Yang Irasional, Yang Hanya Bisa Disimbolkan, Yang Benar-benar ADA

IA tak terpahami oleh nalar. Dengan demikian IA merupakan sesuatu yang sebenarnya tak terjangkau. IA bisa diperoleh dengan sesuatu yang rasional, akan tetapi IA dalam dirinya sendiri adalah sesuatu yang IRASIONAL. Segala macam penalaran bahkan sesuatu yang memiliki kecerdasan logika yang luar biasa, tidak mampu memahami secara keseluruhan atas keberadaan DIRINYA. Jikalau usaha-usaha untuk memahaminya dilakukan tanpa henti, hasilnya adalah kegilaan alias kematian.

IA hadir di kehidupan kita. Di bangunan-bangunan megah kita. Di pematang sawah. Di sepanjang jalan raya yang melingkupi dan menjadikan kita mudah bermobilitas. Di papan tulis maupun buku pelajaran. IA hadir dimana-mana selama disitu ada Ruang dan Waktu.
Bagaikan hantu yang tak kasat mata, IA ADA sekaligus tak mampu DICERNA dan DILIHAT.

Sekali lagi, IA IRASIONAL. Dengan kemampuannya yang benar-benar tak bisa dipahami tersebut IA kemudian disebut oleh banyak orang dan banyak ilmuan sebagai sesuatu yang IRASIONAL. Tak terpahaminya dirinya di kehidupan pemikiran kita menjadikan DIRINYA hanya bisa DISIMBOLKAN. Pengejawantahan dirinya tidaklah mungkin dalam bentuk yang bisa dicerna mata, hati, dan pikiran. Walaupun IA berasal dari sesuatu yang rasional, namun dari yang rasional tersebut IA mampu menjelma menjadi yang TAK RASIONAL alias IRASIONAL.

Tanpa banyak KATA lagi, saya persembahkan bagi anda sesuatu YANG IRASIONAL tetapi benar-benar ADA. Inilah DIA:

BILANGAN IRASIONAL

Kita tahu bilangan irasional tidak mungkin dijabarkan dengan sederet angka desimal atau apapun. Bilangan irasional semisal akar kuadrat dua, yang misalnya merupakan sisi miring sebuah segitiga siku-siku dengan panjang alas dan tinggi sama dengan satu, yang notabene merupakan bilangan rasional, merupakan sesuatu yang benar-benar ADA. Sebuah panjang atau ukuran selalu memiliki bilangan-bilangan irasional ini. Dengan demikian keberadaannya juga merupakan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan dan benar-benar ADA. Siapapun tidak bisa menyangkal hal ini. Dikarenakan sifatnya yang sedemikian sehingga tidak bisa diterjemahkan ke suatu deret desimal, ia hanya bisa disimbolkan. Akar kuadrat dua tidak bisa diganti dengan bilangan lainnya. Akar kuadrat dua itulah suatu simbol yang mewakili bilangan ini.

Komputer bila dipaksa untuk menghitung bilangan ini hanya akan menghasilkan suatu perhitungan tanpa akhir. Ia akan terus melakukan kalkulasi dalam ketakberhinggaan. Selama hidup anda pun hitungan bilangan irasional di komputer tidak akan pernah sampai pada esensi yang sebenarnya. Jika sudah demikian otak komputer atau prosesorpun bisa berhenti alias hang. Yang bisa dilakukan oleh komputer hanyalah mendekatinya sedekat mungkin namun tak pernah sampai kepadanya. Layaknya sebuah garis asimtotis yang hanya bisa didekati namun tak pernah menyentuh garis itu. Bilangan ini memang benar-benar seperti hantu. ADA sekaligus tidak nyata.

Matematika memang kadang kala mengejutkan kita. Untaian angka-angka dan aturan-aturan prosedural dalam dunia matematika sering kali menerbitkan kekaguman serta sensasi keindahan. Bilangan Imajiner, Transformasi Laplace, dan contoh yang lain membuktikan keindahan matematika. Ah, mungkin semua ini hanyalah mimpi. Saya juga tidak tahu.

Untuk Yang Irasional namun Nyata
Salam Tanya

Haqiqie Suluh

Iklan

9 Responses to “Yang Irasional, Yang Hanya Bisa Disimbolkan, Yang Benar-benar ADA”


  1. 1 Fadli Selasa, 12 Juni 2007 pukul 1:14 pm

    Jadi inget kuliahnya pak Damardjati Supadjar.
    *btw ,mas suluh pernah ikut ga?*

    sayang lum pernah ikut mas…

  2. 2 Evy Selasa, 12 Juni 2007 pukul 3:12 pm

    wow ngomongno bilangan…tak kiro ngomongno Sang Pencipta… iki saingan karo pak deking yooo

    he he he… kecewa ya mbak… maaf…

  3. 3 PeNnY Selasa, 12 Juni 2007 pukul 3:59 pm

    kayaknya lagi kangen ama bangku kul nih?!?! hehehe
    ngomongin angka aja kaya nulis sajak buat “rembulan”.
    kenapa ya ampe skrg blm jatuh cinta ama matematika? gimana caranya kak?????

    wah gak tahu saya pen.. matematikanya musti ganteng dan pandai merayu kamu kali… he he.. he.. btw, jangan bawa rembulan dong… malu kakak..

  4. 4 et-qu'a Selasa, 12 Juni 2007 pukul 6:44 pm

    hai, langit…
    bole juga nih pembahasanmu…lain kali bisa jadi seminar via net nih.. temanya apa yah yang tepat?

    wah kapasitas ilmu dan pemahaman saya lum nyampe untuk hal seperti itu mbak…

  5. 5 Bahar Sabtu, 16 Juni 2007 pukul 11:28 pm

    hehehe… saya terkejut, tapi benar adanya.

    gak perlu terkejut kan setelah tahu :D

  6. 6 cabun Senin, 16 Juli 2007 pukul 5:14 pm

    mas tulisan nyak bagus meski butuh perenungan.
    ini science tapi nyambung banged ma agama kali ya….
    saya copy bole kn mas ?

    cantumkan sumber aslinya ya… thank

  7. 7 joyo Senin, 16 Juli 2007 pukul 9:35 pm

    Tulisan yang mantabbbb :)

    mantap???


  1. 1 Bilangan Tak Terhingga: Pertanyaan dan Pemahaman « Suluh Numpang Nulis Lacak balik pada Minggu, 9 Desember 2007 pukul 8:29 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: