Tips Kesehatan: Mengatasi Memar Karena Kesleo, Benturan, Jatuh, Dan Sejenisnya

Ibu saya baru baru ini jatuh dari sepeda motor dan kesleo sehingga tangan kirinya memar hebat serta gak bisa digerakkan. Kesalahan terbesar ibu saya adalah cara dia menangani memarnya yaitu dengan menggunakan kencur, balsem, dan sejenisnya. Hal ini mengakibatkan ibu saya memar karena kesleonya tidak juga sembuh atau mengecil malah semakin membesar, walaupun ketika dilakukan penangan seperti itu ada perasaan nyaman yang diberikan. Namun memarnya tidak juga hilang.

Kemudian datanglah sebuah info bahwa ibu saya salah melakukan perawatan atau perlakuan. Yang benar adalah dengan cara mengoles ke tempat memar atau bagian yang sakit dengan memakai injet (bahasa jawanya) atau kapur dicampur dengan jeruk purut atau jeruk nipis. Setelah lebih dari 10 hari memar gak sembuh, akhirnya dengan perawatan injet dan jeruk nipis dalam dua hari memar yang ibu derita langsung mengecil. Jika anda kena benturan atau kesleo lebih baik pula pertama kali kompress dengan air es.

Demikian tips singkat kali ini

Semoga Bermanfaat

50 Responses to “Tips Kesehatan: Mengatasi Memar Karena Kesleo, Benturan, Jatuh, Dan Sejenisnya”


  1. 2 Ngangsu Kawruh Kamis, 23 Agustus 2007 pukul 2:28 pm

    Pertama: Kok bisa jatuh?? (ga penting ya?) moga ga keulang lagi
    Selanjutnya makasih tipsnya.

  2. 3 agus Senin, 22 Oktober 2007 pukul 8:28 am

    bener…
    kemaren saya keseleo, tempurung lutut saya dislokasi (bahasa dokternya gt…). untung langsung tak kasi air es.
    yg jelas, jangan males di-gerak2in. kl didiemin aja tambah susah sembuhnya. jd banyak gerak aja…

  3. 4 gogo Jumat, 14 Maret 2008 pukul 8:26 am

    boleh nambahin ga??
    untuk kasus keseleo..bengkak,luka dsb

    pertama
    tinggikan bagian tubuh yang terluka..dengan tujuan mengurangi aliran darah ke tempat tersebut..dimana aliran darah pada pembuluh darah yang terluka(bocor) di dalam jaringan akan membuat jaringan tersebut bengkak dan menekan saraf serta jaringan sekitarnya yang membuat nyeri makin hebat.

    kedua
    posisikan bagian tubuh tersebut sesuai dengan posisi alami (anatomis)lalu..

    ketiga
    berikan bebat perban ato elastic bandage…untuk mencegah bengkak makin besar juga dapat menutup perdarahan dalam jaringn tersebut,serta membantu sekali dalam mengurangi nyeri saat sendi digerakan

    oh ya kompres es segera setelah terjadi benturan atau trauma akan sangat membantu mengurangi nyeri dan mencegah bengkak membesar…dapat diterapkan sampai hari kedua..
    setelah itu kompres hangat akan membantu meningkatkan alirandarah ke wilayah yang sakit dan mempercepat penyembuhan jaringan..

    bila nyeri cukup hebat dan mengganggu pergilah ke dokter u minta resep penghilang nyeri saja…

    smoga bermanfaat mas

  4. 6 Suluh Jumat, 14 Maret 2008 pukul 8:59 am

    @gogo: makasih tambahannya…

  5. 8 mbakminik Kamis, 21 Mei 2009 pukul 1:18 am

    Kalo keseleo boleh dipijatkan ga?..saya jg baru jatuh, tapi ortu mau memijatkan tangan sy yg keseleo ini..saya tidak mau,soalnya pernah dengar kalo keseleo ga boleh dipijatkan

  6. 9 mjsagita Rabu, 16 September 2009 pukul 8:53 am

    pada waktu badminton, saya jatuh dan kesleo di dengkul,setelah dipijit rasanya agak enakan, tapi selang beberapa lama rasanya seperti otot-otot ini kepuntir-puntir dan sakit, apalagi jika kebanyakan jalan…pijit sudah beberapa kali…tapi belum sembuh2, sampai2 tdk bisa jongkok…ada yang bisa kasih tip penyembuhan…??? makasih banyak

  7. 10 mkaren Jumat, 12 Februari 2010 pukul 7:50 pm

    bagaimana cara mencampur kapur sirih nya dengan jeruk nipis?
    hanya dicampur saja begitu?
    saya harap memar akan cepad hilang c
    soal nya saya ga tahan lagi dengan memar ini
    jelek banget x.x

  8. 11 disease Senin, 5 April 2010 pukul 1:16 pm

    Keseleo perlu penanganan yang tepat agar cepat sembuh, salah dalam penanganan mengakibatkan lama sembuh bahkan bisa lebih parah. Terapi dengan pemberian air es sangat membantu karena akan dapat mengecilkan pembengkakan.

  9. 12 tt Selasa, 27 April 2010 pukul 10:53 am

    trim,tipsny pasti q akn mcoba,,

  10. 13 giyono Selasa, 11 Mei 2010 pukul 11:39 pm

    makasih infonya kang

  11. 14 lukmanjack Selasa, 6 Juli 2010 pukul 8:53 pm

    Duh makasih banget yach atas infonya..!
    Memar tangan nich
    :-(

  12. 15 sutrisno Senin, 19 Juli 2010 pukul 8:47 pm

    Terima kasih atas infonya..

  13. 16 Sasangka Senin, 2 Agustus 2010 pukul 8:47 pm

    Thanks infonya. Salam.

  14. 17 owenivana Rabu, 25 Agustus 2010 pukul 12:03 am

    say kesleo udah 5 hari gak sembuh….
    aku da berusaha mengobatinya dengan cara sedemikian rupa,tapi tetep aja gak da hasilnya…
    kesimpulanya sembuh atau gak sembuhnya penyakit itu hanya Allah lah yang memberi kesembuhan….Amin……..

  15. 18 Diandra Kamis, 30 September 2010 pukul 11:11 am

    klo buat sembuhin keseleo mesti ke dokter or semacamnya kali ya.. klo buat ilangin bekas memarnya bisa tuh pake cuka apel dikompresin ke memarnya, cepet ilang loh.. soalnya aku gampang bgt dpt memar2 gak jelas karena apa..

    -

  16. 19 NUNI NURVIANI Jumat, 4 Maret 2011 pukul 11:34 am

    Pakek arak aja pasti manjur.

  17. 21 IBonk Rabu, 27 Juli 2011 pukul 1:04 pm

    saya jg baru jatoh ne dr mtor,,,memar di bagian kaki..kira2 pke arak,esbatu,kapur dan jeruk nipis mna yg mujarab yaa….

  18. 22 Firdaus Senin, 8 Agustus 2011 pukul 1:32 am

    Terimakasih atas informasinya, semoga segera bisa menghilangkan memar di kulit…

  19. 23 JiEun Jumat, 18 November 2011 pukul 9:07 pm

    Saya habis jatoh, dan skrg tangan kiri saya memar. Cari2 info ttg mengobati memar, taunya menemukan 2 artikel di tempat berbeda yg isinya sama persis, bedanya: yg pertama bilang: tetangga saya baru kecelakaan (sisanya persis). Ini tetanggaan beneran g ya? Kok isinya pun sama persis??
    Btw, thx udah mw berbagi, dan komentar serta masukan dari pembaca lain juga sangat berguna. Trims

  20. 24 sayani Jumat, 25 November 2011 pukul 8:28 pm

    saya semnggu yg lalu abiz jatuh ri mtor..
    & kaki saya mngalami bengkak, memar & kmngkinan besar ksleo..
    thupun utdh k dkter..
    pie hingga skrg bengkak & memar gk juga hilang…
    urg d sktar sya menyarankan untuk d urut..
    saya gk mau…(tkut ckit)..
    & cara thu pun utdh saya lkukan mpe skrg tetep jha bengkak gk ilang”…
    gmn lgi solusi buat ngilangin nya….

  21. 25 PingLadieS Minggu, 11 Desember 2011 pukul 12:12 am

    makanya jang ngebut2 jadi gak jatuh,,,,,,

  22. 26 Cut Dewita Selasa, 13 Desember 2011 pukul 2:13 pm

    saya baru jatuh dari motor,kaki saya memar,dan bengkak,serta dada saya ke bentur jadi klo ditekan rasanya sakit banget,caranya gmn yach mengatasinya/abatnya.thx

  23. 27 linda Selasa, 17 Januari 2012 pukul 8:38 pm

    kakiku kesleo nich apa yach obatnya? udh 10 hari masih bengkak dan biru.

  24. 28 mano Senin, 13 Februari 2012 pukul 4:55 pm

    10 hari yang lalu saya jatoh dari motor, dibagian tulang kering saya bolong kena pijakan standar 2, setelah d jahit, dan jahitannya kering bahkan sudah dilepas, memar disekitar luka jahitannya masih ada, itu yang bikin sakit saat jalan…
    kalo pake ramuan diatas, aman g y buat luka jahitannya…
    thanks

  25. 29 achi Rabu, 21 Maret 2012 pukul 10:54 am

    Gan bleh gk ngilngin memar/lebam dgn air hangat trus pa efekny.thakz

  26. 30 achi Rabu, 21 Maret 2012 pukul 10:56 am

    Gan bleh gk ngilngin memar/lebam dgn air hangat trus pa efekny. Thakz

  27. 31 achi Rabu, 21 Maret 2012 pukul 10:58 am

    Gan bleh gk ngilngin memar/lebam dgn air hangat trus pa efekny. Mnurut sampean sebaikny ngilnginny gmn?

  28. 32 Ady Bmic Rabu, 9 Mei 2012 pukul 2:46 pm

    anak saya abis ketimpa kasur kenatangan kanan nya memer dan bengkak gimana cara menyembuhkan nya sudah dua hari ini sudah saya urut tp tinggal bengkak dan memear

  29. 33 Dio akbar Sabtu, 12 Mei 2012 pukul 4:04 pm

    Saya sudah 10 hari kaki saya memar dibagian mata kaki dan benjol saat dikasih air sudah hilang trus kembali membesar , bagaimana obatnya? mohon dijawab

  30. 34 iyud Kamis, 5 Juli 2012 pukul 3:17 pm

    saya 1tahun lalu jatuh dari motor kaki saya retak , tapi sudah sembuh sudah normal kembali, terus beberapa hari lalu kaki saya kesleo langsung bengkak tidak bisa jalan sama persis waktu jatuh dulu, berarti kaki saya belum sembuh total ya? padahal kan sudah 1tahun.

  31. 35 andre Jumat, 20 Juli 2012 pukul 8:10 pm

    kalo pake air hangat sama garam bisa ga gan??

  32. 36 viki Minggu, 26 Agustus 2012 pukul 8:56 am

    klo untuk memar di dada akibat benturan gmn ya obatnya?

  33. 37 indra Rabu, 19 September 2012 pukul 11:07 am

    Mau share aj krn bru kmrn kena sliding wktu main futsal:pastikan dulu cedera yg kita derita krn keseleo/salah urat/tulang bergeser krn jika memar/bengkak krn hal tsbt maka lebih baik diurut dulu tpi pastikan tkg urutnya memg ahli utk urut otot/tulang,jika bukan ahlinya dikhawatrkn menambah parah,utk urut jenis ini hanya sebentr sktr 1 sd 2 mnt,jd klo urutnya memkn waktu lama berarti salah pilih tkg urut.Sdgkn ciri cedera kita keseleo/tlg bergeser umumnya sendi antar tlg bila digerakkan akan nyeri.Bila ciri2 tsbt tidak ada maka dpt dipastikan cedera kita hanya memar saj

  34. 38 sinta hotmauli Rabu, 10 Oktober 2012 pukul 12:33 pm

    anak saya pernah ditabrak motor dia jatuh telentang kepala bagian belakang kena benturan, ramuan apa yang bisa mengobatinya dari dalam?(diminum?).tksh.

    • 39 neswy Selasa, 30 April 2013 pukul 10:46 am

      Minum jus mengkudu yg mengandung zat anti radang,anti inflamasi,anti bakteri&segudang manfaat lainnya yg bguna bg kesehatan tubuh&menyembuhkan berbagai macsa penyakit tmasuk kanker,gula,bahkan luka trauma krn benturan yg bs memulihkan kembali krn khasiat noni yg mampu meregenerasi sel sel yg rusak.kalau berminat hub 081377182429

  35. 40 zoya ae Minggu, 4 November 2012 pukul 10:53 pm

    matur nuwun bro……..

  36. 41 Akoelah Syafa Al-munirah Rabu, 9 Januari 2013 pukul 7:56 pm

    awl desember lalu q mnglm kecelakaan ckp prh bhkn mata kiri q nyrs sj kena tp alhamdulillah g kena syrf pnglhtn,memar biru2 d area mata da hilang nmn lk bks memar tu blm jg menghlng mlh wrnx smkn coklat kyk org kurang tidur gt,kira2 da yg bs ksh solusi hrz gmn q

  37. 42 bambang Rabu, 13 Maret 2013 pukul 7:14 am

    saya jatuh dr motor udah 3 hari ini, tapi kok bengkak dapa kaki saya blm juga berkurang. padahl udah di urut, padahal udah saya kasih (ragi asam jawa dan garam) seperti yang di anjurkan tukang urut tolong dong kasih solusinya Soalnya sakitnya mintak ampun, di gerakin rasanya seperti di tarik otot2 saya.

    • 43 useonetwo Sabtu, 16 Maret 2013 pukul 12:46 pm

      Kalau kaki bengkak habis jatuh atau kena benturan jangan sekali-kali DIPIJAT didaerah sakitnya. Awalnya enak tapi berikutnya pasti tambah bengkak. Usahakan dikompres air es tapi jangan terlalu lama.
      Untuk keseleo di sendi atau patah tulang tolong dipijatkan ke Hj Fatimah di Sidoarjo (Sangkal Putung). Kalau masih baru tak jamin gak sakit dan bawa perban coklat. Alamat Hj Fatimah di Sumput Sidoarjo depan Kavaleri AD.


Berikan Balasan

Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 290 pengikut lainnya.

