Tips Kesehatan: Mencegah Mengatasi Asam Urat & Kolesterol

Sudah lama gak nulis tentang dunia kesehatan alias tips dan tips yang pernah saya ketahui terutama dari pengalaman keseharian saya bersama orang tua saya. Tips kali ini saya berhubungan dengan penyakit bapak saya yang kena Asam Urat dan sedikit juga Kolesterol. Nah kalau lagi kumat asam uratnya tuh, biasanya persendian bapak entah itu kaki di engselnya, atau di lututnya tau di jempolnya pada bengkak kek kesleo dan sakit banget katanya. Kalau gak kaki ya larinya entar ke persendian tangan, di engselnya sih biasanya. Nah kalau udah gitu lagi, bapak saya suka jalannya pincang (kalau kena kaki), bahkan pernah gak  bisa jalan sama sekali, sampe nglesot jalannya.

Satu hal yang saya ketahui, asam urat selalu berkaitan dengan makanan yang dimakan bapak. Kalau keseringan makan gorengan (dan minyakknya itu bukan minyak non kolesterol aka minyak curah) pasti deh kumat tuh asam urat. Makan makanan dari ketan juga entar kumat deh tuh asam urat. Makan kangkung, makan kubis, kebanyakan juga bisa kumat lagi tuh. Pokoknya pantangan makannya banyak.

Nah kalau lagi mau kumat, alias lagi mau nyeri or sedikit nyeri di persendian, sekarang bapak saya punya jurus ampuh mengatasinya. Bapak saya nglinting dan menguyah daun BIAHONG (pokoknya nyebutnya gitu, saya gak tahu nama ilmiahnya), dan setelah itu selang satu dua hari makan dan nglinting serta menjaga pola makan akhirnya reda sudah juga tuh nyeri karena asam urat. he he he… Jangan lupa tinggal dipetik daunnya, dicuci pake air bersing, langsung deh dimakan mentah2. Itu sih cara bapak saya..

Selamat Mencoba
Semoga Bermanfaaat

Haqiqie Suluh

About these ads

90 Responses to “Tips Kesehatan: Mencegah Mengatasi Asam Urat & Kolesterol”


  1. 1 Tiphit Rabu, 5 November 2008 pukul 11:55 pm

    Betul sekali….
    Pola makan yg tidak berimbang menyumbang porsi terbesar atas penyakit asam urat

  2. 3 sjafril arief joesoef Minggu, 9 November 2008 pukul 9:31 pm

    betul sekali asam urat sih susah di atasinya.Saya penderita asam urat tinggio sampai 11 yang harus diwaspadai kita harus seimbang mengontrol terutama ke tensi Hipertensi karena asam urat tinggi bisa berakibat kena serangan darah tinggi. yang fatal bisa mengakibatkan strok. Saya yang sdh melalami nya sampai2 terkena strok 3 kali karenha faktor makanan tidak terkontrol.Jadi yang perl;u diperhatikan ada;ah pola makan ,apalagi kalau sudah berumur diatas 40 th. pertama strok saya th 1998 selagu usia 42 yang ke dua tahun 2004 pada usia 48 th yang terakhir tahun 2007 pada usia 51. Bagio sesama penderita atau punya gejala asam uratr tinggi mulai sekarang pola makan harus dibatasi

  3. 4 heny Jumat, 12 Desember 2008 pukul 6:38 pm

    binahong kaleee.. sebab dirumah bapak saya ada banyak tanaman itu.
    bapak juga suka ngunyah2 tu daun. katax emang bagus u/ ngurangin nyeri2 akibat asam urat. n katax lagi daun binahong bagus u/ penyakit dalem.

  4. 13 ADISTA Jumat, 1 Mei 2009 pukul 10:32 pm

    SLM PERSAHABATAN TO MW….

    SAYA JG MNDRT SKT ASAM URAT AND KOLESTEROL PD HAL SY BR BERUMUR 30 TH .
    YG INGIN SY TANYAKAN PADA TEMAN2 MAKANAN APA SAJA YG HRS D MKN AND YG D HNDARI ?

    TO TMN2 ATAS BANTUANNYA SY UCPKN THANX

  5. 14 dekan Minggu, 16 Agustus 2009 pukul 11:27 am

    thanks infonya.
    saat ini sambil nulis lagi merasakan nyeri asam urat untuk pertama kalinya. semoga cepat kutemukan binahong tsb.

  6. 15 JOKO Selasa, 25 Agustus 2009 pukul 9:33 am

    trims menunya, bagus & bermanfaat

  7. 16 Orang Bogor Kamis, 27 Agustus 2009 pukul 8:26 pm

    daun binahong kayak gimana yach bentuknya

  8. 17 ochee Jumat, 28 Agustus 2009 pukul 4:31 pm

    Asam urat merupakan sebutan orang awam untuk rematik gout (gout artritis). Penyakit ini merupakan gangguan metabolik yang disebabkan asam urat (uric acid) yang menumpuk dalam jaringan tubuh. Asam urat adalah zat yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui urin. Pada kondisi gout, terdapat timbunan atau defosit kristal asam urat di dalam persendian. Sendi merupakan bagian yang paling mudah dihinggapi kristal-kristal asam urat

    Nah,…Berikut ini makanan yang dapat menaikan kadar asam urat darah, yang harus dihindari oleh penderita gout :
    - jeroan seperti usus, limpa, paru, hati, jantung, dan otak.
    - Melinjo dan olahannya seperti emping- Kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya seperti kedelai, – kacang tanah, kacang hijau, toge, oncom, tempe, tahu.
    - - Makanan yang diawetkan seperti sarden, kornet.- Kerang, kepiting, cumi-cumi, udang, ekstrak daging/kaldu
    - - Minuman beralkohol seperti bir, tape, ragi, tuak, dan minuman hasil fermetasi lainnya.
    - - Sayuran dan buah seperti : bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kacang polong, kacang buncis, kembang kol, nanas, durian, dan air kelapa.

    Semua diatas itu pantangan untuk dimakan oleh penderita Asam Urat

    Adapun jenis tanaman berkhasiat obat yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat di antaranya yaitu :

    1.SAMBILOTO (Andrographis paniculata)Efek : antiradang, menghilangkan nyeri, penawar racun
    2.KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)Efek : antiradang, peluruh kemih, menghancurkan batu ginjal dari kristal asam urat
    3.DAUN SALAM (Eugenia polyantha) Efek : Sebagai peluruh kencing, penghilang nyeri .
    4.ALANG – ALANG (Imperata cyllindrica)Efek : peluruh kemih
    5.CEPLUKAN (Physalis angulata)Efek : peluruh kemih, antiradang, meredakan sakit, menetralkan racun
    6.TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza)Efek : anti-radang, menghilangkan nyeri, peluruh kemih
    7.JAHE MERAH (Zingiber officinale)Efek : anti-radang, anti rematik, melancarkan sirkulasi darah
    8.KUNYIT (Curcuma longa)Efek : anti-radang, menghilangkan nyeri, melancarkan darah dan vital energi.
    9.MENIRAN (Phyllanthus urinaria)Efek : anti-radang, peluruh kemih, penurun panas.

    Berikut contoh resep tumbuhan obat untuk mengatasi asam urat :
    Resep 1.
    10 gram sambiloto kering + 20 gram kunyit + 15 lembar daun salam, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.
    Resep 2.
    30 gram daun kumis kucing kering atau 60 gram yang segar + 60 gram akar alang-alang + 15 gram ceplukan kering atau 30 gram yang segar, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum.
    Resep 3.
    30 gram temu lawak + 30 gram jahe merah + 2 buah mengkudu + 2 batang sereh, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.
    Resep 4.
    30 gram akar sidaguri kering + 30 gram anting-anting beserta akarnya, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum setelah dingin.catatan :pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur.
    Untuk perebusan, gunakan periuk tanah, panci enamel atau panci pyrex.Lakukan diet rendah purin .

    Yang terutama sekali adalah jangan memakan makanan yang dipantang, jika tetap dicoba juga, penyakit tersebut datang pada saat sari makanan di olah didalam tubuh dan dicerna oleh sendi.

    Semoga bermanfaat ya dan semoga bisa membantu

  9. 22 Ardy cool Sabtu, 3 Oktober 2009 pukul 5:11 pm

    Asam urat adl pykt yg sgt srg sy jumpai. Skt ini disebkan oleh kelenjar pankreas yg tdk berfgsi baik. Mk penyembuhan yg plg tpt adlh dg mengembalikn kembli fungsi pankreas. Dg cara di terapi/pjt refleksi. Biasanya dg 3 kl trpi pendrta udah baikan.

  10. 25 mizna salsabila Sabtu, 12 Desember 2009 pukul 11:11 am

    aww.
    salam kenal sebelumnya…
    thanks tuk infonya,,skrg ckup mengerti dan penjelasan asam urat,, aq br berumur 25thn tp dah kn asam urat hiks ckp memilukan, mngkin krn aq jrang berolahraga n males minum air putih n suka mkn goreng2an jg mkn bakso kalee yaa,,, tp mulai hr ini aq jnj akan memperbaiki pola hdp n rjin berolahraga hohoho

  11. 27 made Sabtu, 16 Januari 2010 pukul 4:00 pm

    salam hangat untuk teman2 semua

    dulu 5bln yg lalu lutut kanan saya sakit trusa saya urut pake minyak hangat n sakitnya hilang, 2bln yg lalu giliran lutut kiri yg sakit n saya urut lagi sakit hilang, sekarang sedikit diatas tumit kanan sakitnhya minta ampun, apa ini bisa dibiulang sakit asam urat?

    makasi ya jawabannya.

  12. 30 nia Kamis, 18 Februari 2010 pukul 2:38 pm

    ibu saya berusia 43 tahun, sudah hampir dua minggu ini,mengeluh sakit punggung dan pinggang,untuk duduk dan berdiri dari duduk akan terasa sakit sekali,pada akhirnya 3 hari belakangan ini beliau sama sekali tidak bisa berdiri,dan tiap malam merasa kesakitan dikaki kirinya.dari paha kebawah,sesudah di cek lab,semua hasil asam urat,kolestrol maupun gula darahnya normal,kira2 ibu saya menderita sakit apa ya??

  13. 32 August Senin, 26 April 2010 pukul 11:30 am

    betul tuh binahong itu khasiatnya salah satunya seperti itu

  14. 34 Eky Selasa, 25 Mei 2010 pukul 1:01 pm

    dapat tanamannya di mana ya siz, soalnya asma urat ku jg sudah parah.

  15. 35 zay Sabtu, 17 Juli 2010 pukul 7:06 am

    masa pa da lum tau binahong seh,
    binahong tu daunnya agak tebel,nggak lebar, N Tumbuhnya merambat gitu yang qqu tau.
    kalo rasanxa we lum tau juga he he piss….

  16. 37 Gabe Kamis, 12 Agustus 2010 pukul 11:38 am

    binahong dimana didapatkan ya?

  17. 38 asam urat dan pengobatannya Senin, 23 Agustus 2010 pukul 10:59 am

    yah .. memang intinya menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh.

    Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin:

    * Golongan A: Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, lain-lain jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.
    * Golongan B: Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
    * Golongan C: Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.

  18. 39 Talbot Sabtu, 28 Agustus 2010 pukul 2:11 pm

    Tolong dong foto kan pohon n Daun BIAHONG…kirim ya ke email saya b09arimora@gmail.com tks.

  19. 40 maryata Rabu, 22 September 2010 pukul 2:25 pm

    asam urat mengganggu kesehatan

  20. 41 maryata Rabu, 22 September 2010 pukul 2:27 pm

    pola makanan yang baik bagi kesehatan tubuh menjaga kesembangan ,karena kolesterol bagi tubuh tidak baik

  21. 42 gayatri Rabu, 22 September 2010 pukul 2:33 pm

    asam urat dan kolestrol yang tinggi dapat menggagu kesehatan tubuh kita ,maka dari kesehatan disaat ini harus dijaga . karena kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan kelumpuan

  22. 43 hamdi muhamad Sabtu, 25 September 2010 pukul 8:10 pm

    Saya minta tolong upload foto daun BINAHONG ,ditunggu yah makasih

  23. 44 candrahubaib Kamis, 30 September 2010 pukul 4:43 pm

    alhamdulillah, gak sengaja sy sltrhim k rmh sodara terus minta tanaman herbal binahong (padahal gak tau obat apa, pokoknya ada khasiatnya deh).dua hari kemudian bapak sy sakt di ruas jarinya,diperiksa trnyt asam urat, langsung di bekam alhamdulillah nyeridi kaki hilang, di tangan berkurang.ntar 2minggu lg dibekam ulang.udah tanam binahong jg, mdh2n jd jln kesembuhan. yg pny asam urat tenang aja, ALLOH SWT. MENURUNKAN PENYAKIT PASTI DENGAN OBATNYA. YAKIN,DOA&IKHTIAR..insyaAllh

  24. 45 etty Selasa, 26 Oktober 2010 pukul 11:41 am

    binahong daunya kaya gmn?

  25. 46 Cara mengobati asam urat Jumat, 29 Oktober 2010 pukul 4:04 pm

    Beberapa waktu lalu, ibu guru PAUD yang tinggal di depan rumah, tak terlihat keluar rumah. Rupanya usut punya usut, penyakit asam uratnya kambuh. Istriku berupaya cara mengobati asam urat apa yang bisa dilakukannya untuk mengurangi sakit yang dialami ibu guru dari anak pertamaku itu.. silakan simak lanjutan ceritanya :)

  26. 47 indri Kamis, 11 November 2010 pukul 10:16 am

    daun binahong tuch, seperti apa ya bentuknya.. kira2 ada yg jual nga ya , mohon petunjuk terimakasih..

  27. 55 putri Rabu, 1 Desember 2010 pukul 8:30 am

    2 hari yang lalu saya kena asam urat. Katahuannya saat saya sakit sendi, pusing, dan maag lalu saya bawa bekam. Kata yg bekam saya kena asam urat. padahal saya baru 23th. Tapi setelah dibekam alhmdulillah bisa berdiri dan sholat (gak duduk lagi). Sementara baru di suruh minum jahe merah.

    bingung saya, banyak banget pantangannya. padahal saya fans berat sayur-sayuran. hmmmmm…. oh ya kayaknya saya juga kurang olah raga :( dirumah terus jagain anak2 sama jaga toko online.

  28. 56 chairul Minggu, 5 Desember 2010 pukul 10:32 am

    apa nama lain daun bia HONG/ BIAHONG, TERIMA KASIH

  29. 58 nurul Selasa, 7 Desember 2010 pukul 1:55 pm

    ibu saya umur ya 53 thn, setiap bgn pg seluruh badan sakit, pinggul ngilu dan kaki,jari semua,y jd kaku….
    semua obt dh dicoba

    bagaimana cara mengatasi’y atau obat’y….rimakasi
    te

  30. 61 Bebas Jumat, 24 Desember 2010 pukul 2:51 pm

    Rasa panis dilutut itu gejala penyakit apa ya

  31. 62 you die Jumat, 14 Januari 2011 pukul 3:42 pm

    yang benar binahong bu. kalo dibuat seperti minum jamu gimana?

  32. 63 Arrin Selasa, 18 Januari 2011 pukul 5:47 pm

    Klo miahong sma g?Soale daerah ku nyebute itu.Tp mksh bwt tips nya.

  33. 64 ansar aditya permana Sabtu, 5 Februari 2011 pukul 10:55 pm

    temen2 daun binahong itu daunnya tebel dan tidak lebar, kalau dalam bahasa Bima, NTB MBUMBU JO…

  34. 65 anisa Minggu, 6 Maret 2011 pukul 12:49 pm

    ibu,saya ber umur 42thn beliau mengalami pembengkakan di sekitar kaki apabila beliau meminum coffi mix langsung terasa linu

    apa penyababnya

  35. 67 yudhi Minggu, 17 April 2011 pukul 11:59 pm

    daun binahong itu bentuk daun nya seperti daun teh tapi agak tebal

  36. 69 diki Kamis, 26 Mei 2011 pukul 8:54 pm

    daun binahong??? please…tolong dong kasih fotonya..tolong ya..


  1. 1 Sejarah Tuhan | zansyuyut Lacak balik pada Jumat, 14 Januari 2011 pukul 8:34 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 290 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: