Kenapa Saya Tidak Begitu Tertarik Dengan Pemikiran Marx?

Mungkin bagi banyak orang pemikiran marx sangatlah menarik dan memberikan sebuah alternatif baru dalam memandang dunia atau mengarungi dunia ditengah arus kapitalisme yang sering ditolak oleh beberapa kawan saya. Marx memanglah sebuah figur yang menarik terutama bila dikaitkan dengan revolusi rusia yang memunculkan Lenin sebagai figur yang dikatakan mampu menerapkan ide-ide marx dalam tataran realitas sebelum akhirnya sekarang dikatakan “gagal dan runtuh”. Keruntuhan sebuah regim rusia tidak lalu menjadikan secara langsung sebagai indikasi bahwa pemikiran marx tidaklah lagi berguna dan bermanfaat. Banyak ramalan marx yang memang tidak lagi rasional dan menyentuh realitas namun saya juga siap mengakui bahwa dalam banyak hal marx juga benar. Semisal bahwa kekuatan buruh merupakan sebuah kekuatan yang patut dipertimbangkan dan tidak akan pernah hilang. Pemikiran Marx juga masih merupakan analisis konflik yang cukup banyak digunakan dalam memahami perpecahan atau peperangan atau hal yang sifatnya tidak stabil. Analisis fungsional dan struktural kadang tidak mampu memahami terjadinya hal ini. Tetapi sebenarnya bukan hal tersebut diatas yang menjadikan saya tidak begitu tertarik dengan pemikiran marx.

Sebagai seseorang yang menyukai perenungan ide yang berkaitan dengan pengalaman diri dan dunia, saya memang secara naluriah tidak begitu tertarik dengan ide-ide sosial marx. Saya lebih tertarik untuk membahas problem-problem diri dan realitas terlebih dahulu semisal melalui cara-cara atau ide-ide Hume dan Kant. Walaupun ide-ide atau wawasan-wawasan sosial memang cukup menarik untuk diperbincangkan akan tetapi saya memang lebih sreg dan cocok dengan situasi pembahasan yang memang benar-benar saya sukai dan saya alami sendiri. Pengalaman merupakan inti dari pengetahuan kita, setidaknya itu menurut pemikiran saya. Saya pernah mengenal sedikit ide-ide marx melalui beberapa buku maupun kawan saya, tetapi hal tersebut tidak menjadikan saya tertarik dengan pemikiran marx karena memang saya tidak tertarik dengan jenis pemikiran itu. Kenyataan ini tidak berarti saya alergi dan mentah-mentah menolak pemikiran marx seperti yang banyak orang lakukan. Saya hanya tidak tertarik. Mungkin hal ini berbeda dengan anda. Beda boleh bukan?

Dengan demikian saya juga tidak begitu tertarik dengan pemikiran-pemikiran sosial dari karya filosof yang lainnya semisal Filsafat politiknya John Lock yang merupakan cikal bakal demokrasi saat ini atau filsafat politiknya Popper (saya membacanya sambil lalu saja). Bagi saya problem diri dan pengalaman lebih menggairahkan saya. Dengan demikian alasan yang paling utama kenapa saya tidak begitu tertarik dengan pemikiran marx juga pemikiran sosial filosof yang lainnya adalah karena memang saya secara karakter dan subjektif tidak tertarik dengan permasalahan tersebut.

Penuh Senyum dan Damai

Haqiqie Suluh

3 Responses to “Kenapa Saya Tidak Begitu Tertarik Dengan Pemikiran Marx?”


  1. 1 etikesen Sabtu, 7 Juli 2007 pukul 8:47 pm

    saya sependapat dengan suluh bahwa pemikiran marx itu tidak menarik bukan karena apa2 mungkin, tapi karena pemikiran marx memang mbulet nggak ada juntrungnya yang bikin saya malah tambah pusing. bagi saya yang berotak pas2an cocoknya ya dengan pemikiran2 sederhana, pemikiran islam misalnya, dengan catatan pemikiran islam yang tidak terkotori oleh filsafat barat maupun filsafat timur, yang murni pemikiran islam saja

    ah alasan saya berbeda kok dengan anda…. baca kembali deh tulisan saya …. lagi…

  2. 2 almascatie Senin, 9 Juli 2007 pukul 4:16 am

    Ambil yang baik lupakan yang tidak baik :p
    *salam kenal*

  3. 3 Iwan Darmawansyah Minggu, 15 Juli 2007 pukul 8:19 pm

    …. problem diri dan pengalaman lebih menggairahkan saya. Realistis, berjuang memang sebaiknya dari diri sendiri. Toh akumulasi pemikiran dan perjuangan individu muaranya ke komunitas, bangsa dan bahkan dunia.

    Ayo mulai dari diri sendiri. Ayo Indonesia Bangkit!

    Salam kenal,

    salam kenal juga… ayoooo !!!!!


Tinggalkan Balasan

Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


