Freud dan Psikologi dalam Kesadaranku

Freud mendefinisikan Id sebagai suatu dorongan naluriah yang berada dalam bawah sadar manusia. Id terutama dapat dilihat sewaktu fase bayi dari seorang manusia. Id juga disamakan oleh frued sebagai dorongan akan kesenangan. Ketika lapar dan haus bayi secara naluriah akan menangis dan mencari puting susu dari ibunya. Demikian juga dengan keinginan naluriah yang lainnya.

Ketika menginjak kedewasaan mulai ia diberi pengetahuan mengenai baik dan buruk. Apa yang tidak boleh dilakukan dan apa yang sebaiknya ia lakukan. Nilai-nilai atau peraturan moral yang ada ini dinamai oleh Freud dengan Superego. Nah kebanyakan dari peraturan ini akan menekan dorongan Idnya. Dalam upaya-upaya menyesuaikan dorongan Id serta hukum moral ini ditengahi oleh kesadarannya yang disebut ego.

Kebanyakan secara tidak sadar Id juga hadir lewat mimpi sebagai suatu bentuk pemuasan kesenangan yang tidak bisa terlaksana oleh dunia nyata. Dari mimpi-mimpi inilah kita bisa melihat bawah sadar kita sendiri sebagai manusia.

Sakit jiwa merupakan ketidakmampuan mengelola bawah sadar kita karena kurangnya pengetahuan tentang bawah sadar itu sendiri. Secara terus menerus bawah sadar yang menekan kesadaran dan ingin keluar dari gerbang kegelapannya. Akan tetapi apabila hal ini terus ditekan oleh superego maupun ego yang ada maka hasilnya adalah ketidakstabilan dari jiwa itu sendiri. Kegilaan lah yang akan menjadi hasil dari pertarungan ini.

Untuk mengatasi permasalahan ini maka bawah sadar yang menekan keluar harus dibebaskan dan dibiarkan bebas untuk mengurangi tekanan yang ada dalam jiwa itu sendiri. Demikianlah terapi-terapi psikoanalisa dilakukan. Salah satu metode yang paling sering digunakan adalah dengan metode hipnotis sehingga pasien mudah diarahkan untuk membuka gerbang bawahsadarnya ke alam sadarnya. Dengan membuka gerbang bawah sadar ini maka ketegangan yang ada karena pertarungan antara Id dan Superego dapat diredakan.

Alam bawah sadar sering juga merupakan ingatan yang sangat baik dalam merekam setiap kejadian hidup. Bahkan sesuatu yang tidak kita sadari dapat memasuki alam tak sadar kita sehingga ingatan kita dalam alam bawah sadar kita sepeti ingatan fotografis maupun seperti rekaman kaset audio video yang amat baik. Hal ini banyak sekali menjelaskan mengenai kemampuan seseorang yang tiba-tiba dapat mengenal bahasa yang asing serta dapat menggunakan bahasa asing tersebut walaupun secara sadar ia tidak pernah memperlajarinya.

Iklan

6 Responses to “Freud dan Psikologi dalam Kesadaranku”


  1. 1 InDaNameOfDita Rabu, 7 Februari 2007 pukul 9:24 pm

    assalamualaykum mas suluh…
    tidak ada orang bernama frued yang mengemukakan konsep 3 struktur kepribadian id, ego, dan superego…yang ada adalah freud :)

  2. 2 Haqiqie Suluh Kamis, 8 Februari 2007 pukul 8:38 am

    @InDaNameOfDita:

    makasih koreksinya :)

  3. 3 sitaBS Rabu, 29 Agustus 2007 pukul 2:27 pm

    gagasan freud terutama tentang tiga struktur kejiwaan manusia tersebut(id,ego, superego) sedikit banyak menyadarkan kita akan pentingnya norma dan nilai sebagai penyeimbang hasrat naluriah manusia.tapi ada yang menarik dari perbincangan tentang mimpi yang kadang disebutkan sebgai representasi alam bawah sadar seseorang,karena penjelasannya akan sangat absurd sekali. nah saya ingin bertanya,apakah orang-orang yang kita temui di dalam mimpi kita juga memiliki relasi bawah sadar dengan diri kita?

  4. 4 Upha zudina Kamis, 19 November 2009 pukul 1:50 pm

    Klo mekanisme pertahanan ego merupakan kinerja struktur kpribadian (id,ego,super ego)?

  5. 5 msafrudin Sabtu, 23 Februari 2013 pukul 5:42 pm

    Cukup signifikan.cuman Kurang dalam.krn ego dan id berbeda perkembangannya..ego.penting.untuk dasar self…

  6. 6 msaffrudin Kamis, 28 Februari 2013 pukul 11:36 am

    Pertentanganitu tidak terlihat krn bentuk dan fungsinya berbeda.hanya diantara id dan superego saling mendominasi satu dgn yg lain.pada suat saat.sedangkan ego yg menjadi wasit dan juri untuk dilakukan….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: