Frued dan Jiwa

Jika hipotesis mengenai jiwa yang dikemukakan oleh Freud benar, diri merupakan suatu entitas yang memiliki 3 wajah. Wajah yang pertama ada pada tataran yang tak tersentuh oleh kesadaran yang menjadi suatu dorongan alamiah atau natural yang kita miliki yang dinamai oleh Frued dengan Id. Selanjutnya ditataran kesadaran penuh muncul wajah yang sepenuhnya bersifat rasional dan analitis terhadap segala sesuatu, yang disebut dengan ego. Ditataran pertengahan antara keduanya terdapat wajah yang sadar dan tak sadar yang terbentuk dari pengalaman moral dan nilai yang berkembang di sekeliling kita, entah itu adat, kepercayaan, agama, atau yang lainnya. Yang terakhir dan yang ketiga ini sering dikatakan dengan sebutan superego.

Sebenarnya hal tersebut aku pikir merupakan suatu konsep metapsikologi dari Freud. Banyak hal memang yang dapat dijelaskan dengan teori ini, tetapi aku berpendapat jiwa manusia yang ada dan mengada di otak kita sesungguhnya tidak sesederhana penjelasan Freud. Terdapat kompleksitas-kompleksitas yang terlewat dengan analisis tersebut. Katakanlah proses aktualisasi diri

1 Response to “Frued dan Jiwa”


  1. 1 dede Selasa, 12 September 2006 pukul 11:44 am

    tolong bisa minta informasi lebih jauh tentang teori sigmun freud, (yang detail) tolong yah?! terimakasih sebelumnya


Tinggalkan Balasan

Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


