Menjebol Folder Protection, Folder Lock atau Folder Guard: Sebuah Cerita

Kejadiannya dulu saya ingat begini: Suatu ketika saya sedang membuat partisi baru lewat perangkat partition magic. Kemudian tiba-tiba listrik mati. Sialnya karena komputer murahan dan gak punya duit buat beli onderdil tambahan, komputer saya tidak dilengkapi UPS (Uniterruptible Power Suplay), akhirnya komputer saya pun ikut modar alias wafat. Ketika listrik hidup kembali, saya berusaha menghidupkan komputer. Tiba-tiba komputer saya gak bisa booting normal ke windows. Opsi lewat safemode dan lain-lain semua udah saya coba. Hasilnya gagal, gak bisa boot sama sekali, masuk safe mode juga gak bisa. Dan saya tahu penyebabnya. Partition magicnya gak selesai melakukan kerja dan terhenti di tengah jalan dan menyebabkan transfer file atau data terhenti, akhirnya file2 bawaan windowspun ikut hancur juga.

Malangnya data-data penting saya, kok ya saya simpan di drive C, dan tidak saya sharing folder my dokumennya (ada opsi tertentu di my document untuk windows xp khusus yang menggunkana file system ntfs). Saya instal window saja tidak bisa waktu itu. Akhirnya cara terakhir saya bawa hardisk saya ke tempat temen. Harapannya dengan membuka hardisk lewat komputer temen, minimal saya bisa menyelamatkan data-data penting saya, dan kemudian saya bisa instal window lagi dengan memformat ulang terlebih dahulu hardisk saya tersebut.

Ceritanya kemudian berlanjut penuh kesialan. Hardisk saya kebaca di eksplorer temen saya sih, lengkap dengan data-datanya, akan tetapi data data penting saya yang berada di my document tidak bisa ke buka karena mengharuskan privilege administrator atau user asli bawaan dari windows awal saya (komputer saya) untuk membuka folder my dokument tersebut. Ini sebenarnya sangat mirip dengan kerja Folder Protection atau Folder Guard. Al hasil saya kecewa dan hampir putus asa mendapatkan kembali data-data penting saya tersebut.

Kemudian saya teringat satu software yang masih tersimpan di hardisk saya yang tidak ikut terkunci, dan saya punya harapan besar pada software tersebut untuk bisa mengembalikan data saya. Softwarenya bukan cracking folder lock atau semacamnya tapi cuma sebuah software recovery. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah Get Data Back. Sedikit mengenai Get Data Back. Software recovery ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan software recovery sejenis yang lain semisal easy recovery, atau recovery my file, buktikan aja sendiri, terutama dari segi kemampuan dan kemudahannya. Hampir 70-90 persen file (menurut pengalaman dan perkiraan ngawur saya sih :smile:) bisa dikembalikan baik itu yang terdelete, terformat atau di dalam sebuah folder.

Saya instal aja tuh software di komputer temen, kemudian saya jalankan. Dan wow semua data saya berhasil dikembalikan. Software ini memiliki kemampuan untuk menerobos langsung ke arah file atau data yang dituju tanpa harus melalui folder atau yang sejenisnya, karena ia melakukan core scanning langsung ke arah file system hardisk (langsung kepermukaan hardisk, bukan lewat folder2 atau yang sejenisnya). Dengan demikian walaupun folder anda terkunci, disembunyikan, dihidden, atau bahkan dijadikan folder system sehingga tidak terlacak atau terdeteksi lewat ekplorer, ia masih bisa diakses, Lha wong di delete atau diformat disknya aja masih bisa dikembalikan alias diakses kok, apalagi cuma di lock foldernya. Lagi pula data tersebut bisa dikopi paste ke tempat yang lainnya. Tidak perduli mau jenis apa datanya (perkiraan ngawur, entar kalau ada yang gak bisa jangan salahkan saya, sejauh yang saya ketahui hampir semuanya bisa kok), entah itu mp3, word, atau gambar dengan berbagai ekstensi, semua bisa dikembalikan. Hal ini berbeda dengan software recovery yang lainnya yang hanya mampu mendeteksi jenis file file tertentu dan kerjanya juga seringkali sangat lama. (Bandingkan, saya menscan atau merecovery partisi 10 Giga dengan Get Data Back tidak sampai 30 menit selesai, dengan Easy Recovery nyampe 2 jam belum selesai Bro!! Pentium 4 1,7 GHz, memory 256 Mb keambil 32 buat VGA tinggal 224 Mb, Windows Xp SP 2)

Jadi kalau mau menjebol folder tuh sangat mudah tanpa harus repot repot mengetahui password atau yang lainnya. Cukup sediakan software ini. dan semuanya serahkan kepadanya. Beberapa Software Folder Protection dan sejenisnya mampu dilangkahi kok dengan Bantuan Get Data Back.

Software ini dapat digunakan untuk keperluan yang bermacam-macam, khususnya berkaitan dengan akses ke suatu file di dalam harddisk. Asal masih bisa menginstal software ini di komputer, file yang disembunyikan dimanapun atau yang di delete dimanapun atau yang ke format (asal delete gak pake cara shredder dan belum ketimpa sama file yang lain, dan tentunya hardisknya belum rusak), anda masih bisa mengakses dan menggunakannya (copy paste dulu tuh file ke tempat lain). Terakhir saya coba (Juli 2007) untuk mengembalikan data temen saya yang keformat terkena virus. Sudah di bawa ke mana2 komputernya, hasilnya nihil malah hilang data-data pentingnya. Beruntung waktu itu saya ke jogja dan dia cerita soal tersebut. Imbalannya cuma dibeliin roti bakar ma makan gratis seharian. Huk2x. Tuh ongkos ke jogjanya aja cuma inpas kalau diitung2, belum juga waktu saya yang di booking ma dia seharian, mau ketemu pacar pun akhirnya gak jadi (eh lebih tepatnya pacar saya yang gak jadi datang ding :smile:). Yah namanya juga temen. He he he

Andai pengen data anda benar-benar tak terakses lebih baik gunakan file protection atau folder protection yang sekaligus menyediakan enkripsi untuk file-file didalamnya. Dengan dienkripsi file tersebut walaupun bisa diakses pasti tidak mampu dijalankan. Contoh folder protection yang menyediakan enkripsi file atau folder adalah Lock It and Protect Pro. Hanya saja dengan adanya enkripsi akan menjadikan proses protectionnya jadi lama karena file-filenya akan dienkripsi satu per satu. Sayangnya file tersebut masih bisa didescripkan jika kita menginstal software tersebut, walaupun di komputer yang lain dan tidak perlu akses password asli. Asal kita tahu dengan software apa (yang berarti juga dengan logaritma apa) dia mengenkripsi file tersebut

Ohya, karena TOS (Term Of Service) WordPress.com tidak mengijinkan sharing/ link software yang berjenis hacking, cracking, trojan, virus dan kegiatan illegal sejenisnya atau yang belisensi alias harus bayar atau beli (bisa di suspend atau dihapus blog ini jika itu terjadi dan ketahuan), maka mohon maaf tidak bisa menshare software Get Data Back. Dan maaf gak bisa share lewat email juga coz cukup besar filenya sedang koneksi internet tidak mencukupi. Sekedar Info aja bagi yang pengen mencoba atau memilikinya: Saya mendapatkan software ini lewat rental CD software di Jalan Kaliurang. Lebih Tepatnya dari Rental Bimasakti yang di depan Hotel Ishiro itu lho… Bilang aja minta software Get Data Back, entar juga dicarikan. Jangan Keliru dengan Rental Bimasakti yang lain. Entar Kecewa kalau gak dapat. Dimarah-marahin lagi saya.

Pengalaman saya banyak orang atau oknum yang kalau gak dibalas atau gak dikasih permintaannya jadi marah-marah dan memaki-maki saya.

Motto: Semua Yang Saya Tulis Bisa Jadi Kebohongan Belaka, Terserah Anda Mengelola dan Menggunakannya!! Jangan Pernah Menyalahkan Saya!! Jangan Pernah Memaki Saya!! Salah Sendiri Anda Percaya!! Peace!!

Semoga Bermanfaat

Haqiqie Suluh

40 Responses to “Menjebol Folder Protection, Folder Lock atau Folder Guard: Sebuah Cerita”


  1. 1 sky Kamis, 6 September 2007 pukul 1:07 pm

    “Motto: Semua Yang Saya Tulis Bisa Jadi Kebohongan Belaka, Terserah Anda Mengelola dan Menggunakannya!! Jangan Pernah Menyalahkan Saya!! Jangan Pernah Memaki Saya!! Salah Sendiri Anda Percaya!! Peace!!”

    sugeng siang Mas Haqiqie
    kliatannya Panjenengan pernah disalahkan karena salah satu artikel yang Panjenengan tulis.
    semua tulisan anda hari ini selalu diakhiri dengan kata-kata seperti itu.
    sabar aja Mas……kadang orang tu menelan mentah-mentah semua informasi yang didapatkannya.
    Jujur……saya salut pada Mas Haqiqie.
    kl pas ol sebenarnya pengen PM Panjenengan agar bisa ngangsu kawruh lebih banyak lg.
    sayang…saya belum tau id Mas Haqiqie.

    • 2 Haris Minggu, 14 Februari 2010 pukul 12:33 am

      Ass Wr. Wb
      Bang… bantuin saya doong,
      Folder saya ke protect oleh sistem administrator

      tadinya saya pake 2 user, yang pertama user nama saya, yang kedua user administrator…
      trus My documen yang di user administrator saya pindahkan (move) ke D. yang saya kasih nama admnistrator foldernya.
      pas saya instal ulang, kok gak bisa ke buka tuh folder.. setiap saya klik ada bacaan “write protect”
      sekarang itu file dah gak bisa di apa2in.. cuma bisa di plototin doang, dah kya file yang error…

      saya udah coba masuk ke administrator juga tetap gak bisa.
      saya coba pake software juga gak bisa…
      saya harus bagaimana bang..??
      mohon bantuannya yaa

      tolong ya bang kasih tau carana.
      kirimin ke email saya di asra_comp@yahoo.com

      thanks
      Wss, Wr. Wb.

  2. 3 kecemplungkalen Kamis, 6 September 2007 pukul 1:27 pm

    peace juga bang yang ganteng ……..!!!!!!!!
    merdeka….!!!!!!!!
    emang susah sih ya mas kalo ngga di gaji…:D

  3. 4 Suluh Jumat, 7 September 2007 pukul 8:53 am

    @sky: Id saya? Tanya kecemplungkalen, dia tahu kok :smile:

  4. 5 Ono sing ra ono Selasa, 11 September 2007 pukul 3:05 pm

    mas Suluh sekarang saya juga punya problem sama dengan panjenengan…saya coba pake Get Data Back untuk merecovery hd 80 Gb n sampe sekarang sudah 4 jam tapi masih proses searching for NTFS file system baru nyampe 18%…gimana nih mas biar bisa lebih cepet..?? (u/ info tambahan saya pake core duo 6700 mem 1 Gb)

  5. 6 odydasa Minggu, 16 September 2007 pukul 6:07 am

    Kalau hanya masalah ke pentok gak bisa buka folder/ file karena gak ada privilege, kan windows kasih fasilitas untuk change owner.
    Memang, yg bisa untuk ini untuk Windows XP adalah yg Professional, bukan Home Edition, dan agar menu security untuk change owner bisa muncul, harus menonaktifkan “use simple file sharing”

    – sambung hardisk dg komputer yg bersistem windows xp PROFESSIONAL edition
    – login dg user bertipe administrator.
    – pastikan untuk menonaktifkan “simple file sharing”
    (Windows Explorer -> Tools -> Folder Option -> View -> Use Simple File Sharing ==> jangan diaktifkan
    – Lewat windows explorer, klik kanan mouse pada folder yg hendak dibuka, pilih properties -> security -> advanced -> owner
    ==> pilih yg administrators, jangan lupa mencentang pilihan “replace owner on subcontainer and objects”
    – Habis itu, folder yg bersangkutan & segala di dalamnya sudah diganti owner-nya dg user yg ada di komputer yg digunakan.

    • 7 adin Minggu, 25 Juli 2010 pukul 1:29 am

      cara paling ampuh, boot aja komputernya pake live cd linux ubuntu atau boot linux ubuntu dari flasdisk, nanti akses aja folder yg terprotek, tinggal copy paste filenya katmpat lain aman deh.

  6. 8 superdeuthman Selasa, 18 September 2007 pukul 2:28 pm

    wah info menarik, thanks bro
    cuman sayang aja dah cinta ama ubuntu dan tiger, jadi belum bisa praktekin…

    btw… salam kenaL

  7. 9 akbar Kamis, 20 September 2007 pukul 1:20 pm

    Menarik juga artikelnya mas, kalau bisa ditambah lagi dono biar bermanfaat bagi kita2 yag belum mengetahui apa yang perlu diketahui……
    terus maju pantang mundur ya

  8. 10 ryu Selasa, 13 November 2007 pukul 12:02 pm

    lumayannnnnnnnnnnnnnn bagus…
    klo bisa artikel tentang buat program donk

  9. 11 rones Jumat, 16 November 2007 pukul 2:25 pm

    Saya punya pc yang mana hdd nya tidak di partisi hanya pake data C:/ saja.Beberapa waktu lalu saya format karna windowsnya hang dan tetep tanpa partisi,dan yang ingin saya tanyakan apakah dengan software Getdataback data saya yang di data C:/ sebelum di format masih dapat kembali? apakah bisa dengan cara instal Getdataback di data C:/,dan saya jalan kan recovery datanya di data C:/ juga,dan apakah setelah datanya ditemukan saya copy ke dalam flashdisk or data C:/ juga bole.terima kasih banyak

  10. 12 nasrull Senin, 19 November 2007 pukul 10:39 am

    good ini artikel yg gw cari

  11. 13 Bandit_blagak@yahoo.co.id Senin, 3 Desember 2007 pukul 11:26 am

    mas g mn klw softwarenya d kirim…..lwat bntuk cd…melalui jasa pengiriman….ntar biayaya saya gnti

  12. 14 wanto Rabu, 19 Desember 2007 pukul 10:44 pm

    terima kasih atas pengalamanya……….

  13. 15 deny Kamis, 7 Februari 2008 pukul 11:54 am

    mas gmn seandainy kita ym sama seseorng biasa atau tidak kita menghidupkan cam nya tp kn kita jauh gtu?????

  14. 16 idrisamien Rabu, 12 Maret 2008 pukul 9:18 pm

    kamu punya program untuk meproteksi folder nggak ?
    kalo ada, tolong kirim ke emailku

  15. 17 lovepassword Rabu, 25 Juni 2008 pukul 8:17 pm

    Memang banyak software security terutama proteksi folder yang bisa di bypass dengan program data recovery. Sebenarnya sih bukan cuma Get Data Back saja, Hampir semua program data recovery (pilih saja yang jalan di windows normal) bisa anda pakai.

    Bisa juga kita memakai software lain seperti image explorer atau paragon partition explorer. Dengan cara ini kita bisa membypass proteksi tanpa harus memakai sistem operasi lain.

    Tetapi…- Ehhh…Masih Ada tapinya lho…-

    Setahu saya software pelindung folder itu ada banyak banget dan tidak semua proteksi bisa dibypass karena ada sebagian pelindung folder yang melakukan proteksi tambahan misalnya dengan enkripsi file. Proteksi semacam ini tidak mudah dijebol enkripsinya lewat Linux sekalipun, misalnya software buatan Microsoft : Microsoft Private Folder. File memang bisa diakses tetapi karena datanya diacak-acak jadi tetap nggak bisa dibuka.

    JAdi SARAN saya : Jangan sampai kita meremehkan proteksi folder apalagi yang tidak kita kenal 100%. Karena masih ada kemungkinan kalau ada software-software tertentu tidak bisa dibypass dengan cara-cara di atas.

    SALAM dari saya
    http://www.lovepassword.blogspot.com

    • 18 Marina Equalz Kieky Rabu, 10 Agustus 2011 pukul 9:26 am

      Aq pux data dSalah satu folderQ yg aq kunci dg password pke FolderCustomizerXP.. Tapi aq lupa passwordx apaaa..
      Kamu tau gag carax biar bs tau passwordx apa n aq jd bs ngbuka folderQ lg..
      Kmrn sempet baca di internet klo aq bs pke FolderCustomizerXP DIE,, tp pas aq browsing,, ternyata udah kgag ada lagi tuh FolderCustomizerXP DIE.. alamat http://www.norespect.co.cc ajah udah kgag bisa di buka.. Aq jd bingung,, gimana carax biar aq bs buka folderQ lg??
      Maklum,, aq gag sepintar kalian.. Hehehhee :)

  16. 20 lovepassword Rabu, 25 Juni 2008 pukul 8:34 pm

    Oh, ya. Bagi rekan-rekan yang pengin tahu cara masuk ke file konfigurasi program FolderLock tanpa tahu passwordnya, silakan lihat di:
    lovepassword.blogspot.com/2008/05/cara-mudah-mendecrypt-password-folder.html

    Untuk Folderguard, silakan lihat di :
    lovepassword.blogspot.com/2008/05/script-untuk-mereset-password-folder.html

    Untuk PC Security, silakan lihat di :
    lovepassword.blogspot.com/2008/05/mendekrip-password-pc-security.html

    Untuk Folder Access, silakan lihat di :
    lovepassword.blogspot.com/2008/05/cara-mudah-men-decrypt-password-folder.html

    Keuntungan masuk ke file konfigurasi adalah kita bisa mengambil alih program secara penuh. Termasuk kita juga bakal langsung tahu, mana folder yang sedang diproteksi dan mana yang tidak. Jadi kita bisa langsung mengarah pada sasaran

    SALAM. http://www.lovepassword.blogspot.com

  17. 21 Gu4n Sabtu, 4 Oktober 2008 pukul 12:03 pm

    Napa ga dicoba pake puppy linux?
    Puppy linux versi flashdisk, so simpel and bisa baca ampe my document alias foldernya kaga ke lock.
    Lumayan buat back up data kalo windowsnya kaga bisa kebuka lagi. Tinggal nancap flashdisk 1 (puppy liinux) n flashdisk 2 (buat nyimpen data back up-an). Jalanin puppy linuxnya trus kopi smua deh tuh data.

  18. 22 hengky kurniawan Rabu, 8 Oktober 2008 pukul 11:44 am

    gw pengin ngecrot anusnya sandra dewi!

  19. 23 Phenom Jumat, 10 Oktober 2008 pukul 1:19 pm

    Good…good..good..!!!
    Ceritanya bagus mas,,
    Tapi gimana caranya mendapatkan software tersebut selain di rental yang di sebutkan tadi..???
    Adakah link yang bisa mendownloadnya langsung???

    Kalau ada tolong di kirim ke e-mail saya mas>>>
    God luck Truz……

  20. 24 Yulius Senin, 22 Desember 2008 pukul 1:32 pm

    Hello, bang.
    Bagaimana mengatasi cara mengkrak folder. Trimakasih bang. Tolong balas dialamat emailku

  21. 25 kurniawan hengky Jumat, 16 Januari 2009 pukul 12:38 am

    sandra dewi pengin dikecrot anusku

  22. 27 mephs Minggu, 18 Januari 2009 pukul 4:20 am

    mas, punya caranya biar isa dapet passwordnya ato nge reset password Lock Folder XP gak?
    Kalau punya tolong saya di kasih tau lewat email atau blog saya mas
    thanks. ^v^

  23. 28 Shuttle2K Kamis, 12 Maret 2009 pukul 10:00 am

    Saya kira folder guard tidak melakukan encrypsi data sama sekali.
    Folder Guard hanya memprotek akses dari windows (yang di installi Folder Guard) ke folder-folder yang diproteksi

    Dari segi security, memang kurang aman, karena dengan memasang hdd tersebut di komputer lain, data bisa diakses dengan mudah

    Keuntungannya adalah, data tidak benar-benar hilang apabila kita lupa password.

  24. 29 fashionimport Jumat, 3 April 2009 pukul 4:19 pm

    mas, minta link download software nya donk

  25. 30 SEND_OK Kamis, 22 Oktober 2009 pukul 10:15 am

    klo masalah security (privilege administrator) dan masalah lainnya yg gak da hub.nya sama kehilangan data karena ke apus.. dng kata lain data ada tp gk bisa dibuka/copy/del karena masalah keamanan khususnya di partisi dng format ntfs…harusnya gak usah repot² pk software tambahan karena bs di kutak-katik dr windows xp nya sendiri…

    control panel>Administrative Tools>Local Security Policy>Security Options>…Network Access:sharing and security model for local accounts => ganti guest jadi classic

    nanti disetiap file & folder ketika di properties akan ada tab baru yaitu ‘Security’…

    1.klik “advanced”
    2.klo tanda “inherit from parent the ….. bla²” tercentang, hapus centangnya (uncheck). kemudian ada warning, pilih “copy”
    3.hapus semua grup/nama yanga ada di “group or user names” dengan mengklik tombol “remove”
    4.klik tombol “add…” masukan nama/grup pada bagian “enter the object name..” sesuai dng yg diinginkan… utk dapat di akses siapa sj pilih/masukan “Everyone”, OK
    5.muncul dialog, centang(check) smua bagian Allow (full controll), OK…
    6.klo msh gak bsa msuk lg dan pd bagian “owner” pilih user name/grup.. ok….

    ada jg software kecil buat buka partisi semacam file explorer, DiskInternals NTFS Reader, dan lainnya

    gampangkan gak serebet baca post diatas….
    jujur w baca gk mpe abis pusing bacanya… gak banyak kasih info cuman sharing pengalaman sang blogger z….

  26. 31 elp Sabtu, 24 Oktober 2009 pukul 5:02 pm

    pake linux live cd aja gan. dalam penelitian ngawur saya, aplikasi gado2 yang digunakan untuk proteksi folder termasup bawaan winblows sendiri ( misalnya my document di set ga boleh sharing dengan account user lain ), ga ngaruh saat jadi slave-disk di linux.

  27. 33 Rio Minggu, 21 Februari 2010 pukul 2:38 pm

    Mas, lupa password menggunakan folder protector nah… tolooooong bantuannya semua… file2 penting q ada disana… tolong krim ke cowokhonest@yahoo.com… tolong yah semua….

  28. 34 mix Selasa, 17 Agustus 2010 pukul 10:49 am

    da yg bsa bantu aku gag??
    folder ku dlu aku protek dgn folder lock….
    tpi hbis d instal ulang ma bengkel komp, mlah jadi gag k baca data nya…
    aplikasi folder lock nya hilang…..
    folder di delete juga gag bisa…….
    g mn???
    tlong bntuannya….
    tlong krim ke email mix_anharicool@yahoo.com

  29. 36 Satch™ Senin, 3 Januari 2011 pukul 1:39 pm

    salut gw dgn alur cerita lw…
    trnyata lw pnya bakat nulis ya.
    bisa tu buat buku cerita lucu ato pngalaman pait&manis hidup lw.
    klo buku-y udh terbit info ke gw ya,biar gw yg duluan bli buku lw..
    coz karangan lw asyik (alur cerita-y pas bgd)
    see u & nice share

  30. 37 THAYIB Kamis, 10 Februari 2011 pukul 12:24 am

    Bapak2..Ibu2..pake Hiren boot CD aje…dari mau memPartisi HDD, ngunci HDD,unlock HDD, repair badsector, Recovery data/partisi, recovery data yanf partisinya ga ada lg atau hancur pun bisa bahkan menjadikan HDD jd perawan ada juga tool2nya diHiren…Folder loe yg dipassword bakal keliatan deh. pk itu..

    Selain Hiren Boot CD bisa juga pake Window XPE live cd, Ultimate Boote CD (UBCD), systemRescueCd atau Trinity Rescue Kit

  31. 39 poetri nietha Sabtu, 10 Desember 2011 pukul 6:55 am

    Makasech ea atas info_a..berguna banget buat aQ yang emang lagi butuh software-saoftware mengembalikan data…^_^

  32. 40 vico Rabu, 7 Maret 2012 pukul 5:46 pm

    folder saya terkunci dengan folder lock versi 6.5.2, gmana cara bukanya kembali tanpa password jika lupa passwordnya? thanks


Tinggalkan Balasan

Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 288 pengikut lainnya.

