Emosi, tulisan yang tak selesai….

Mengenal emosi diri sendiri ternyata merupakan sebuah proses yang tak selesai. Saya merasakan bahwa emosi yang terdapat dalam diriku merupakan sebuah proses yang berubah-ubah sesuai dengan perkembangan diri dan pengaruh dunia luar. Ini artinya emosi merupakan produk diri ke dalam dan produk diri ke luar. Emosi entah itu darimana berasalnya merupakan sebuah entitas (atau sesuatu) yang keberadaanya kita terima apaadanya (take for granted). Seberapapun kita membuang atau berusaha untuk menipu diri sendiri bahwa emosi itu tidak ada kita tidak akan pernah bisa melakukannya. Sedih senang, cinta, gembira, benci, dan lain sebagainya merupakan suatu wajah wajah emosi…. sedikit saja rasa emosi yang kita alami akan menciptakan suatu wajah emosi yang kita namai dengan sebutan tertentu.. Pada dasarnya emosi diri berawal dari diri yang satu, dengan demikian ia juga bersumber dari satu diri. Manifestasi emosi yang berlainan merupakan sebuah wajah dari diri yang satu. Walaupun dari logika material khas para neurolog emosi-emosi memiliki kareteristik yang berlainan dari mekanisme kerja maupun dari syaraf otak (neuro transmiter) yang bertanggung jawab terhadapnya.. (Sebuah tulisan yang tak selesai, 20 Oktober 2006)

2 Responses to “Emosi, tulisan yang tak selesai….”


  1. 1 eka Sabtu, 10 Februari 2007 pukul 12:24 pm

    emosi adalah sesuatu yang abstrak..emosi adalah pergolakan.. pertempuran antara akal dan hati dalam diri
    well, membaca tulisanmu, layaknya emha ainun najib junior…
    mana alamat emailmu????

  2. 2 etikesen Sabtu, 14 Juli 2007 pukul 5:09 pm

    emosi adalah salah satu manifestasi dari potensi yang dimiliki manusia, yaitu naluri mempertahankan diri

    maksudnya??? ah saya gak ngerti nich…


Tinggalkan Balasan

Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


