Cahaya Pagi

Ada hal hal keseharian yang terlewat oleh perenungan kita. Contoh lah kenapa sinar matahari di waktu pagi dan sore hari berwarna lembayung jingga atau merah kekuning-kuningan. Di kala siang kenapa warnanya berubah menjadi biru muda.

Warna dari manapun itu berasal terindera oleh mata kita melalui adanya cahaya. Pertama kali kita mengetahui bahwa cahaya mata hari merupakan cahaya yang polikromatik atau campuran berbagai warna. Sehingga diwaktu siang hari ketika kita melihat matahari secara langsung yang kita lihat adalah warna putih yang sangat terang sehingga menyilaukan mata kita. Cahaya polikromatik sering kita urai menjadi kumpulan warna pelangi. Merah jingga kuning hijau biru nila ungu.

Warna lembayung jingga dari matahari pagi bisa kita rumuskan merupakan warna salah satu dari warna penyusun warna matahari. Kenapa hanya satu warna saja yang timbul di waktu pagi atau sore hari? Dari pengetahuan kita mengenai pola perilaku cahaya kita mengetahui bahwa cahaya dapat dibelokkan apabila ia melalui suatu medium yang memiliki kerapatan tertentu. Besarnya sudut pembelokan atau pembiasan ini tergantung dari besarnya kerapatan medium tersebut. Nah dari sini kita bisa mengetahui bahwa yang dibiaskan atau dibelokkan oleh sinar matahari pagi dalam medium udara atau atmosfer kita adalah sinar lembayung jingga. Demikian pula diwaktu siang hari kita bisa melihat warna langit yang biru karena efek dari pembiasan ini. Apakah hipotesis ini merupakan bisa dipercaya? Silahkan anda mengujinya.

Iklan

1 Response to “Cahaya Pagi”


  1. 1 -luh lucuz bangetz- Rabu, 14 April 2010 pukul 10:13 am

    bagus ya blog nie!
    tambah pengetahuan saya sebagai pelajar!
    thnkz. :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: