34 pm

    Iya nih gw mw coba

  12. 15 anes Sabtu, 15 Agustus 2009 pukul 7:24 am

    thanks,buat..info nya,udah,di coba..
    Gila semalam..bab terus,.cair lagi..
    Untung ane ada pohon..sawo dpn rumah.

  13. 16 yanz Kamis, 8 Oktober 2009 pukul 12:34 pm

    kasi tau dunk batas buah sawo dikatakan muda…

    makasi sebelumnya mas…

  14. 17 iyus Minggu, 1 November 2009 pukul 8:16 pm

    thnx bngt, pi masih bingung ne ma takarannya, , ,
    tolong dong nta diperjelas lagi….

  15. 18 ardian eko Rabu, 4 November 2009 pukul 8:41 am

    ternyata sawo bisa buat obat diare.. baru tau.. tapi belum pernah liat pohon sawo.. hoho.. kasih gambar pohon sawo dong.

  16. 19 lailis sa'adah Kamis, 25 Februari 2010 pukul 7:52 pm

    mbak gimana caranya mengatasi anak yang sedang panas dan muntah

  17. 20 Ricky Dwi P. S. Sirait Selasa, 22 Maret 2011 pukul 1:14 am

    Klu blh tau,kn daun sawo itu bergetah apa ga berbahaya klu masuk dlm tuh wlw udh dgiling ato blender…
    Trz buah ny juga kn bergetah,itu gmn donk!??

  18. 21 Khobir Minggu, 1 Mei 2011 pukul 11:16 am

    Aku jg prnah d ksih tau klo slah satu manfaat sawo dn daunnya bisa untuk mngobati diare, termasuk membantu maslah pria, d antaranx agar lama dlm mlakukn hubungan sex/suami isteri.

  19. 22 TV Series Minggu, 1 Mei 2011 pukul 11:30 am

    mbak gimana caranya mengatasi anak yang sedang panas dan muntah

  20. 23 dealer pulsa Senin, 20 Juni 2011 pukul 8:16 am

    terima kasih atas infonya semoga ber manfaat, saya sudah mencret 4 hari nih…

  21. 25 imam nur yahya Senin, 3 Oktober 2011 pukul 3:25 pm

    Pohon sawo umur berapa kira2 bisa dipakai obat

  22. 26 donisembarangan Jumat, 28 Oktober 2011 pukul 8:14 am

    ada ga mas selain buah sawo untuk mengobati diare??karena sekarang buah sawo susah dapatnya masssss…….
    dan tolong bagi infonya tentang tips kesehatan lainnya donk mas makasih

  23. 27 bagas Minggu, 13 November 2011 pukul 8:15 pm

    makasih infonya,………buat ibuku…..

  24. 28 Pena Daun Rabu, 4 September 2013 pukul 2:12 pm

    Emang bener, pohon sawo cukup langka, apalagi kalau tinggal di daerah kota.

    Tapi, tetangga saya ada yang punya pohon sawo. Walaupun saya belum pernah lihat pohonnya berbuah


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 290 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: