Energi: Sebuah Relasi Dengan Yang-Hidup

Di dunia ini melalui sejumlah penelitian ilmiah, diketahui sebuah hukum kekekalan energi, yang mengatakan bahwa jumlah total dari energi yang terdapat di alam semesta adalah sama dan tak berubah. Konsekuensi dari pernyataan ini melahirkan proposisi yang sangat terkenal, “energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan”. Jika kita menilai sebuah energi panas misalnya hal tersebut merupakan suatu bentuk energi yang melekat karena konteks dan sifatnya. Jika energi panas tersebut diubah menjadi energi gerak kemudian gerak diubah menjadi listrik yang terjadi di sini hanyalah perubahan karateriktik dari energi karena konteks situasinya. Energi selalu kekal dan sama, hanya saja ia bisa memiliki wajah yang berbeda-beda.

Jika sejauh dari pengamatan kita mengenai entitas yang dimaksud dengan energi ini merupakan sebuah kebenaran alam atau sunnatullah (bagi kalangan agamis menyebutnya) maka sebuah kebenaran juga jika kita juga merupakan bagian dari energi tersebut yang mengambil wajah manusia. Kehidupan manusia itu sendiri merupakan suatu proses perubahan bentuk dari energi yang terus menerus terjadi. Dengan demikian kita juga bagian dari energi alam dan pada akhirnya kita juga akan kembali ke alam itu sendiri. Kematian dan kehidupan kita hanyalah salah satu wajah dari energi yang ada di alam kita. Jikalau memang demikian hidup hanyalah sebuah energi dalam bentuk tertentu yang akan kembali menjadi energi dalam bentuk kematian. Tidak lebih tidak kurang. Seharusnya kita sadar mengenai hal ini.

Iklan

3 Responses to “Energi: Sebuah Relasi Dengan Yang-Hidup”


  1. 1 dyan Kamis, 24 Mei 2007 pukul 12:20 pm

    pa benar energi ga bisa dicipakan? trus awalnya dari mana?

    Menurut para ahli dan ilmuan fisika memang demikian kok.. Energi tak dapat diciptakan dan tak dapat dimusnahkan… Trus dari mana… Ya gak tahu saya… Mungkin pertanyaan dari mana tuh yang salah… ah gak tahu juga saya… maklum orang bodoh… mohon dimaafkan ya…

  2. 2 erwin Minggu, 3 Juni 2007 pukul 10:50 pm

    Energi tidak dapat dimusnahkan dan diciptakan menurut para Ilmuwan, karena memang para Ilmuwan tidak bisa mencitpakannya dan tidak bisa memusnahkannya, gak usah memusnahkan energi atau menciptakan energi menghidupkan satu makhluq hidup saja dari Energi2 itu thats is Impossible…
    lantas kalau bukan Allah zat yg maha Agung yg menciptakannya Lalu manusia dan Makhluq hidup itu koq bisa terangkai dengan sendirinya dengan bentuk yg begitu indah ..??
    jika saya mengatakan kepada Seseorang bahwa Mall-Mall yg ada di jakarta itu berdiri dengan sendirinya tanpa ada yg membangunnya there’s someone can believe me..??

    Jika saya mengatakan kepada seseorang bahwa manusia yang mondar mandir di dalam dan diluar Mall Mall yang ada di jakarta itu berdiri dan berjalan tanpa ada yang menciptakan, there’s someone can believe me…? Jawabn: Dikit banget pastinya khususnya di Indonesia ???? !!!

    Jika saya mengatakan kepada seseorang bahwa yang menciptakan “manusia” bisa hadir dan ada tanpa ada yang menciptakan atau membangunnya, there’s someone can believe me…? Jawabannya: Buanyak!!! he he he :D

  3. 3 etikesen Sabtu, 21 Juli 2007 pukul 12:59 pm

    yang menciptakan manusia harus ada tanpa harus ada yang menciptakannya atau membangunnya, ia memang harus ada karena tanpa-Nya kita tidak pernah ada dan bisakah kita membayangkan diri kita ada kalau kita tidak pernah ada? maha suci tuhan yang menciptakan manusia, Dia memang hebat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: