Jika Air Sumur Kuning / Coklat – Cara Mengatasinya

Setelah pindah ke rumah kontrakan bersama istri demi sebuah kehidupan yang baru, saya menemui beberapa permasalahan. Sepintas kalau diliat rumah tersebut cukup representatif, tetepi meninggalkan persoalan yang cukup membikin saya garuk garuk kepala: Ternyata Air Sumur yang dipompa / sanyo ternyata berwarna kuning kotor / cenderung coklat dan sedikit berbau. Selidik punya selidik hal tersebut disebabkan oleh kandungan besi / Fe di sumur /tanah terlalu tinggi sehingga menyebabkan Karatan / Rush airnya dan kemudian berwarna Kuning

Setelah cari tahu sana sini. Ada beberapa solusi.

Pertama dan paling rumit dan sulit menurut saya adalah Dengan Membersihkan Sumur (di kuras airnya dan dibersihkan dinding yang karatan), kemudian masukan pasir dan kerikil kedalamnya lalu gunakan arang (disarankan batok kelapa) untuk menjernihkannya. Pasir dan kerikil dimasukkan “kemungkinan” agar tanah disekitar sumur tidak langsung bersentuhan dengan air sumur. Hal ini bisa mengurangi karat air. Sedang arang batok kelapa gunanya untuk membersihkan karat (mengendapkan)

Solusi kedua / Solusi Cepat (yang sekarang saya pake): Karena untuk membersihkan sumur, menambahkan pasir dan kerikil cukup lama dan sulit serta dana yang cukup banyak, saya memilih cara pintas. Pompa air ke dalam tandon air, kemudian tandon air diberikan TAWAS (penjernih air yang kadang digunakan untuk penghilang bau badan), dan tunggu beberapa jam sebelum digunakan.

Jika sumurnya tidak terlampau kuning atau karatan, bisa juga ditambahkan Tawasnya langsung ke dalam sumur. Ulangi lagi penambahan tawas kalau air sudah berubah jadi kuning lagi.

Cara kedua cukup simple tapi cukup ribet. Hal ini disebabkan karena setiap 1 atau 2 kali pengisian air tandon, saya harus memberikan tawas kedalamnya.

WARNING: Walaupun airnya sudah jernih dan bersih setelah diberi tawas kandungan Fe / Besi didalam air masih tetap banyak. Kualitas Air Seperti ini TIDAK LAYAK Konsumsi. JANGAN Gunakan untuk MASAK atau MINUM. Gunakan sebagai air untuk mencuci atau mandi saja. Kalau pengen bener bener memastikan air itu aman, silahkan periksakan air ke laboratorium terdekat.

Update 21 Agustus 2011: Kira kira Juli kemarin Sumurku berubah lagi jadi berbesi (bau dan warna) setelah ada tukang sumur ubek ubek sumurku, sampe stress aku. 2 minggu ku kasih tawas, ternyata gak ngefek banyak (walau berkurang). Dan bencana terjadi. Pompa terbakar gara gara air sumur udah habis (susut/ asat dalam bahasa jawa). Akhirnya sumur minta disuntik lagi (600ribu :( mahal juga). Setelah disuntik dengan kedalaman 4 meter, sumurku jadi bersih sih, tanpa ada lagi besi dan bau comberan (kek besi).

Jadi kemungkinan besar jika anda mengalami air sumur kuning, bisa dilakukan upaya penyuntikan, terutama jika ada “fakta” kalau sumur2 di lingkungan anda bersih dan bebas dari besi or kekuning2an.

About these ads

72 Responses to “Jika Air Sumur Kuning / Coklat – Cara Mengatasinya”


  1. 1 Aisha Minggu, 10 Januari 2010 pukul 3:30 am

    2010 masih ada sumur?
    Bahaya juga itu di buat mandi bro.

  2. 2 Diajeng Senin, 11 Januari 2010 pukul 9:02 pm

    @ Aisha : bahayaan air PDAM, dari sungai langsung, cuma disaring-saring. Kalo sumur kan air tanah, gak kena sampah

  3. 4 M. Wahidin Senin, 18 Januari 2010 pukul 1:26 am

    Masalah aku: sumur bor stlh di pompa air jernih, didiamkan sekitar 15 menit berubah jadi kekuningan, gimana cara ngatasinya?

  4. 6 Cactus Jumat, 19 Maret 2010 pukul 3:27 pm

    belajar hidup mandiri ya…selamat nih… jangan lupa kak istrinya dibantu terus ya…. ;-)

  5. 7 sylviaputri Senin, 29 Maret 2010 pukul 10:56 am

    bukannya di jakarta airnya kaya gitu semua???

  6. 8 Rudi Jumat, 2 April 2010 pukul 8:26 pm

    Boleh juga neeh ilmunya. Orang bilang tawas jika dimasukkan ke dalam sumur dapat meruntuhkan dinding sumur. Apa bener tuhh ?
    Tks.

  7. 9 Efliwardi Rabu, 26 Mei 2010 pukul 11:48 am

    Terima kasih telah banyak membantu !

  8. 10 manasikana Kamis, 24 Juni 2010 pukul 1:20 pm

    waah…. permasalahan sama persis tuh dg keluarga Q. pingin hidup mandiri setelah nikah dg ngontrak rumah…e e e e malah airnya kagak beres. cuman bedanya di t4 Q gak pake tandon, gmn ya?

  9. 16 ayuk Selasa, 6 Juli 2010 pukul 4:13 pm

    kalau ada ide lain tolong beri tahu y

    bagaimana kalau sumur bornya udah 3 tahun dan airnya masih tetap airnya kuning dan bau karat?

  10. 17 regency man Sabtu, 17 Juli 2010 pukul 7:28 am

    patut dicoba, aq jg baru pindah di perumahan daerah mustika jaya bekasi.

    • 18 ujang MGT Minggu, 5 Agustus 2012 pukul 2:50 pm

      dimana mustikanya?? aku di MGT 2 airnya juga kacau bau en kuning pula klo dang ngendap 20 menitan… jadi cape dehhhhhhhhh

      • 19 bramanto sutoyo Selasa, 7 Agustus 2012 pukul 10:23 pm

        air yang berbau atau yang berwarna kuning biasanya air itu punya sedikit kandungan oksigen nya.setelah diendapkan beberapa waktu biasanya kandungan air akan memecah dangan sendirinya nya,disitulah sebernarnya air sudah layak pakai,tetapi masih tercampur dengan dengan zat mangaan /zat besi,perlu sedikit peran filter air dengan isi carbon baru air benar benar layak pakai,bila perlu filter contek aja,sistem pakai dulu dua minggu baru bayar…….thank broooo

  11. 20 hana Selasa, 2 November 2010 pukul 4:11 pm

    dikontrakan saya airny keruh, kata yg punya rumah krn dah setahun tak ada yg menggunakan, tp tak berbau, kira2 kenapa dan solusiny bagaimna y?pa dengan menggunakan arang dan tawas td bisa dipakai?. terimakasih

  12. 21 rayhanhafel Senin, 22 November 2010 pukul 6:02 pm

    Bang..
    Kalo air yang merembes dari nat keramik.. setelah tergenang menjadi coklat.. cara ngatasinnya gimana ya.. apakah tawas nya di taburin di atas nat keramiknya..?

    Mungkin ad solusi../

  13. 23 Danial Minggu, 6 Februari 2011 pukul 2:51 pm

    Mas..saya tertarik dengan tulisan ini,apa yang mas alami,saya alami juga…sudah 3 buah sumur timba saya buat,tapi selau bau karat besi dan kuning bahkan sampe kehitam-hitaman air yang keluranya…tapi anehnya sumur tetangga jg dekat dengan sumur saya kira-kira 3 meteran jaraknya, airnya jernih dan layak kalau dipakai untuk minum. Tolong mas kasih saran buat saya, trims kasih sebelumnya….

  14. 24 kaosedhewe Rabu, 23 Maret 2011 pukul 6:08 pm

    mohon masukan bro

    Kalo baunya kya comberan pake kaporit bukan ya??

    trus di barengin sama tawas bisa ga??

    Trims ya

  15. 25 Hendra Jaya Minggu, 17 Juli 2011 pukul 3:38 pm

    para tetua sekalian, air sumur saya kok bau air comberan ya? dan warna kuning
    ada yang punya solusi ngak?saya udah coba pake tawas cemplungin 1 bungkus endapkan 1 hari lsg ke sumur ny emang lebih jernih tp air nya tetap bau comberan …
    ada yang punya solusi ngak ?

    terima kasih

  16. 26 Makmum Tx Travel Senin, 25 Juli 2011 pukul 12:30 pm

    Bolehkah tawas di masukkan ke toren atau tandon ?

  17. 27 Nia Sabtu, 20 Agustus 2011 pukul 5:25 am

    mas mau tanya, kalo air sumurnya banyak pasirnya kenapa ya????
    kadang juga kuning dan agak berbau…. kalo di kasih tawas bisa ilang gak ya pasirnya???
    need solution… thx :)

  18. 28 maulana Minggu, 21 Agustus 2011 pukul 4:53 am

    Assalamu’alaikum, Pak mau tanya bagaimana cara mengatasi air sumur pantek yg tercemar bangkai tikus, mohon informasinya. Wassalam

  19. 31 Koesnadi Kamis, 3 November 2011 pukul 11:54 am

    di rumah saya juga sama, airnya berwarna kuning dan bau.
    kejadian nya setelah ganti mesin baru, padahal sebelumnya air tanah nya bagus ( tak berbau dan berwarna) posisi pipa juga tidak berubah,..?
    kira-kira solusi nya apa yah?
    apa harus di tambah kedalamannya , atau buat lubang baru

  20. 32 tris handono Selasa, 22 November 2011 pukul 1:09 pm

    sering -2 beri petunjuk ya

  21. 33 Tricajus Senin, 12 Desember 2011 pukul 8:45 pm

    klo nggak salah air pam dikasih kaporit
    klo sumur bor airnya kuning berbahaya tuh… mungkin kurang dalam lagi ngebornya…agar dpt air yang lehib bersih…

  22. 34 IKO Selasa, 7 Februari 2012 pukul 7:48 pm

    Rumah saya sangat “MEWAH” alias mepet sawah dan menggunakan Kalo sumur bor dengan kedalaman 9 meter. kondisi air menggunakan tandon air 500 l. di bak air memang agak menguning dan kalo lebih dari 2 hari tambah kuning.Apa bisa di kasih kaporit di dalam pipa sumur bor dia 4 dim?soalnya tidak menggunakan buis beton.

  23. 35 bramantosutoyo Rabu, 22 Februari 2012 pukul 10:07 pm

    air yang bau dan kuning itu air nya kekurangan oksigen broo,ga usah repot repot ,gini caranya pasang toren,dengan syarat toren tsb tutupnya buka dikit ,atur ritme pemakaianya ,usahain ngisi toren nya satu jam sebelum pemakaian,biar lebih bagus bawah toren lengkapi dengan filter,coba tes broo airnya pasti jadi layak minum,kalau belum jelas juga hubungi aku pasti rebes

  24. 37 bramantosutoyo Rabu, 22 Februari 2012 pukul 10:10 pm

    hindari pakai bahan kimia broo,kasihan badan kita udah banyak racun yang kita serap tiap harinya

  25. 38 trica jus Jumat, 27 April 2012 pukul 12:49 pm

    kalau air yang bau karat itu kenapa ya?
    bahaya enggak kalo pake mandi?

  26. 40 a2hutapea Rabu, 6 Juni 2012 pukul 12:57 pm

    ijin ikut nimbrung bos.wah sama permasalahannya..kl produk udh jadinya ada gak yg murah gt?

  27. 42 dina Rabu, 27 Juni 2012 pukul 2:16 pm

    ak sudah coba pakai tawas tapi tidak berhasil air nya tidak jernih rambut pun jadi keras di kulit kesat…sangat tidak bagus pakai tawas. saya sarankan pakai tawas…

    • 43 bramanto sutoyo Selasa, 7 Agustus 2012 pukul 10:35 pm

      air sumur yang pakai tawas kalau menurut ane salah sasaran bro,,,begini salah nya ,sifat tawas adalah mengikat kandungan dalam air itu,supaya mengendap,air yang kuning dan bau itu terjadi karena minim nya kandungan oksigen didalam air itu,toren air dan filter adalah solusi nya tanpa kimia,,,gitu dikit info nya brooo

  28. 48 wahyu devlhin Jumat, 10 Agustus 2012 pukul 11:36 pm

    ada ga ya cara untuk mengatasi air sumur bor yg kuning dan bau karat secara cepat dan efektif ? ? ?
    tanpa harus menambah kedalaman sumur tersebut ? ? ?

  29. 51 omenk Jumat, 16 November 2012 pukul 8:37 am

    gan bisa juga pake garam yg tidak beryodium…jitu tuhh..sya jg pernah coba..

  30. 52 Jefry Senin, 3 Desember 2012 pukul 2:58 pm

    kalau air sumur berwarna kuning kecoklatan tentu tidak dapat dimanfaatkan untuk air konsumsi, bisa mengganggu kesehatan kita
    tips yang sangat bermanfaat

  31. 53 Yoga Jumat, 25 Januari 2013 pukul 3:02 pm

    sumur di rumah saya sudah hampir 3 bulan ini sering berubah2 warna…
    awalnya jernih namun tampak seperti ada gumpalan kekuningan sehingga menjadi keruh…dan berbau seperti besi, seminggu setelah itu berubah menjad hitam dan berbau serta mengeluarkan busa, setelah dikuras dan dibersihkan, air mulai agak jernih tapi masih keruh kecoklatan. atas saran teman, saya masukkan tawas kedalam sumur untuk menjernihkan air, namun cukup merepotkan krn minimal 2 hari sekali harus memasukkan tawas, dan air tetap saja tidak bisa jernih maksimal. Hal ini sangat mengganggu krn sekarang air sumur berubah menjadi berwarna putih seperti air susu, padahal tawas sudah bbrp bulan tdk mengunakan tawas lagi krn tidak ada perubahan. selain berwarna putih skr juga menimbulkan gangguan di kulit…
    mohon bantuan saran bagamana mengatasinya agar sumur kembali bisa jernih dan bisa digunakan sehari hari maupun u/ di konsumsi… tkx

  32. 54 Paijo mulyosri Kamis, 21 Maret 2013 pukul 5:08 pm

    Tapi di desaku semuanya kuning airnya. .

  33. 55 arif Minggu, 14 April 2013 pukul 11:40 pm

    ini cara saya dan berhasil alhamdulillah jernih….untuk ukuran 1200 Lt
    siapkan air bersih skitar 3Lt, lalu ambil serbuk kapur sebanyak 1/4kg + tawas 1 1/2 sendok makan,,aduk hingga larut dlm air, tuangkan ke dalam tandon dengan menggunakan saringan teh/santan supaya kapur yg kasar tidak ikut masuk kedalam tandon..
    diamkan selama 24 jam..air siap dipakai..
    saya biasa melakukan ini pada sore hari dan besuknya air siap dipakai..
    Nb: serbuk kapur bisa dibeli di toko bangunan..bilang aja untuk bersihkan air

  34. 57 ferdy Senin, 6 Mei 2013 pukul 2:25 pm

    kepada bung bramanto, sy sdh beli filter tabung ukuran kecil maklum utk RT aja, dalamnya ada batu arang yang dibungkus kasa sesuai tingginya tabung, namun hasilnya kurang maksimal. bahkan harus rajin2 membersihkan hasil endapannya yg ada dlm tabung itu.

    • 58 bramantos Selasa, 28 Mei 2013 pukul 11:19 pm

      setiap filter mungkin ada magsudnya gan…tapi setahu ane batu dan pasir suatu media yang pasif,artinya dia cuma membentuk suatu kerapatan,asumsinya kalau kerapatan sudah terbentuk debu dan kotoran lainya akan terjaring,media pasir dan batu /kerikil/kain kasa dll,tak kan mampu mengatasi air yang kuning bau dan keruh,ini baru pendapat ane,ane cuma pakai media carbon ,sifat carbon selain membentuk suatu kerapatan dia juga menghisap dan menghilangkan bau karat.

  35. 61 Anak saha Selasa, 18 Juni 2013 pukul 7:24 pm

    Rumah saya airnya dari sumur bor kedalaman 100 m,namun dalam pipanya mudah terkena karat sehinga airnya tersumbat,,bagai mana cara mengatasinya

  36. 62 Ivan Jaya (@jayaivan) Senin, 5 Agustus 2013 pukul 9:30 am

    Saya juga mengalami masalah yang sama mas. Rumah saya tidak jauh dari rumah mertua. Di rumah mertua saya airnya bersih (jernih) padahal kata mertua saya kedalaman sumur bor nya cuma 5-6 meter. Sementara rumah saya kedalaman sumur bor-nya menurut tukang 12 meter tapi airnya kuning. Alhasil setiap pagi ambil air di rumah mertua. Rencana mau ngontak tukang sumur bor tapi belum sempat dan belum nyiapin biaya. hehehe.. Mudah2an informasi yang mas sampaikan (suntik lagi) bisa membuat air bersih, biar nanti saya sarankan utk suntik lagi.

    Trims infonya mas.

  37. 63 bramantosutoyo Senin, 9 September 2013 pukul 11:26 pm

    Bagi agan agan yang mau membuat filter sendiri silahkan kunjungi blog ku gan di moureenblog cara membuat filter air bersih sendiri.agak detail juga gan…filter yang ane bikin ini semi otomatis gan kalau backwash tinggal putar valve doang.

  38. 64 al istiqomah Kamis, 24 Oktober 2013 pukul 9:27 pm

    mas, sy tertarik dgn artikel mas di atas. saat ini d rumah jg seperti itu..sumur saya sudah di bor kira2 skrg kedalamannya 16 m. ketika mengalir dr kran airnya bening tapi lama2 setelah beberapa jam airnya berubah jadi kuning. saya sdh usaha pake tawas, arang, kaporit, tp tetep aja g ada perubahan.. mas sendiri penyuntikan ke sumur itu prosesnya gimana ya mas? mgkn caranya begitu..sapa tau saya bisa bandingkan dgn proses pnyuntikn k sumur sy yg kmarin.. trmksh..

  39. 65 merrie Kamis, 9 Januari 2014 pukul 2:18 pm

    mas, mohon bantuan dan solusinya, saya buat sumur bor dengan kedalaman 36m kira2 4 bulan yang lalu, airnya pertama keluar jernih tapi berbau karat, namun setelah dibiarkan diatas 5jaman, akan berubah agak keruh, ada endapan dibawah dan ada minyak diatasnya, menurut org2 dibuang terus airnya. airnya sudah sering saya kuras, rata2 satu hari bisa saya buang 4-5 jam, namun masih tetap begitu , mohon bantuan
    dan solusinya

    • 66 bramantosutoyo Sabtu, 1 Februari 2014 pukul 10:38 pm

      model air yg agan punya itu mudah gan…saya berharap agan udah pasang toren…baru dari toren masuk ke filter dan ke pemakaian/kran.jika kurang jelas ke blog ane gan

      • 67 Nadytha Minggu, 20 April 2014 pukul 1:49 pm

        Mas bram, air di rumah saya kotor, dan saya pakai filter yang berbentuk tabung silinder panjang kira2 30cm. Tapi setiap seminggu bisa ganti isi filternya sampai 2 kali. Kalau gak diganti nanti debit air keluaran keran kecil sekali. Bagaimana ya solusinya? Thx

        • 68 bramantosutoyo Rabu, 9 Juli 2014 pukul 1:00 am

          buat agan nadytha….kunjungi blog ane gan…disitu ada cara membuat filter semi otomatis…kalau kotor yinggal back wass…moureenblog .cara membuat filter air bersih sendiri..thanks


  1. 1 Sejarah Tuhan | zansyuyut Lacak balik pada Jumat, 14 Januari 2011 pukul 8:34 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 288 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: