Cerita (Pohon Beringin) Ringin Kembar Alun Alun Kidul Kraton Yogyakarta

Tadi malam saya (bersama teman teman kos saya), makan malam di angkringan di alun alun kidul: dua nasi kucing, 3 gorengan, dan susu jahe telah lewat dikerongkongan dan mengisi kekosongan perut saya malam itu. Salah satu teman saya katanya tertarik untuk mencoba sebuah mitos di alun alun selatan jogja itu: mitos melewati ringin kembar. Dia ternyata gagal melewatinya. :D

Konon, siapa aja yang bisa melewati dengan menutup matanya, lewat di tengah tengah dua buah pohon beringin di tengah alun alun kidul kraton yogyakarta, segala harapan bisa terkabul. Namun saya mendengar sisi lain dari sejenis “mitos” ini.

Dahulu kala ketika sultan hamengkubuwono pertama bertahta, ada sebuah cerita tentang sebuah perkawinan. (waduh aku kok jadi males nulis ya, jadi maaf saya singkat aja).

Putrinya sang sultan itu mau dipinang seorang lelaki (saya gak dapat cerita tentang siapa dia: namanya, darimana dll), namun sayang sang putri tidak begitu menyukainya. Alhasil sang putri meminta syarat: Jika pengen si pria menikahinya, maka dia harus bisa berjalan dengan mata ditutup (tertutup) dari pendopo yang ada di sebelah utara alun alun kidul melewati dua ringin kembar ditengah alun alun dan finish di pendopo yang ada di sebelah selatan alun alun kidul tersebuh. Dan ternyata siasat sang putri ini berhasil, si pemuda gagal menjalankan misinya.

Kemudian sang sultan memberikan sabdanya bahwa yang bisa melewati syarat sang putri itu, hanyalah pemuda yang hatinya benar benar bersih dan tulus.

Saya tidak mendengar cerita apakah dikemudian hari banyak pemuda yang berusaha melewati pohon beringin kembar itu atau tidak. Yang saya dengar hanyalah bahwa ternyata seorang pemuda dari Siliwangi (katanya anak dari prabu siliwangi) berhasil melewati rintangan yang disyaratkan oleh sang putri. Dan sang putri akhirnya dipersunting oleh pemuda tersebut.

Secara politik kemudia muncul suatu kekerabatan yang erat antara Mataram dengan Kerajaan Siliwangi.

Demikianlah cerita yang saya dengar.

Salam Penuh Tawa

Haqiqie Suluh

24 Responses to “Cerita (Pohon Beringin) Ringin Kembar Alun Alun Kidul Kraton Yogyakarta”


  1. 1 lovepassword Selasa, 10 November 2009 pukul 4:50 pm

    Lho kok pake tawa sih ?

  2. 3 myu Rabu, 11 November 2009 pukul 5:49 am

    biasanya, gak seneng qi sesuatu yang berbau mitos.

  3. 5 Danang Sabtu, 14 November 2009 pukul 1:18 pm

    O gtu critanya, pantes dulu temen aku pernah nantangin lewat situ. Tp blm ksampean.

  4. 6 budiman Minggu, 15 November 2009 pukul 3:54 pm

    enteng…nganggo kacamata jaran ae wan wkwkwkwkwk

    btw …. yen mlebu google sandbox trus kudune piye wan? opo dijarke dhisik ae, iki tak gawe no follow ae sik, backlinknge google ilang kabeh soale

  5. 8 xmen Kamis, 17 Desember 2009 pukul 8:15 pm

    Menarik juga cerita2 sejarah seperti itu. Ada yang berani ‘mengangkat’ ke cerita film layar lebar gak??????…

  6. 9 hira indrati Jumat, 25 Desember 2009 pukul 10:09 am

    saya berhasil melewati sampai 2 kali

  7. 12 ppi refunds Kamis, 19 Mei 2011 pukul 3:03 pm

    I posted about this earlier on my own website. Your article has actually given me some food for thought, I feel you’ve got made many very intriguing points. I wish I might discovered it earlier, prior to writing my very own post.

  8. 13 rndy Senin, 27 Juni 2011 pukul 10:47 pm

    aq smpe 5x g bisa mlhan muter2 trus g bisa lwti phon bringin itu….jm 12 mlam lg m temn2…g ad yg brhsil

  9. 14 rndy Senin, 27 Juni 2011 pukul 10:49 pm

    smpe 5x bang aq g bisa lwtin bringin itu…………………………..

  10. 16 jarot Senin, 19 September 2011 pukul 12:48 am

    mitos di indonesia memang sangatlah mudah di dapat,,, karena memang kaya dengan aliran kepercayaan (mistik). cerita tentang 2 pohon tersebut cukup memberikan makana mendalam, bahwa orang yg buta mata bukan berarti buta indra yg lain, terutama intuisi atau perasaan….. coba saja gunakan indra perasa,,, psti dapat melewatinya dengan benar, saya sudah mendapatkan triknya :D

  11. 17 RIdhuan Kamis, 26 Januari 2012 pukul 12:14 pm

    kemarin senin,23 jan 12, gue nyoba pas waktu malem sekitar jam 11 am, udeh nyoba berkali-kali sampai 5 kali ngga ada yg lolos bro, mesti ada yg diperbaiki neh jalan hidup gue :)

  12. 18 Ridhuan Kurniadi Kamis, 26 Januari 2012 pukul 12:18 pm

    kemarin hari senin, 21 jan 12 pas waktu malem gue numpang sambi maen ke alun-alun yang ada 2 phon beringin besar, gue penasaran banyak yg lewat dan mencoba dengan menutupi kedua mata, ada yg berhasil dan ada juga banyak yg failed, gue sendiri udh nyoba sampai 5 kali yg ada malah singit ke kanan mulu, 2 orang temen gue ada yg lolos n temen gue yg satu lgi anehnya singit ke kanan mulu jalannya. :D harus ada perubahan nih kedepannya :)

  13. 19 khodox Senin, 20 Februari 2012 pukul 12:47 pm

    kalo pengen permintaannya terkabul
    minta ama Allah.

  14. 20 Suly Hany Senin, 30 Juli 2012 pukul 10:38 pm

    Ini beneran ga sih? Emng udh ada yg pernah ngelewatin pohon itu? Trus permohonannya terkabul ga?

  15. 21 etcetera Minggu, 20 Januari 2013 pukul 7:37 am

    Tulisan yang menarik, kunjungi blogku juga ya pak.bu, mas dan mbak!.Berapa banyak orang Jawa atau pemerhati sejarah yang terjebak cerita tendensius Ki Ageng Mangir, padahal Ki Ageng mangir adalah seorang mualaf yang sangat tinggi ilmunya, Pengislamanya menjadi kacau balau dengan adanya cerita pembunuhan dirinya oleh Kanjeng Panembahan Senopati, sehingga yang timbul adalah cerita tentang kepengecutan P.Senopati, padahal Mangir terbunuh oleh konspirasi yang tidak ingin kekuatan Mataram berkembang dengan adanya Mangir dalam jajaran kekuatan Mataram. Mangir memang terbunuh oleh batu gatheng dari belakang dengan kepala pecah, tetapi bukan oleh P Senopati melainkan oleh P.Ronggo.Ada banyak versi tentang Ki Ageng Mangir dan Kanjeng Ratu Roro Sekar Pembayun, namun kami dari pihak trah Mangir mempunyai versi yang sangat berbeda dari versi yang selama ini tercerita , baca blog kami http://panyutro.blogspot.com/ , akan anda temui kejutan sesungguhnya trah Mangir adalah trah yang sangat mempersiapkan diri untuk menjadikan keturunannya tokoh pemimpin terbaik bangsa ini dimasa yang akan datang

  16. 22 yevi novita Senin, 11 Maret 2013 pukul 9:01 pm

    pada tahun 2010 saya pernah datang ke t4 itu dan saya bersama teman2 melakukan seperti yang putri harapkan,1x saya gagal dan 4x nya saya berhasil,orang2 disekitar itu kaget and tersenyum melihat saya,mungkin mereka merasa aneh pada saya,emang benar siapa bisa melewati rintangan itu pasti niatnya baik,saya beritau supaya bisa melewati itu,setiah langkah kita2 harus zikir menyebut nama allah,insaalah kita bisa,saya sudah buktiin

  17. 23 iffa garanita Senin, 20 Mei 2013 pukul 3:17 pm

    Ah masak sih,,,
    gue gak percaya
    aku hanya percaya sma allah,
    hanya allah yg bisa ngabulkan kita tapi kta hrsberusaha jga

  18. 24 Chandrapanglimakoti Panglimakoti Selasa, 24 Desember 2013 pukul 2:04 am

    saya percaya dengan mitos/cerita pohon beringin kembar di jogja, karena kita hidup di dunia kehendak allah, maka cerita atau mitos itu pun kehendak allah, semua yang tercipta di bumi/di langit semu karena allah,


Berikan Balasan

Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 290 pengikut lainnya.

