Tips Sehat Tradisional: Mencegah Mabuk dalam perjalanan berkendaraan

Saya dulu sering mabuk. Saya dulu sering muntah dalam perjalanan. Terutama jika menggunakan bus atau kendaraan bermotor atau berbahan baker solar. Untuk kendaraan berbahan bensin saya pun tidak jarang terkena serangan mabuk. Saya tidak tahu kenapa saya mabuk. Saya hanya mual-mual jika melakukan perjalanan jauh. Setidaknya itu yang saya alami ketika saya masih kecil sampai masuk SMA. Setelah masuk SMA atau SMU saya tidak mengalami kejadian mabuk lagi. Kemungkinan karena SMU saya jauh sekitar 30 km dari dusun saya yang mengharuskan saya tiap hari menumpang angkot berbahan bakar solar, sehingga saya mulai terbiasa naik kendaraan dan menjadi hilang serangan mabuk yang sering mendera saya.

Saya masih ingat apa yang ibu saya lakukan atau tips apa yang ibu berikan kepada saya sewaktu saya ingin bepergian jauh supaya saya tidak terkena serangan mabuk berkendaraan. Salah satu tips sederhana dan sangat tradisional adalah dengan memberikan saya ketela rambat yang sudah dikupas mentah alias belum direbus atau dimasak untuk bekal diperjalanan. Dengan memakan ketela rambat mentah saya mampu mengurangi perasaan mual karena perjalanan jauh.

Semoga tips sehat ini bermanfaat. Akan lebih bagus lagi jika ditambah meminum secangkir kopi dicampur sesendok makan madu asli sebelum bepergian.

Salam Sehat

Haqiqie Suluh

21 Responses to “Tips Sehat Tradisional: Mencegah Mabuk dalam perjalanan berkendaraan”


  1. 1 rivafauziah Sabtu, 11 Agustus 2007 pukul 1:55 pm

    memberikan saya ketela rambat yang sudah dikupas mentah alias belum direbus atau dimasak untuk bekal diperjalanan.

    ——————
    Yang Mabok Jadi Orang lain Karena Mabok Gas (ketut) dari Ketela Rambat.. wa.ki../kii..kii

  2. 2 kris Rabu, 17 Oktober 2007 pukul 2:38 pm

    Saya biasa tempelin koyo di pusar, ngak tahu gimana kerjanya, mungkin karena sugesti saja. Ah yang penting sukses tidak mabok.

  3. 3 masarie Sabtu, 20 Oktober 2007 pukul 11:50 pm

    seperti yg dikatakan KRIS, beberapa kali aku lihat kawan seperjalananku melakukan hal yg sama. orang yg biasanya mabuk perjalanan jd tidak mabuk ketika sebelum perjalan tempel koyo di pusar.

    tulisan ini mungkin bermanfaat >> http://rumahpasien.wordpress.com/2007/10/10/tolak-saja-obat-yang-mahal/

    salam kenal,

  4. 4 agus Senin, 22 Oktober 2007 pukul 8:37 am

    tul kris…
    kalo takut panas, koyonya dapat diganti dgn tembakau rokok.
    tembakaunya dimasukin di puser (hi…geli…), trus tutup pake plester handplast.
    cara lain…jangan duduk di belakang!cari kursi depan dan liat pemandangan yang di depan. jangan liat samping, tambah puyeng ntar…
    atau…
    minum obat anti mabok aja… (misal anti**)
    gitu aja kok repot
    he…he…he…

  5. 5 adhi Selasa, 12 Februari 2008 pukul 4:37 pm

    ketela rambat itu ketela yang gimana sih? kalo aku biasanya gak mau repot, tinggal bilang sama penumpang sebelah “mas tolong bangunin kalo udah sampe ya…” :)

  6. 6 fahrur Minggu, 20 Juli 2008 pukul 10:10 am

    thanx nc taz infona, coz w skarang lg mo jalan nc,thanx bngetz

  7. 7 Rio Rabu, 17 Desember 2008 pukul 9:46 am

    Kl q biasanya minum anti* trs tdk du2k d belakang,lha tdr deh.Pokokny d buat senyaman mungkin.

  8. 8 ndika Rabu, 24 Desember 2008 pukul 11:51 am

    Tempelin koyo di puser ajah lebih praktis….!!

  9. 9 Pulsa Murah Senin, 31 Agustus 2009 pukul 6:28 pm

    Kalau saya tempelin HANS*** sejenis koyo juga tepat di puser. Biasanya DAMAI di perjalanan. Ada resep lagi “Banyakin ngobrol biasanya Si raja mabuk ndak datang”.

  10. 11 DerRY Rabu, 2 September 2009 pukul 4:18 pm

    saya ga bs ngapa2in klo dah mabok, repot skluarga

  11. 12 sanjaya Jumat, 14 Mei 2010 pukul 11:56 am

    saya mendrita vertigo. klo naik angkot ato perjalan jauh sering mabok.. bahkan ampe 3 kali masuk RS karna mabuk.. ini tidak mengada ada….apakah alternatif tadi memang benar2 manjur ??

  12. 14 agra Kamis, 16 September 2010 pukul 11:38 pm

    cara menghilangkan mabuk perjalanan di atas pesawat terbang?? bagai mana sih cara nya ???

  13. 15 lily Sabtu, 6 November 2010 pukul 4:26 pm

    kalau hand** tdk manjur jg gmn ???

  14. 16 transferfactorformula Selasa, 25 Januari 2011 pukul 9:55 am

    Kalau saya biasanya makan perment mint ketika mabuk darat

  15. 17 Manizta Kamis, 28 April 2011 pukul 10:04 pm

    Mnurut sesepuh..
    .: mnum obat anti mabuk (wktny jgn trlalu mpet kalau bisa 1/2 jm sblum brngkt udh mnum)
    .: tempelkan koyo d pusar
    .: jgn duduk d blkng krn d blkng tpat d ats ban shngga bsa mmbuat perut kocak
    .: upayakan lihat pmndangn dr dpn tdk dr smping
    .: ngobral obrol n jngn trlalu serius d buat santai ja
    .: tp ttp sedia kantong kresek sblm muntah ^^
    .: tp kalo prut udh kerasa mual mnum teh hngt atau mnuman lainny yg manis n hangat (manis=biar gk pusing, hngt=buat perutny biar hngt dan lbh enakan n gk lms lg)
    ,,
    good luck
    badan sehat prjalanan senang >_^

  16. 18 Raka Senin, 4 Juli 2011 pukul 11:58 pm

    Tpi kalau untuk orang yg pemabok berat gmna ? apa sma sja ?

  17. 19 sekolah10 Selasa, 5 Juli 2011 pukul 1:45 pm

    saya sudah mencoba hampir semua tips..tapi tetap saja mual.y hilang, sakit kpalanya tetap bertahan kadang sampai bsok.y,,,gmna pnylesaiannya…..

  18. 20 FURKON Minggu, 10 Juni 2012 pukul 4:38 pm

    ANAK SAYA KOK KALO PRGI LEBH DR 10 KM UDAH MABOK YA, KNAPA. MNTA SOLUSINYA GAN,BLS KE email saya, ahmadfurkon72@yahoo.com

  19. 21 Aji guntara Sabtu, 29 Desember 2012 pukul 10:47 am

    Makanan yang menghilangkan rasa mual, supaya tdk mabok apa aja sih, kasih tau donk gan?


Tinggalkan Balasan

Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 290 pengikut lainnya.

