Dunia Mimpi: Batas Antara Kenyataan dan Khayalan?

Siapapun pernah bermimpi. Ini setidaknya menurut pengetahuan dan keyakinan saya. Entahlah sesungguhnya apakah memang benar-benar ada orang yang hidup di dunia ini yang tidak pernah mengalami mimpi. Jika memang benar adanya, ada orang yang tak pernah mengalami kejadian atau pengalaman mimpi seperti ini, sungguh benar-benar mengherankan saya. Sebagai seorang yang telah menempuh kehidupan dalam rentang waktu yang cukup lama, saya semenjak kecil sering bermimpi. Tentunya saya bermimpi dan masih mengingat beberapa mimpi saya, ketika saya juga telah memiliki kesadaran yang terinsafi. Pertanyaan saya sesungguhnya adalah saya sering kali tidak mampu membedakan antara dunia “nyata” dan dunia mimpi saya. Sungguhpun saya telah bangun saya juga sering mengalami kejadian yang masih seperti mimpi. Demikian pula sebaliknya. Ketika saya telah terjaga dan merasa tidak bermimpi lagi, tiba-tiba saya dikejutkan oleh kejadian bahwa saya kok terjaga lagi dari mimpi. Atau jangan-jangan saya bermimpi sekarang ini. Saya sendiri sampai pada kesimpulan bahwa sesungguhnya tidak ada argumen atau alasan yang bisa atau benar-benar falid dan tak tergoyahkan apakah sesungguhnya kita berada di alam mimpi atau tidak. Namun seperti imajinasinya Descartes, dengan mimpi dan kesadaran kita atas mimpi tersebut, kita tahu bahwa kita ADA. Dengan mimpi, saya tahu bahwa saya ADA. Seberapapun berkuasanya seseorang untuk menyingkirkan kepercayaan bahwa saya tidak ada, tidak mampu menghilangkan keyakinan saya bahwa saya ADA.

Apakah mimpi sekedar bunga tidur? Dalam beberapa hal memang hal ini sepertinya benar. Namun Kata Frued mimpi itu sebenarnya memiliki arti. Mimpi seringkali merupakan pemenuhan hasrat kita yang tidak terlaksana di dunia nyata. Demikianlah apa yang dikatakan oleh Frued. Walaupun tidak semua kasus mimpi memiliki kejadian seperti yang dijelaskan oleh Frued namun ada juga mimpi yang benar-benar cocok dengan penjelasan Frued.

Menurut Frued, mimpi bisa juga terenkripsi atau tersimbolkan. Dalam hal ini mimpi sebagai pemenuhan kebutuhan atau hasrat tak sadar, tampil dalam simbol-simbol tertentu. Dengan demikian perlu dilakukan penerjemahan atas simbol-simbol tersebut agar dapat diketahui maksud yang sebenarnya. Tafsif mimpinya Frued merupakan penjelasan mengenai hal-hal seperti ini

Kalau ditinjau dari segi ilmiah atau sesuatu yang dapat diukur, seseorang yang sedang bermimpi menunjukkan aktifitas otak dengan gelombang tertentu di dalam otak yang berbeda dengan ketika kita tersadar atau ketika tertidur lelap. Gerakan mata orang yang bermimpi juga bisa dibaca. Rapid Eye Movement merupakan penjelasan ilmiah yang dapat diukur dan dijadikan indikator apakah seseorang itu sedang bermimpi atau tidak.

Ada hal yang menjadi batas pengalaman saya dalam hal mimpi khususnya menyangkut tidur. Seberapapun kuat usaha saya untuk mengetahui kapan saya jatuh tidur dan kemudian bermimpi saya tidak pernah sampai mengetahuinya. Saya tertidur dan segenap pengalaman waktu saya, pengalaman pikiran dan sensasi saya seolah-olah menghilang. Saya seperti tidak lagi berada di dunia nyata dan entah pergi kemana. Saya menghilang dan tiba-tiba kemudian bangkit lagi. Tidur merupakan kejadian yang sampai saat ini selalu membuat saya terheran-heran. Sampai-sampai saya berfikir apakah seperti ini kematian yang akan saya hadapi nanti. Apakah mati merupakan hal yang sama dengan jatuh tertidur? Khususnya tetidur lelap tanpa mimpi. Saya tidak tahu. Dengan demikian tidur sebenarnya bukan merupakan pengalaman sadar kita. Ketika kita bangunlah kita memiliki pengalaman. Tidur adalah pengetahuan, bukan pengalaman sadar. Lalu ketika bermimpi apakah saya bangkit dari tidur atau tidak?

Bermimpi setidaknya merupakan kebangkitan semu saya dari kematian sementara saya. Bermimpi merupakan pengalaman sadar saya seperti halnya pengalaman di dunia nyata. Namun karena saya sering tidak bisa membedakan mana mimpi mana kenyataan maka saya sendiri terus dihinggapi kebingungan bagaimana sebenarnya mekanisme mimpi ini terjadi. Tentunya penjelasan yang ingin saya peroleh bukanlah penjelasan materialistik seperti rekaman kejadian yang ada di otak kita maupun rekaman gerakan mata kita. Sampai saat ini mimpi selalu saja merupakan aspek yang penuh subjektifitas. Terkadang saya bermimpi bahwa saya bukanlah seorang Haqiqie Suluh. Tetapi seseorang yang memiliki nama dan wajah yang lainnya. Betapa mengejutkan sering kali mimpi saya.

Ah hari ini saya ingin tidur lelap dan tak bermimpi. Karena ketika saya tertidur lelap, saya kemudian terbangun dengan kesegaran yang sangat saya nikmati. Saya merindukan hal itu.

Salam Mimpi

Haqiqie Suluh

Iklan

23 Responses to “Dunia Mimpi: Batas Antara Kenyataan dan Khayalan?”


  1. 1 chiket Minggu, 10 Juni 2007 pukul 9:06 pm

    pernah denger OBE (Out of Body Experience)?aq pernah dapet ebooknya “OBE Guide:The Lucid Dream And O.B.E. Course Book” keren banget,googling aj.disitu dijelasin secara ilmiah ada 4 macam ‘realita’ al:awake(terjaga),daydream(melamun kali ya?),dream(mimpi),OBE(kata orang2 jawa bilang ‘amongrogo’ he…he.. serem).buat koordinat kartesian sumbu X,Y.daerah Y positif adalah kondisi ‘alert’,daerah Y negatif adalah kondisi’trance’,daerah X positif adalah ‘conscious focus’,en daerah X negatif adalah ‘subconscious focus’.’awake’ berada di daerah X(+)dan Y(+),’daydream’ di X(+)dan Y(-),’dream’ di X(-)dan Y(-),dan ‘OBE’ di X(-)dan Y(+).nah..menariknya di buku itu kita bisa memetakan di daerah mana letak titik ‘kesadaran ‘ kita.ketika mengalami OBE,didiskripsiksn dengan mengalami ‘lucid dream’ yaitu ‘mimpi yang sangat jelas'(sampai2 penulis tidak menyadari tenyata masih di dalam tidurnya).kondisi OBE ini banyak diyakini kalangan spiritual sbagai ‘tingkat kesadaran’ yang lebih tinggi.well baca aja deh bukunya..he..he..

    he he he…. gitu ya… wah kok ada daerah daerah gitu tuh dari mana ya…? moga ebooknya bukan bahasa inggris … klo bahasa inggris saya gak bisa baca :( maklum gak bisa bahasa inggris :( … coba dikirim ke saya ebooknya… entar saya baca… :D.. ayooo ngeblog mbak or mas… jadikan pembahasan soal OBE (Office BOy kali!! he he he) jadi postingan pertama anda… entar saya koment pertamaxxx!!!

  2. 2 canonsky Senin, 11 Juni 2007 pukul 6:19 pm

    menurut aku qi, justru kematian kita nanti bukanlah seperti ketiduran kita, melainkan bangunnya kita dari mimpi dalam tidur kita. kematian nanti akan membawa kita kepada sesuatu yang lebih nyata dan menyadarkan kita bahwa hidup kita selama ini cuma mimpi… how?

    kuwi dudu mati nu too… kuwi jenenge urip :d iyo ora? Mati yoch mati.

  3. 3 canon Selasa, 12 Juni 2007 pukul 5:15 pm

    hidup lebih nyata drpd mimpi
    mati lebih nyata drpd hidup

    mosok mati lebih nyata dri pada hidup… ah rapercoyo aku… hidup lebih nyata daripada mati dong menurutku to….

  4. 4 chiket Selasa, 12 Juni 2007 pukul 8:20 pm

    ya basa inggris donk..he..he..:) pembahasannya pake ‘bahasa’ psikology gitu..klo mau ntar tak kirim…tapi tak cari dulu ebooknya soale nyumput di hardisk lamaku..he..he..lha wong dah 2 taon yang lalu dapetnya..lupa ta taruh mana..my bad..:)

    ditunggu kirimannya… sudah tahu mail saya kan?

  5. 5 ARIEF Minggu, 24 Juni 2007 pukul 11:51 am

    MANUSIA TUH YANG SEMPURNA CUMAN CITA2NYA KENYATAAN NDAK SESEMPURNA APA YANG DIBAYANGKAN..MITURUT AKU SIH KALO DREAM
    NYA PADANG/JELAS RUNTUT EN TAHU ARAH2 KIBLATNYA BARANG,NAH ITU BARU PUNYA MAKNA,KALO KACAU NDAK BERMAKNA…SALAM

  6. 6 canonsky Senin, 16 Juli 2007 pukul 6:06 pm

    just like a dream qi….
    orang yang bermimpi pun mengira semua kejadian dalam mimpinya nyata. Jarang sekali orang yang sedang bermimpi sadar kalo dirinya sedang bermimpi dan yakin dia akan bangun dari tidur dan menghadapai bangun yang ternyata lebih nyata….
    simply like that…

    lah emang…. trus…

  7. 7 yud2 Senin, 14 April 2008 pukul 2:34 pm

    mimpi bisa aja terjadi karena:
    -suasana sekitar waktu kita tidur(misal le ada musik yg terdengar
    waktu kita tidur)
    -pemikiran kita(contohnya waktu mo tidur ingat pacar baru)
    jadi diambil kesimpulan mimpi merupakan hasil dari kerja otak kita!!!

  8. 8 diney Kamis, 19 Maret 2009 pukul 1:54 pm

    aku pengen hidup dalam dunia mimpi.. tapi bukan berarti gila..
    dalam khayalanku,, ada suatu tempat yang sunyi tentram, damai, pokonya impian banget deh.. pemandangan nya pun.. subhanallah.. tentram banget.. menyejukan.. atau kalo enggak kehidupan mermaidia atau awan gitu???

  9. 9 AbrahamNamuAsiamSawor Selasa, 28 April 2009 pukul 5:13 pm

    Aku emang si sering bermimpi tapi nggak pernah jadi kenyataan,Apa itu cuma sebuah kayalan,sebenarnya, kayalan ama mimpi sama aja bohong belakah.

  10. 10 Dreamer Kamis, 30 April 2009 pukul 10:24 pm

    Saya pernah bermimpi pergi ke rumah teman, dan di kamar mandinya saya membersihkan (maaf) kotoran ibunya yang tercecer di lantai kamar mandi. Ternyata esok harinya teman saya itu datang kerumah saya minta tolong dipinjamkan uang, karena ibunya sudah jatuh tempo janji hutang dengan orang lain. Saat itulah saya sadar/ingat mimpi saya tersebut, karena masih dalam waktu yg singkat. Ada juga mimpi2 yang artinya akan terlaksana dalam waktu yang lama.
    Mimpi yang paling berkesan adalah mimpi bertemu Nabi.
    Ada cara yg gampang jika ingin bisa mimpi2 indah/berkesan
    syaratnya cuma (bagi org islam) dalam keadaan berwuduk ketika akan tidur, jangan pakai celana pendek, khusus bagi yg sering ngiler (termasuk saya juga) agar mengganti sarung bantal tiap hari. atau (kalau kepepet) melapisi bantal dengan baju kotor yang belum dicuci (hal ini lebih baik/suci dari pada bekas iler basi kemarin malam)
    Bacalah doa2, tasbih, solawat dll seadanya sebelum tidur. InsyaAllah anda akan bermimpi indah (kayak mimpinya diney) dan mudah diingat walau setelah bangun

  11. 12 HENDRAWAN Sabtu, 26 September 2009 pukul 12:27 am

    saya kok kurang beruntung akir2 ini knp ya?saya pengen mimpi dapat no TOGEL 4 angka bisa gk?

  12. 13 rita Jumat, 25 Juni 2010 pukul 10:33 pm

    @mas chiket: mas saya boleh minta ebook yang OBE tadi?
    terima kasih..

    @mba canonsky: salam kenal..mba bertanya..”jarang ada orang yang sedang bermimpi ,sadar bahwa dirinya sedang bermimpi..?”
    jawabanya banyak mba, mungkin mba cuma ketemu beberapa orang..
    saya pernah mimpi, dan saya sadar saya mimpi, tapi saya tak bisa bangun, ingin rasanya berteriak tapi tak bia, gerak pun tak bisa, tapi aku melihat atap rumahku seperti TV, ada gambar mimpi ku, cerita dr mimpiku, tapi… aku sangat sadar aku bermimpi, butuh kekuatan untuk bangun..

    @mas haqiqie: salam kenal mimpi… hehee… mas bisa tak sadar kapan anda mimpi dan kapan anda sadar.. saya? saya tau kapan aku mimpi dan kapan aku sadar tapi aku tak bisa lepas dari semua.. heheeee….

    saya tak pernah tidur tanpa mimpi, kadang aku cape… pengen gak mimpi tapi gak bisa..

    mungkin Tuhan punya cara sendiri dalam menyampaikan pesan2NYA…

  13. 14 tasya Rabu, 2 Maret 2011 pukul 4:44 pm

    aku juga pernah ngalamin itu berkali2 bahkan sampai nggak bisa bangun … karena mimpi itu sudah tergabung ke dunia kita yang sekarang ini…

  14. 15 semedi Selasa, 22 Maret 2011 pukul 10:19 am

    ada tips gag,supaya saya bisa sadar d’dalam mimpi sy??

  15. 18 Andra Minggu, 8 Mei 2011 pukul 5:52 pm

    Aq jg brmimpi, tp yg buat aq heran, knapa ya mimpi aq bisa kenyataan tempat & dan kejadiannya , ! Sehingga aq jd takut untk bepergian krna takut mimpiku jd knyataan,0,

  16. 20 blogwriter Jumat, 9 Desember 2011 pukul 5:37 pm

    salam kenal mas,

    saya lagi mempelajari tentang dunia mimpi. pengalaman sadar bahwa sedang bermimpi memang ada. dan istilahnya adalah lucid dream. ada banyak agan2 kaskus yang mendalaminya. jadi anda tidak sendiri. dan OBE / OOBE juga dikenal sebagai astral projection (meraga sukma dalam bahasa kita)

    saya sendiri belajar tentang ini setelah mengetahui adanya keajaiban gelombang otak yang ternyata ada berbagai macam jenis. tetapi yang paling seru adalah gelombang alpha yang bisa digunakan untuk mempengaruhi orang lain.

    ada beberapa tulisan saya terkait hal ini di pusat informasi, mampir jg ya gan!

  17. 21 lucky Senin, 6 Februari 2012 pukul 8:51 pm

    jika anda ingin tau dan bisa mngontrol mimpi anda,,,, anda bisa searc di “lebih dalam seputar lucid dream” lucid dream adalah suatu kejadian dimana kita bisa tau kalau itu kita sedang berimpi,, dan kita masuk ke dimensi itu tentu ada taknik,nya tersendiri, kita di situ bisa melakukan apapun yg kia ingnkan,, misal kita ingin bertemu dg orang yng sudah meninggal, terbang, melukis di awan,,, kita bisa membuat skenario yg kita alami. menerik bukan.??

  18. 22 Angga Gondrong Rabu, 24 April 2013 pukul 5:55 pm

    makin bingung dan bingung…

  19. 23 putriarisusanthi Rabu, 8 April 2015 pukul 7:58 am

    Saya pernah tertidur siang hari, dan bermimpi bertemu dengan seorang wanita yang saya kenal di alam nyata, saya bermimpi wanita itu mengundang saya untuk datang ke rumahnya, kemudian saya datang ke sana bersama teman saya yang bernama Adi. Dalam mimpi itu saya mengobrol bertiga di depan rumah wanita itu. Setelah itu tiba-tiba Adi datang ke rumah saya dan membangunkan saya dari mimpi itu dan saya pun terbangun. Di alam nyata (saya sudah benar-benar terbangun), saya di-sms oleh wanita itu untuk datang ke rumahnya, sama seperti mimpi yang tadi saya alami, saya pun berangkat ke rumah wanita itu bersama Adi. Sesampai di sana saya terkejut, diam, dan heran. Apa yang saya lihat dalam mimpi saya tadi benar-benar saya lihat di alam nyata. Padahal saya sama sekali tak pernah datang ke tempat itu sebelumnya. Saya heran, bagaimana mimpi saya bisa dengan tepat dan akurat “meramalkan” apa yang akan saya alami di alam nyata? Dan, ini tak berlangsung sekali, masih banyak mimpi-mimpi saya yang menjadi kenyataan, dan sampai saat ini membuat saya semakin bingung. Kenapa hal ini bisa terjadi?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: