Melalui Dosa Kita Bisa Dewasa

Melalui dosa kita bisa dewasa….

(Soebagio Sastrowardoyo)

Aku teringat dengan syair tersebut sewaktu membaca sebuah blog yang di post oleh seorang wanita (Indonesia tentunya) dalam bentuk puisi rintihan jiwa. Ia menyuarakan aib dan kesalahan dirinya. Dalam sekejap aku dilintasi oleh kilatan potongan syairnya Soebagio tersebut. Sebelum pergi, aku sempat juga menorehkan komentar dengan mengutip frasa kalimat tersebut (walaupun ternyata aku salah mengigat penciptanya). Sesungguhnya, potongan sajak tersebut aku temukan pertama kali sewaktu membaca tulisan-tulisannya Goenawan Mohammad di kumpulan esainya Catatan Pinggir (Seorang yang di masa mudanya dikenal sebagai seorang penyair namun kini, ia lebih dikenal sebagai sebagai penulis dan cendekiawan Indonesia).

Iseng-iseng karena teringat oleh puisi tersebut aku membuka kembali Catatan Pinggirnya Goenawan;

—“Melalui dosa kita bisa dewasa”. Kunci katanya adalah ‘melalui’: kita tidak terperosak di sana. Itulah benih harapan: rasa bersalah menyebabkan kerendahan hati, tanah subur di mana akan tumbuh nilai yang kuat tentang apa yang buruk dan baik. Tanpa itu, kita hidup dalam keliaran yang buas—

Sejenak aku hening. Merenung, menghikmati, kemudian menginsafi, bahwa dari kesalahan-kesalahan yang membuat hati kita menduka dan menyesal, dari sanalah akan terbit kearifan dan kerendahan hati. Namun semua itu dengan syarat: dosa hanyalah sebuah persinggahan bukan peristirahatan. Kita hanya melalui tanpa terjerusmus. Di Benakku aku bergema, “Ya !! (sambil terhenyak):

MELALUI DOSA KITA BISA DEWASA !!”

Iklan

1 Response to “Melalui Dosa Kita Bisa Dewasa”


  1. 1 etikesen Senin, 16 Juli 2007 pukul 10:13 am

    setuju banget, apa ini maknanya sama dengan “kegagalan adalah guru terbaik” dosa=kegagalan, tapi dosa adalah juga guru

    mungkin juga….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: