Mbah Maridjan, Wedhus, Gempa dan Ratu Kidul

Dari mulut ke mulut, dari bibir ke bibir sampailah sebuah cerita ke gendang telingaku. Konon, sewaktu gempa meluluhlantakkan Bantul dan Klaten serta beberapa daerah di sekitarnya, semua itu karena sebuah kelalaian dari sang juru kunci merapi Mbah Maridjan dengan Sang Penguasa Laut Kidul, Nyi Roro Kidul.

Dalam pertapaannya serta ritual tolak bala yang dilakukan oleh Mbah Maridjan guna menghindari kemarahan merapi, ia mendapatkan suatu petunjuk dan kekuatan dari Yang Maha Kuasa. Wedhus gembel yang dimuntahkan Merapi akan mampu ia halau dengan segenap kekuatannya. Wedhus gembel Merapi mampu ia alihkan sasarannya yang semula ke wilayah di sekitar merapi menuju ke manapun Mbah Maridjan ingin membuangnya. Kemudian Mbah Maridjan berfikir mana tempat yang paling tepat untuk membuang wedhus merapi itu. Usul punya usul dipilihlah Australia sebagai tempat buangannya. Anda pasti bisa menebak kenapa?

Maka dimulailah proses pembuangan wedhus itu. Dengan segenap kekuasaan yang diberikan oleh Sang Hyang Widi kepada Mbah Maridjan dihalaulah setiap wedhus merapi itu ke arah Australia, namun ditengah-tengah jalan Mbah Maridjan kebingungan dan berkata,”Jalan ke Australia itu kemana arahnya yaa? Maaf soalnya saya belum pernah pergi kesana.” Namun apa lacur, karena Mbah Maridjan sudah tidak berada di alam manusia lagi namun tengah berada di alam lelembut, tidak ada yang mampu memberikan jawaban kepadanya.

Sampailah upaya pembuangan wedhus itu ke laut selatan. Karena kebingungan jalan ke Australia tersebut maka wedhus yang hendak di buang Mbah Maridjan ke Australia itu hanya berputar-putar di atas laut Pantai Selatan. Ternyata hal tersebut mengganggu kenyamanan Sang Penguasa Laut Kidul alias Nyi Roro Kidul. Sang perempuan nan sakti mandraguna ini sambil menunggang kereta kencana yang bertahta emas berlian menegur Mbah Maridjan,” Hei Maridjan kenapa kamu bawa wedhus-wedhus jelek ini ke tempatku, Aku tidak suka dengan wedhus-wedhus ini”. Dengan gemetaran Mbah Maridjan menyauti,” Ampun Nyi, dalem kesasar tidak tahu jalan ke Australia Nyi, dalem nyuwun pangapunten!”

Namun karena kenyamanan dan ketentramannya telah terusik, Ratu Kidul tidak mau tahu sehingga dengan penuh amarah ia menghalau wedhus-wedhus itu dengan selendang emasnya yang sakti tiada tara. Sekali kibas wedhus-wedhus itu musnah entah kemana, namun karena kibasan penuh emosi yang tak terkontrol maka kekuatan kibasan selendang Ratu Kidul sampai berpengaruh pada Dasar Bumi Mataram. Dan dalam hitungan detik, goncangan maha dahsyat terjadi selepas kibasan selendang Ratu Kidul yang sakti itu. Gempa dahsyat muncul dengan hebatnya. Bumi bergoncang. Rumah-rumah roboh. Dan Mbah Maridjan dengan miris hati hanya bisa menyaksikan kekuatan maha dasyat dari sang Penguasa Laut Selatan itu tanpa bisa berbuat apa-apa. Dan anda bisa tahu apa yang terjadi selanjutnya.

Demikianlah kenapa gempa bisa terjadi di Bantul dan sekitarnya.

Iklan

52 Responses to “Mbah Maridjan, Wedhus, Gempa dan Ratu Kidul”


  1. 1 weni Selasa, 27 Juni 2006 pukul 5:36 pm

    cerita yang sampai ke telinga mu tuh mistik komedi ya…
    lucu… aku kira jika cerita ini sampai ke telinga paranormal laennya, bakal dibantah dengan cerita yang ga kalah … lucu kali ya.

    jika bisa berandai2, boleh juga jadi mbah marijan, ngangon ‘awan panas’ …

    ah..alam kan juga butuh eksistensi diri.
    toh ternyata nyaris alam se-indonesia unjuk gigi, ga cuma jogja aja ;)

  2. 4 gerry Sabtu, 16 Desember 2006 pukul 1:04 pm

    semuanya itu tkdir jd jgn berfikir yg tdk2………

  3. 5 des Rabu, 3 Januari 2007 pukul 11:53 am

    sekarang kan sudah jaman nya agresi…mungkin ajah bangsa jin lagi mengagresi bangsa manusia…karena panduduk bangsa jin telah melampaui batas…dan takut keduluan sama bangsa alien….??

  4. 6 Syahril S Senin, 22 Januari 2007 pukul 8:06 am

    Kalau memang itu yang dialami mbah marijan, itu ada bisikan dari jin, ji itu adalah pendusta,penyesat & peng-olok2 manusia dengan cerita yang membawa kita kepada kesyirikan…

  5. 8 arif Sabtu, 22 Maret 2008 pukul 10:19 pm

    daripada nganggur boleh dibaca untuk cari INSPIRASI, tapi jgn sampai keterusan, URUSAN KITA SENDIRI MASIH BANYAK, gak perlu ngurusin yang begituan…..

  6. 9 dewi supraba Selasa, 6 Mei 2008 pukul 12:00 pm

    Kanjeng ratu bukan seorang pemarah.Sebagai punggawa alam yang ditunjuk Allah tentunya jauh dari sifat amarah yang berujung pd kesengsaraan hanya krn alasan remeh semacam itu.Lebih dari itu semua, mari kita introspeksi barangkali kita diingatkan akan segenap kelalaian kita terhadap keseimbangan alam.

  7. 12 prihadi Rabu, 11 Juni 2008 pukul 1:45 pm

    Kepercayaan manusia ada didalam hati… so… percaya gak percaya, tergantung hati kecil kita sendiri yang menilai…
    lebih baik berdoa yang banyak, karena mungkin bumi kita ini semakin tua, dan penduduk buminya kebanyakan…
    pisssssssss…..

  8. 13 yusdi Selasa, 24 Juni 2008 pukul 1:18 pm

    Ass wr wb

    Kemampuan/ ilmu yang baik adalah kemampuan/ilmu yang bisa membuat serta merubah orang yang diamanahkan kemampuan / ilmu tersebut menjadi manusia yang lebih baik, lebih arif ,dan bijaksana. Mengenai keimanannya, bukan urusan manusia yang memberikan penilaian. Bahkan ada cerita, manusia yang tidak pernah memperdebatkan benar dan tidaknya suatu agama / kepercayaan, adalah manusia atheis, karena meraka gak percaya keagungan ALlah jadinya gak berdebat.

  9. 15 rhirhiez Rabu, 20 Agustus 2008 pukul 11:54 am

    wah k-lo jadi mbah marijan enak banget,ke Australia aja tinggal tapa nggak perlu ongkos bwat naik pesawat dah gitu bawa beban yang berat lagi

    nah kita mana bisa…………

  10. 16 wee Rabu, 20 Agustus 2008 pukul 11:58 am

    Emm…
    Kaya’y mustahil dech bisa kejadian kaya gitu….
    Emang dunia khayal,,,Itu sieh mang udah takdir kalee……

    cape deeeeeeeeeeeeh……..

  11. 18 Mas Karebet Selasa, 7 Oktober 2008 pukul 8:43 am

    Om Swasti astu Om Santi – Santi
    Salam Damai Sejahtera
    Assalamualaikum wrwb

    Kanjeng Gusti Ratu Pantai Selatan

    Goddness Ini adalah cerita Asli Kanjeng Ratu Pantai Selatan , saya gak perlu mengatakan narasumbernya dari mana , yang penting cerita ini diperuntukkan bagi yang ingin mengetahui sebuah KEBENARAN

    DIA ( ALLAH ) MAHA MENGETAHUI SEGALA APA YANG GAIB DAN YANG NYATA, MAHA SUCILAH ALLAH DENGAN TIDAK MEMPERSEKUTUKAN-NYA,

    ( SURAT AL MU’MINUN : AYAT 92 )

    Sekali lagi saya katakan bahwa untuk bercerita tentang beliau saja kita membutuh energi yang luar biasa , apalagi untuk berjumpa dengan beliau didunia gaib ? Lupakanlah cerita2 fiksi yang bergaung di luar sana . Perlu saya jelaskan sebelumnya , saya pernah ditegur keras oleh seorang Princess Keturunan Kraton Pasundan bahwa hendaknya jika kita menyebut beliau wajib dengan gelar lengkapnya , KANJENG GUSTI RATU PANTAI SELATAN . Itulah cara kita memberi perhormatan kepada beliau

    Siapa sesungguhnya KGR Pantai Selatan itu ?

    Beliau adalah salah seorang dari 7 bidadari yang turun dari Khayangan ( surga ) dalam bentuk NUR yang suci , yang berwujud HOLY SPIRITyang bisa berwujud sebagai seorang wanita cantik yang luar biasa . Beliau bukanlah sosok yang tiba2 muncul dan bisa bertemu sembarang orang , karena beliau adalah makluk Allah SWT yang suci .Beliau sangat halus budi dan bahasa , lemah lembut ke ibuan dan bisa berbicara berbagai macam bahasa di dunia.

    Tak kenal maka tak sayang ! Cerita tentang legenda Kanjeng Gusti Ratu Pantai Selatan ( KGRPS ) selama ini yang sedang beredar di masyarakat ,itu hanya cerita rekaan saja . Juga legenda bahwa KGRPS suka menggoda laki2 itu SALAH BESAR . Beliau adalah seorang BIDADADARI YANG SUCI, bagaimana bisa mengoda laki2 ? Memang benar beliau memiliki AURA yang sangat luar biasa . — siapa yang berani lawan bidadari sih ? — Hanya sekarang beliau suka kecewa akan banyaknya cerita2 diluaran yang sama sekali TIDAK benar2 mewakili sosok beliau yang sesungguhnya. Sehingga karena ketidak tahuan masyarakat akhirnya , malah menciptakan FITNAH yang meyesatkan .

    Sungguh , tak kenal maka tak sayang .

    Mengapa beliau diturunkan kebumi oleh Allah SWT ,Gusti Allah Bapa,Sang Hyang Widie atau Gusti Akarya Jagad ?

    Allah memberikan mandat / amanah yang MULIA kepada KGRPS untuk rakyat
    Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya , konon pula bahwa KGRSP bisa menitis pada wanita2 yang TERPILIH oleh Allah , untuk menjadi para lelakon dibumi ini ( legenda ) sehingga tak jarang wanita2 yang berAURA pecahan dari KGRPS akan diburu2 oleh para lelaki yang berkepentingan untuk menyokong AURAnya , seperti konon Raja2 Mataram

    SHE IS A HOLY SPIRIT

    Cerita ini memang kontroversial , seperti The Davinci Code terhadap sejarah kesucian Jesus sebagai “ roh kudus “ . Tetapi bagaimanapun KEBENARAN harus selalu ditegakkan dan kita tidak boleh membengkokan sejarah .
    Siapa NYAI RORO KIDUL ?
    Dia dulunya adalah murid dari KGRPS yang bernama Dewi Anjani , yang akhirnya mempunyai kesaktian yang tinggi dan merasa “lebih “ , sehingga jadi takabur dan membangun kerajaan sendiri , terpisah dengan Kerajaan KGRPS .Belum dipastikan apakah dia ini dulu aslinya berbentuk manusia atau memang mahkluk gaib .Secara fisik dan rupa bentuknya berbeda dengan KGRPS , tetapi baju kebesarannya sama2 berwarna hijau. Jadi sekali lagi setelah membaca blogs ini , jangan pernah salah untuk menafsirkan siapa Nyai Roro Kidul dan Kanjeng Gusti Ratu Kidul .

    Jika diukur besar kecilnya kerajaan2 gaib di Laut Kidul — kerajaan KGRPS mempunyai wilayah terkecil tapi mempunyai pengaruh terbesar di dunia gaib . Semua makhluk gaib akan tunduk dan hormat kepada beliau —
    Lagian siapa sih yang gak respect sama bidadari yang menjadi utusan Allah ? Bukanlah kita semua pasti akan hormat pada mahkluk2 suciNya ? Jangankan kepada bidadari atau malaikat , kepada orang yang suci /sufi aja kita hormat – yah kecuali setan yang berbadan manusia, pasti setan tidak akan pernah mau hormat kepada manusia atau makhluk ciptaan Allah yang lain . Makanya jika ada manusia yang takabur ( sok lebih ) maka didalam dirinya pasti ada setan yang terkutuk. — upss ! no comment ;-) Im not an angel also he he he ….

    Di Pantai Selatan ( Kidul ) ada sekitar 40 Kerajaan Gaib yang dipimpin oleh 40 Ratu Kidul , termasuk kerajaan Nyo Blorong , Nyi Roro Kidul , Nyi Nyi Nyi … dan semua memakai fasilitas yang sama dan warna yang di simbolkan juga berwarna hijau . Jadi jangan kira jikakalau diParang Kusumo atau di Pelabuhan Ratu , Parang Tritis dan lain2 itu hanya tempat untuk bertemu dengan KGRPS — salah2 dan kebanyakan banyak yang salah sasaran , karena yang diketemui adalah para RATU KIDUL – ya memang mereka itu ratu2 Kidul yang asli , yaitu ratu2 dari 40 Kerajaan gaib Kiduls group . Tapi ingat , mereka bukanlah KGRPS yang suci itu …

    Ratu2 gaib Kidul inilah yang banyak mengoda manusia2 yang sedang “terjerumus akan Ilmu Sesat ,Obsesi dan Ambisi . Banyak pula yang menyaru sebagai KGRPS kepada manusia yang minta kekayaan, kekuasaan , kejayaan dan lain2 . Banyak manusia yang terjerumus mengadakan pernikahan gaib dengan Ratu2 Kidul tersebut demi ambisi2 keduniawiannya , wah tentu para jin itu pasti akan berebutan untuk menikahi manusia , tapi seremkan ….. menikah dengan RATU JIN ?

    Pada umumnya setiap orang yang mengadakan pemujaan terhadap Kerajaan Selatan akan ditemui oleh KGRPS saat pertama kalinya dan beliau akan menyarankan untuk ‘ DON’T DO THAT “ —tapi jika manusia tetap pada pendiriannya , maka RATU2 KIDUL yang lain akan datang dan langsung melakukan registrasi untuk mendaftar anggota kerajaan barunya – diberi kekayaan ( transfer dari bank gaib ) tapi jika masanya kontraknya sudah lewat , mereka akan dibekerjakan secara rodi di kerajaan2 ratu kidul tersebut …di alam barzah nya , serem ya ?

    Kanjeng Gusti Ratu Kidul tidak akan pernah memberikan pesugihan dan menggoda / mengumbar aura maksiat kepada manusia . Secara logika seorang utusan Allah apapun sebutannya , bidadari / malaikat / nabi / rasul /wali pasti tidak akan melakukan hal negative seperti itu . Seorang bidadari tidak akan pernah JAHAT kepada mahkluk Allah yang lain .Pernah gak sih dengar ada bidadari yang jahat ?

    Suatu hari nanti akan terbuka TABIR KEBENARAN dan manusia2 yang selama tidak tahu , yang sok tau ataupun yang munafik akan hal hal gaib , mereka akan mendengarkan sebuah rahasia SEMESTA , yang selama ini masih menjadi rahasia besar dan misteri.

    PENCERAHAN :
    Pemahamam secara RUHANI mengenai Ratu-ratu dari 40 Kerajaan gaib Kiduls group tersebut.Penilaian negatip bahwa Ratu2 gaib Kidul inilah yang banyak mengoda manusia2 yang sedang “terjerumus akan Ilmu Sesat ,Obsesi dan Ambisi,ini adalah KELIRU, kita sebagai sama-sama mahkluk ciptaan Tuhan yang mendalami spiritual batin dan agama,bahwa KGRPS merupakan utusan Tuhan YME ,dengan kuasanya Tuhan juga menciptakan bayangan-bayangan KGRPS dengan 40 bidadari-bidadari Ratu yang lain yang mempunyai kewenangan tugas yang macam-macam dan KGRPS adalah sebagai Pancernya .Jadi seumpama ada salah satu Ratu yang misalnya diminta kekayaan pesugihan ,dia juga akan memberi sesuai TUGASnya.Namun perlu diingat bahwa ,beliau Ratu khusus kekayaan tersebut hanya menjalankan tugas sebagai bagian KIRI sebagai Ibu Yang Pengasih dan Penyayang,ibaratnya mereka sebagai jari-jari tangan dan kaki KGRPS sesuai tingkatan orang tersebut mengabdi dan meminta.
    Jadi mereka-mereka tersebut ( ratu-ratu yang 40 ) TIDAK PATUT DISALAHKAN atau dikatakan mempunyai HATI YANG JAHAT karena masing-masing bagian mempunyai tugas masing -masing : Ada yang menggoda,ada yang memberi kekayaan,ada yang memberi ilmu pengetahuan dan ada yang menuntun kebaikan.Jadi ada bagian KANAN dan bagian KIRI sesuai garis keseimbangan seperti Roh ada yang baik ada juga yang jahat.
    Semua hanya menjalankan TUGAS sebagai wakil -wakil KGRPS menemui seseorang yang tingkatan IMAN dan Dihajatkan.
    Mereka juga tidak mau menggoda orang yang IMANnya teguh kepada Tuhan YME,bahkan memberikan teladan atau tuntunan jalan KEBENARAN,bahwa apabila yang diambil itu sesuai dengan Ngunduh Wohing Pakarti atau Karma ( perbuatan yang telah mereka lakukan selama hidup).
    Memang semua adalaha Rahasia Sang Pencipta yang tidak bisa dinalar dengan AGAMA dan LOGIKA,dengan ini kita IMANI :DIA ( ALLAH ) MAHA MENGETAHUI SEGALA APA YANG GAIB DAN YANG NYATA, MAHA SUCILAH ALLAH DENGAN TIDAK MEMPERSEKUTUKAN-NYA,
    ( SURAT AL MU’MINUN : AYAT 92 ),jadi KGPRS tidak memandang dia itu agama apa , tetapi Iman Kamu kepada Tuhan YME karena beliau lebih mengenal Tuhan Yang Sebenarnya daripada orang-orang yang BERAGAMA.
    Jadi ada yang perlu diluruskan sekali lagi ,sangat salah besar kalau KGRPS itu ikut agama tertentu,misal Islam karena beliau kedekatannya dengan Tuhan lebih dari kedekatan orang beragama.
    ***… semoga …tercerahkan ***

    • 19 hamba Allah SWT Kamis, 28 Oktober 2010 pukul 2:51 pm

      ini cerita dongeng tolong jgn bawa2 ayat suci Al-Quran, kualat nanti loh …..

    • 20 heripurwondo Rabu, 10 November 2010 pukul 2:12 pm

      Ass. wrwb.
      Mas Karebet, DONGENG NYA BOLEH JUGA TUH UNTUK NAKUT-NAKUTIN BOCAH ANGON…
      Ma kasih..
      Ayo sama-sama kita beristighfar sebanyak-banyaknya, minta ampun pada Gusti Allah Swt karena kita telah merasa senang dan bangga dalam melakukan dosa nyata dan dosa yang tidak nyata.

    • 21 salikin Rabu, 10 November 2010 pukul 2:17 pm

      Untuk : Mas Karebet
      “Dan janganlah kamu campur adukkan yang haq dengan yang bathil”. (QS Al Baqoroh : 42)

    • 22 KIAKI Rabu, 10 November 2010 pukul 2:24 pm

      mas karebet,
      mungkin panjenengan terlalu lama membaca buku dunia mistik, lalu panjenengan merasa masyuk dan asyik di situ sehingga lupa kalau sekarang sudah jam 4 sore. sekarang saya tawarkan pada panjenengan untuk kembali ke dunia nyata, monggooo…

    • 23 heru Kamis, 22 Desember 2011 pukul 8:09 pm

      tiada yang lebih Indah meskipun hanya dalam MIMPI…..yaitu bermimpi bertemu dengan Rasulullah s.a.w daripada aku bertemu secara fisik atau tidak dengan yang anda barusan sebutkan…..

  12. 24 Gunsa Kamis, 23 Oktober 2008 pukul 12:16 pm

    Mas Suluh ataude Suluh
    Mengenai Mbah Marijan memang menarik,sekarang saya baru nulis ini 23-19 2008 yakin belum basi masalah ini.
    Saya baca tulisan Suluh >>jadi tergali memoricersil jawa yg bersambung ,seperti Api di Bukit Menoreh dll
    Oleh karena itu saya usul sama Suluh, bikin tulisan Mbah Marijan jadi cersil bersambung>>> wah suluh bakalan kaya raya.
    Mengenai kritikan ya dipahami saja,tapi jangan dimasukan ke dalam hati (walau kritikan itu benar/tepat ).
    Kan yg mengkritik juga tidak berusaha memhami Kebudayaan Jawa atau malah mungkin Kebudayaan se antero Nusantara yang memang demikian adanya .
    Jadi dizaman modern ini cerita dari mulut ke seperti ceritanya Mbah marijan ini masih relevan >>makanya kuat dari terpaan moderenisasi ,walau itu adalah terpaan tenologi informasi yg mas Suluh geluti >> woooow hebat

  13. 25 a -qu Kamis, 30 Oktober 2008 pukul 12:54 pm

    kenapa mbah marijan ngga tanya ama chriss jhon ya… kan sasana nya si kriss ada di australi, padahal mereka sahabat dekat.atau mungkin mbah marijan ga minum kuku bima jadi kurang konsentrasi, andai aja waktu itu aku temenin aku tunjuki jalan keaustrali kan gampang tinggal masuk tol ambil jurusan cawang terus langsung ke cengkareng beli tiket, naik pesawat nyampek deh…. eh mbah marijan punya passport ga ya… but tu kambing harus mauk karantina dulu…. kok jadi ribet ya

  14. 26 Darwyn Tse Senin, 1 Desember 2008 pukul 1:13 pm

    Setuju dengan Dewi Supraba….

  15. 28 mudjilah Jumat, 4 Juni 2010 pukul 9:58 am

    tulisan diatas saya kira bisa betul tapi juga bisa salah , tergantung dari mana kita memandang, dari dari kacamata ilmiah tentu tidak benar , tapi dari kacamata batin tergantung yang mempersepsikan

  16. 29 ripin tootenham Rabu, 27 Oktober 2010 pukul 1:04 pm

    semua itu bisa diercaya bisa jg tdk.tergantung dari sudut mana orang memandang

  17. 30 Nancy Rabu, 27 Oktober 2010 pukul 3:45 pm

    Mbah Marijdan telah diada, selamat jalan Mbah MArijdan…

  18. 32 dewi Rabu, 27 Oktober 2010 pukul 8:19 pm

    subhanalloh,,,qt nie lg dikasi teguran sama alloh so jgn bikin asumsi yg aneh” mending qt skrg beristigfar n memohon ampun kpd yg maha kuasa…semoga negara qt tercinta dijauhkan dr murkanya alloh,,,amien…

  19. 33 yusuf ahmad Kamis, 28 Oktober 2010 pukul 2:22 pm

    gwa gk koment banyak2 subhanallah mahabesar Allah

  20. 34 hamba Allah SWT Kamis, 28 Oktober 2010 pukul 3:18 pm

    percayalah pada kebenaran, jgn cerita hayalan yg blum terbukti kebenarannya

  21. 35 slipi Kamis, 28 Oktober 2010 pukul 7:38 pm

    ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR,. jauhi kemusrikan, janganlah kita menduakan Allah {kulhullah hu ahad} khususnya untuk muslimin dan muslihah.

  22. 36 atipa Kamis, 28 Oktober 2010 pukul 9:11 pm

    astaggfirullahhalazim….
    jauhilah kemusyrikan…..

  23. 38 haryono Jumat, 29 Oktober 2010 pukul 2:49 pm

    semua benda baik hidup atau mati pasti ada yang membuat/mencipta, sangpencipta/yang membuat suatu barang tersebut pasti ingin di katakan ciptaannya/buatannya itu baik, maka diberikan buku untuk pemeliharannya, kalau di mobil, pesawat biasanya dikatakan manual, kalau untuk manusia itu adalah agama, yahh.. ikuti saja perintahnya, kalau umat islam ikuti saja alqur’an dan alhadis

  24. 39 suit suit hehehe.... Jumat, 29 Oktober 2010 pukul 5:10 pm

    hwahahahahaa……bagus bagus…xixixixi

  25. 40 zevri Sabtu, 30 Oktober 2010 pukul 4:55 pm

    banyk2 istiqhfar..
    ALLAH Maha besar.
    tiada dua bagiknya..
    allahuakbar..

    it hnya crita dan karangan manusia sja.

  26. 41 zevri Sabtu, 30 Oktober 2010 pukul 4:56 pm

    itu hanya karangan dn cerita manusia sja..

    ALLAH MAHA BESAR..
    TIADA DUA BAGINYA..

  27. 42 Richard Minggu, 31 Oktober 2010 pukul 12:49 am

    Opini anda sangad tidak berguna…
    Semoga segera diberikan pencerahan, karena memang itu yang anda butuhkan.

  28. 44 nakadjo Rabu, 10 November 2010 pukul 2:20 pm

    SUDAH WAKTUNYA KEMBALI KE JALAN YANG BENAR, SETELAH LAMA DAN JAUH BERADA PADA JALAN YANG MENYIMPANG. TINGGALKAN MITOS, LEGENDA, SAUR SEPUH, KHURAFAT YANG SESAT DAN MENYESATKAN.

  29. 45 Sid Rabu, 10 November 2010 pukul 5:08 pm

    Bener2 bocah semprul, edan, ini anak kerasukan kali ya, si karebet itu memang gak kalah semprulnya, edan kok gak ketulungan, sarap

  30. 46 wasiman Kamis, 11 November 2010 pukul 8:16 pm

    ya allah di merapi kok ada cerita yg begitu menyeramkan mrilah kta semua minta ampunanan atas perbuatan yg salah

  31. 47 vita Kamis, 23 Juni 2011 pukul 3:31 pm

    waduwh, sebenarnya yang dimaksud ratu kidul oleh banyakan orang tuh anggapanya seperti itu terus ya? mungkin kita harus membelokkan persepsi ke yan g lebih positif :-)

  32. 48 Zainal Rabu, 3 Agustus 2011 pukul 5:07 am

    Oh ratu kidul ya lama-lama kelamaan bisa kukawini

  33. 49 angelivia Kamis, 8 Desember 2011 pukul 11:43 pm

    hmm bagus dah!! bikin dikit pusink juga wkwkw

  34. 50 antok Selasa, 28 Agustus 2012 pukul 1:30 pm

    gempa ya gempa…wedhus ya wedhus gak ada hubungannya…semua itu hanyalah takdir….atau kejadian sehari2…seperti halnya perputaran matahari…terjadinya angin….mengalirnya air…mengapa jadi berlebihan…karena keseimbangannya menjadi terganggu…bayangkan saja anda nekat membuat rumah diatas sungai yang sedang meluap…pasti roboh diterjang banjir…bayangkan saja anda nekat membendung sungan lalu dialirkan kerumah anda agar anda dapat mengairi tanaman anda sendiri…kalau gak banjir sih gpp…tapi kalau banjir maka air yang masuk pun akan berlebihan…itulah arti merusak keseimbangan alam….kita seringkali melanggar hal tersebut…seperti membangun perumahan di daerah resapan air…membuat rumah dengan mencuri standar mutu sehingga rumah kita menjadi rapuh…banyak sekali kesalahan manusia yang merusak keseimbangan alam

  35. 51 ayu Rabu, 14 November 2012 pukul 9:49 pm

    kalo Tuhan sudah berkehendak , apapun terjadi

  36. 52 nechiz Selasa, 28 Mei 2013 pukul 12:26 pm

    jangan berlebihan dong masbro membuat dongeng opininya kalau belum terbukti , nanti lo bisa di kutuk sma allah swt.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: