Menulis dan Pemahamanku

Melalui dunia tulis menulis kita bisa dihantarkan pada jendela pengetahuan dan pemikiran kita sendiri. Sejauh mana kita mempunyai penalaran dan pemahaman terhadap suatu permasalahan sehingga dengan cara menuliskannya selain mampu mengetahui kemampuan penalaran juga terdapat suatu kemampuan penyerapan ilmu pengetahuan secara terus menerus, karena dengan tulisan berarti kita telah merekam dan melestarikan pemikiran kita. Oleh sebab itu selain kelebihan tersebut yang dapat kita petik dan nikmati hasilnya kita juga dilatih untuk membiasakan diri menulis segala sesuatu yang menjadi pengalaman kita. Kita bisa menuliskan pengalaman memandang suatu objek yang indah sehingga selain pengalaman objek visual yang diterjemahkan ke dalam bahasa kata atau kalimat kita juga dapat mengungkapkan perasaan kita ketika menikmati objek yang indah tersebut. hal ini dapat pula berlaku pada indera pendengaran kita. Kita bisa menikmati lagu yang teramat indah dan menyentuh perasaan kita sehingga seolah-olah kita memperoleh pengalaman dan pemahaman yang benar-benar baru dan tak tergantikan oleh pengalaman indera yang lainnya.

Kegiatan yang lain yang dapat kita rekam melalui aktivitas menulis adalah kejadian atau sesuatu yang berkaitan dengan rentetan waktu. Kita bisa menceritakan secara kronologis suatu kejadian atau narasi sebuah cerita yang di dalamnya dapat termuat ke suatu hal yang mendetil dan rinci sehingga setiap moment yang hadir di hadapan kita dapat kita masukkan ke dalam bentuk tulisan. Menceritakan kegiatan naik gunung atau liburan di pantai kuta atau bermandikan air di kolam renang pada suatu hari dapat kita rekam dan ingat-ingat melalui bantuan tulisan. Tanpa harus menguras ingatan kita akan suatu kejadian di masa lalu dalam hidup kita, kita dapat dengan mudah menemukan cerita atau pengalaman tersebut hanya dengan cara membuka catatan tulisan kita yang telah lalu.

Iseng-iseng mengetik yang dibarengi dengan suatu perenungan akan segala sesuatu sering kali menyimpulkan atau mendapatkan kesimpulan yang sebelumnya tidak kita duga. Pemikiran yang berkembang dalam suatu dialog diri melalui tulisan kadang kala merupakan suatu terobosan yang tidak kita sangka-sangka sebelumnya. Mengembangkan suatu ide atau pendapat atau konsep akan sesuatu melalui penalaran dan penggabungan pengalaman yang kita miliki tanpa harus bersikap apologis memang sering kali mendapatkan sesuatu yang diluar dugaan saya sendiri. Sering kali kepercayaan yang selama ini saya anut akan suatu pendapat tiba-tiba harus saya revisi ulang kembali dikarenakan adanya pemikiran yang lebih dalam dan lebih baik. Dengan demikian selalu terdapat perubahan-perubahan keyakinan yang terus menerus akan tetap berlangsung dalam kehidupan saya sendiri. Tidak ada keyakinan yang abadi dalam diri saya. Keyakinan saya berkembang seiring dengan pemahaman dan pengalaman saya sendiri. Bukan berarti saya seorang yang plin-plan atau bingung akan tetapi ini merupakan suatu sikap evaluatif terhadap diri sendiri. Dengan kata lain sikap kritis terhadap diri kita sendiri. Karena tanpa adanya kritik maka keyakinan kita akan menjadi sebuah ideologi yang akan menghancurkan perkembangan alamiah diri kita sendiri dan sangat mungkin pula akan memusnahkan keyakinan orang lain karena mengaku bahwa keyakinan yang di anut oleh saya merupakan kebenaran final yang tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun sehingga apabila ada yang menganut keyakinan yang berbeda dengan keyakinan kita maka keyakinan mereka merupakan keyakinan yang salah yang harus dimusnahkan sedang keyakinan kita merupakan keyakinan yang benar dan harus dipertahankan mati-matian. Inilah yang terjadi pada segolongan orang yang saya sebut sebagai golongan fundamentalis fanatis.

Iklan

0 Responses to “Menulis dan Pemahamanku”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: