Monogami Sebagai Sebuah Kesetiaan: Takdir Genetis Anti Poligami

Secara ilmiah atau saintifik dengan mengikuti metode induktif, saya percaya bahwa monogami dalam beberapa hal dari kehidupan di dunia ini merupakan sebuah takdir genetis yang bersifat antipoligami. Dengan demikian hal ini mengandung arti bahwa seumur hidup dalam kehidupan itu monogami merupakan sebuah harga mati dan tidak mungkin lagi untuk ditawar-tawar. Monogami adalah kehendak hidup dan landasan hidup yang tidak akan mampu diubah dengan cara apapun baik itu melalu pemaksaan atau pembiasaan.

Ini tidak berarti bahwa jika sang jodoh (pasangan) itu tiada atau mati atau minggat atau tidak ada disampingnya, pasangan satunya kemudian akan secara mati-matian menjanda atau menduda atau menunggu kembali atau bangkit dari kematian sang pasangannya. Yang saya maksud di sini sebenarnya adalah ada kemungkinan dari pasangan itu untuk berganti pasangan jika pasangannya itu meninggal atau pergi namun tidak mungkin bagi dirinya untuk mendua dalam satu waktu sekaligus.

Jika seorang pasangan itu pergi maka ia bisa jadi dengan sebuah pembiasaan atau ketaksengajaan atau kehendak tertentu, akan mendapatkan pasangan yang lain. Pasangan yang pergi bisa tergantikan tetapi ketika ia telah mendapatkan pasangan yang lain ia tidak akan berpaling dari pasangan tersebut kecuali jika dipaksa karena sesuatu. Tidak ada poligami dalam waktu sekaligus. Yang ada hanyalah monogami. Ini merupakan sebuah karakter yang tidak mampu dilangkahi atau dihancurkan karena ini adalah titisan dari DNA keturunan.

Setelah membaca sejenak apa yang saya beberkan diatas, mungkin anda akan menyangkal dan menyanggahnya, tetapi saya yakin anda setidaknya akan mengangguk setelah saya memberikan penjelasan yang lebih lanjut berikut ini.

Di dalam paparan saya diatas, saya sama sekali tidak menyebut bahwa pasangan atau monogami tersebut merupakan kehidupan manusia. Saya hanya menyatakan bahwa monogami sebagai sebuah takdir genetis ada secara ilmiah induktif dalam kehidupan ini. Nah, monogami ini sebenarnya saya berikan kepada sebuah makhluk yang saya sering disebut burung dara atau merpati. Hmm, sudah lumayan ngerti kan alur ceritanya disini?

Kita tahu bahwa merpati (apalagi yang untuk keperluan merpati mail atau merpati balap) merupakan burung atau hewan atau kehidupan yang memiliki karakter setia terhadap pasangannya. Seumur hidupnya ia tidak akan melakukan poligami. Ia mungkin bisa saja berganti pasangan tetapi tidak mungkin ia akan mengawini atau berpasangan dalam satu waktu dengan dua atau lebih burung merpati yang lainnya. Secara indutifis dapat disimpulkan bahwa burung merpati memang dari sononya atau ditakdirkan untuk memiliki karakter seperti ini.

Merpati juga merupakan lambang kesetiaan yang banyak digunakan sebagai simbol atas percintaan abadi dalam kesetiaan hidup seseorang. Ini juga merupakan salah satu indikasi bahwa memang demikianlah apa yang terjadi di kehidupan merpati. Merpati selalu bermonogami. Merpati selalu setia. Merpati adalah pendukung real yang diam atas monogami, dan tentunya ia juga merupakan simbol bagi perlawanan atas Poligami

Anda pengen jadi merpati? Dalam hati kecil saya, saya juga mengiginkannya

Salam untuk Merpati atas Kesetiaannya

Haqiqie Suluh

Iklan

20 Responses to “Monogami Sebagai Sebuah Kesetiaan: Takdir Genetis Anti Poligami”


  1. 1 gantungtas Kamis, 12 Juli 2007 pukul 8:42 pm

    Seandainya orang seperti apa yang ada dalam tulisan ini, maka tidak ada lagi orang yang selingkuh. Maka dia akan setia seperti halnya merpati, yang tidak mendua. Tapi sekrang ditelivisi, banyak sekali berita yang isinya perceraian, akibat dari ketidak setian mungkin….

    walah… gak rame dong kalau setia semua… he he he

  2. 2 Jurig - Rebornm Jumat, 13 Juli 2007 pukul 2:21 pm

    poligami lagi ya … padahal aku baru aja nemu quote yg bagus neh :


    “Bigamy is having one “partner” too many. Monogamy is the same thing.”
    Anonymous

    *agak OOT ya … hehehehehe* :lol:

    bukan poligami lagi… tapi mono gami kok :smile:

  3. 3 Kopral Geddoe Sabtu, 14 Juli 2007 pukul 3:01 pm

    Yang melambangkan monogami, merpati :?
    Kalau yang melambangkan poligami, apa, ya? :lol:

    kucing kali ya? ha ha ha

  4. 4 Rizma Minggu, 15 Juli 2007 pukul 9:55 am

    Ini merupakan sebuah karakter yang tidak mampu dilangkahi atau dihancurkan karena ini adalah titisan dari DNA keturunan

    Ma jadi punya cita cita baru,,
    mau jadi ahli genetik,,!!!

    biar bisa nemuin cara nyotir orang yang punya DNA ini,, terus DNAnya dicontoh, dijadiin obat,, racunin semua orang pake obat anti-poligami,, :twisted:

    weleh weleh…. bagus juga tuh idenya :idea:

  5. 5 penny Minggu, 15 Juli 2007 pukul 11:17 am

    eh gak hnya merpati aj loh yg jd lmbng monogami&kesetiaan..
    Brung “murai batu” yg pny kicau merdu itu jg lmbng monogami. Kata mbah darmo (hehehe) ‘murai jantan’ gak akan ‘biarin ada betina lain yg msk ke sarang betina pasangannya, tuk mastikan kl psngnnya it sbg ratu di sarangnya. romantis gak tuh.. :-)
    btw, ntar kusalamin deh ama merpatinya (halah…)

    ah masih terkenal merpati kan dibandingkan murai batu… eh kalau itu sih keterlaluan monogaminya si murai batu… :smile:

  6. 6 d_sall Senin, 16 Juli 2007 pukul 12:51 pm

    monogami?poligami?yang jelas,aku pun masih bingung memihak yang mana.dulu aku pengin poligami,sekarang ogah.gak tau merpati atau bukan,yang jelas,aku pun aman-aman saja dengan poligami :D

    sing sabar sall… halah ngomong opo aku ki…

  7. 7 mega Senin, 16 Juli 2007 pukul 10:02 pm

    semua pasti pengen punya pasangan jiwa,cuma masalahnya kadang kita mendapatkan kebahagiaan pada pasangan jiwa orang lain…gimana dong????

    ha ha ha….. no comment….

  8. 8 Siu Elha Jumat, 20 Juli 2007 pukul 10:35 am

    mau nambahin binatang monogami ah…yaitu BUAYA..asli lo buaya adalah penganut fanatik monogami…ia gak akan meninggalkan pasangan sebelum mati salah satu. Itu kenapa dalam adat Betawi dijadikan simbol dlm acara pernikahan (Roti Buaya), Sayang di dunia manusia capnya terlanjur jelek “buaya darat” alias pleboi cap go mek…padahal dalam komunitas aslinya jauh dari pleboi apalagi yang kelas cap go mek…

  9. 9 Duncan Sabtu, 21 Juli 2007 pukul 7:50 pm

    Kita semua tau bahwa dlm “Ajaran Islam” (bukan agama islam red) bhw polygami tdk dilarang dan juga tdk dianjurkan. Hal ini berdasarkan firman Tuhan yang tersurat dalam “Al-Quran” yaitu kitab suci orang muslim yang merupakan salah satu dari 4 kirab-kitab yg harus di imani (di yakini keberadaannya).Jadi ber polygami itu hukumnya boleh2 saja, tapi ada syarat2nya bila ingin melakukannya. Karena Tuhan maha tahu dan maha bijaksana lah makanya makanya tidak ada larangan atau anjuran Tuhan mengenai polygami. Nah kita sebagai hamba yang yakin kepada Tuhan tidak berhak menentang kebijakan Tuhan tersebut. Jadi andaikata saya perpegang pada monogami boleh saja, tapi saya tidak boleh membenci atau menentang orang yg ingin berpoligami. Kalau kita menentang atau membenci orang yang berpolygami berarti secara tidak langsung kita menentang “Kebijakan Tuhan” yang selalu kita sembah. Apakah oknum atau pemerintah Republik Indonesia berani mengeluarkan peraturan yg menentang polygami?.

  10. 10 mamaendang Kamis, 26 Juli 2007 pukul 12:26 am

    salam kenal
    kalo yang ditanya para istri, jelas kita ikut yang monogami dong! tapi jawaban para suami tentu berbeda, dan kita harus menghormatinya, tetapi sebagai istri kita harus berusaha supaya para suami ga memilih jawaban polgami, gimana caranya? Jadilah istri yang luar biasa

    salam kenal…. wah berarti kalau para suami gak poligami istrinya luar biasa ya?? hmmm …

  11. 11 kopi Selasa, 14 Agustus 2007 pukul 12:05 am

    monogami bukan berati anti poligami lah
    saya sih pribadi memang lebih milih monogami ajah.
    tapi saya juga tetep menghargai poligami jika yg melakukannya bener-bener adil.

    klo merasa ga sanggup mending jgn, soale urusannya dunia-akhirat bakal di murkai.

    wallahu alam

  12. 12 B Ali Jumat, 24 Agustus 2007 pukul 4:25 pm

    Pertanyaan: Apakah Islam agama teroris?
    Jawaban: Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk menjadi teroris.

    Tetapi, di dalam Al-Qur’an, ada banyak sekali ayat-ayat yang menggiring umat untuk melakukan hal-hal yang tidak manusiawi, seperti: kekerasan, anarki, poligami dengan 4 istri, anggapan selain muslim adalah orang kafir, dsb. Sikap-sikap tersebut tidak sesuai lagi dengan norma-norma kehidupan masyarakat modern.

    Al-Qur’an dulu diracik waktu jaman tribal, sehingga banyak ayat-ayat yang tidak bisa dimengerti lagi seperti seorang suami diperbolehkan mempunyai istri 4. Dimana mendapatkan angka 4? Kenapa tidak 10, 25 atau bahkan 1000? Dalam hal ini, wanita tidak lagi dianggap sebagai manusia, tapi sebagai benda terhitung dalam satuan, bijian, 2, 3, 4 atau berapa saja. Terus bagaimana sakit hatinya istri yang dimadu (yang selalu lebih tua dan kurang cantik)? Banyak lagi hal-hal yang nonsense seperti ini di Al-Qur’an. Karena semua yang di Al-Qur’an dianggap sebagai kebenaran mutlak (wahyu Tuhan), maka umat muslim hanya menurutinya saja tanpa menggunakan nalar.

    Banyak pengemuka muslim yang berusaha menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an supaya menjadi lebih manusiawi. Tapi usaha ini sia-sia saja karena ayat-ayat Al-Qur’an itu semuanya sudah explisit sekali. Sehingga tidak bisa ditawar lagi. Disamping itu, pemuka muslim atau siapa saja yang coba-coba memberi tafsiran yang lebih manusiawi tentang Al-Qur’an pasti mendapatkan ancaman terhadap keselamatan fisiknya.

    Jadi umat muslim terjebak.

    • 13 lpy Kamis, 27 Agustus 2009 pukul 10:09 am

      maaf..saya rasa anda bukan orang islam, kalaupun orang islam saya yakin anda tidak tau apa itu islam, jadi siapapun akan percuma atau sia2 menjelaskan atau mendebatkan apa yg anda kemukakan..jadi saran saya klo anda bukan umat islam mending tanya langsung ke ahlinya atau anda orang islam saya merasa kasihan, jadi mendingan lebih banyak mengaji dan mengkaji tentang islam…wasalam…

  13. 14 Ihsan Maulana Rabu, 5 Desember 2007 pukul 10:21 am

    wah saya juga bingung nih pengennya sih monogami. tapi sepertinya satu wanita gak mungkin memiliki semua sifat yang kita inginkan. kadang tipe kita ada pada emapat wanita. jadi gimana dong. kan eman2. oh..ya, aku lagi bingun nih dengan calon istri;ada empat kriteria dan seprtinya terdapat dalam empat wanita. jadi gimana dong

  14. 16 ngobrolislami Rabu, 26 Januari 2011 pukul 2:06 pm

    KAWIN MUDA, POLIGAMI, DAN BANYAK ANAK
    Masyarakat di pedesaan banyak yang menikahkan anak perempuannya pada usia belasan tahun. Pada usia itu pula si cewek desa ini harus siap untuk menjadi ibu dengan anak yang tidak sedikit. Pembantu keluarga saya, menceritakan bahwa di desanya dahulu penduduknya tidak padat, namun sekarang penduduknya padat karena masyarakatnya memiliki banyak anak. Ada yang pake KB ada pula yang tidak pake. Sebenarnya ini adalah sesuatu yang tidak jelek, mempunyai anak itu hukumnya sunah. So, kenapa jumlah penduduk harus di kurangi, kenapa kawin muda dilarang, kenapa pula poligami dipersulit. Justeru dengan kawin muda, poligami, dan banyak anak, akan menyebabkan pertumbuhan populasi umat Islam. Sekarang saja, diperkirakan jumlah umat Islam mencapai 26% dari keseluruhan populasi manusia. Artinya, setiap empat penduduk bumi, salah satunya adalah umat Islam.

    Poligami adalah sesuatu yang di syari’atkan.

    “maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. “ [TQS An Nisaa’ 4 : 3]

    Jika kita lihat di Indonesia, perbandingan jumlah pria dengan wanita kira kira 1 : 5. jadi jangan sampai ada wanita Muslimah yang jadi perawan tua. Solusinya ya poligami.

    Umat Islam banyak yang mati karena perang dan bencana alam. Umat Islam butuh regenerasi. Dalam keadaan perang baik itu perang saudara maupun perang melawan orang Ahlul Harbi, akan ada banyak laki laki Islam yang terbunuh, dengan demikian akan semakin banyak wanita yang menjadi janda, akan semakin mencolok perbandingan pria dengan wanita. Disinilah pentingnya poligami, agar dapat melahirkan generasi Islam dengan jumlah yang besar serta agar ada yang menanggung hidup para janda.

    3700 bayi telah terlahir antara 27 Desember 2008 hingga 17 Januari 2009. Ketika Israel melakukan penyerangan yang menyebabkan meninggalnya 1412 rakyat Gaza, yang mayoritas wanita dan anak anak.

    Bulan Januari saja, terdaftar angka kelahiran tertinggi, dibanding bulan bulan sebelumnya. ”setiap tahun 50 ribu kasus kelahiran tercatat di Gaza, dan dalam satu bulan tercatat 3000 hingga 4000 kelahiran. Akan tetapi dimasa serangan Israel 22 hari, kami mencatat 3700 kelahiran dan pada sisa bulan Januari tercatat 1300 kelahiran. Yakni pada bulan Januari, terjadi peningkatan kelahiran hingga 1000 kasus.”

    Islam adalah agama yang pertumbuhan penduduknya paling tinggi. Berikut ini data statisticnya;

    ISLAM MERUPAKAN AGAMA DENGAN PERTUMBUHAN TERCEPAT DAN URUTAN KEDUA AGAMA TERBESAR DI DUNIA

    Muslim di Asia (1996)____________________1,022,692,000 (30%)
    Muslim di Afrika (1996)__________________ 426,282,000 (59%)
    Total Muslim di dunia (1996)______________ 1,482,596,925
    Total manusia di dunia (1996)______________5,771,939,007

    Persentase Muslim (1996)_________________26%
    Peningkatan Islam dalam persen (1994-1995)__6.40 %
    Peningkatan Christian dalam persen(1994-1995) 1.46%
    Total Muslim di dunia (1998)_______________ 1,678,442,000
    Prediksi jumlah Muslim di tahun (2000)______ 1,902,095,000

    PETA PENYEBARAN PERTUMBUHAN ISLAM

    Amerika Utara (1989-1998)_________________ 25%
    Afrika__________________________________ 2.15%
    Asia___________________________________ 12.57%
    Eropa__________________________________ 142.35%
    Amerika Latin____________________________ -4,73%
    Australia________________________________ 257.01%

    Dari empat orang di dunia ini, salah satunya adalah Muslim. Jumlah orang Islam telah meningkat 235% pada masa 50 tahun hingga mendekati 1.6 miliar.

    Perbandingan dengan agama lainnya;

    Islam meningkat_________235%
    Hindu__________________117%
    Buddha________________ 63%
    Kristen_________________47%

    Islam menduduki ranking ke dua agama terbesar di Perancis, Inggeris dan USA. (Muslim di USA 10juta dan Yahudi 6 juta)

    (Data diambil dari : The CIA World’s Facts Book)

  15. 18 Ericsya slank'eAn Selasa, 3 Mei 2011 pukul 12:03 am

    Asalammualaikum all,,, ^^
    100% buat coment’y ;
    B.Ali
    Rizma
    Ipy.

    Poligami t cuma bkin ank n istri trlntar,, cos gg da kyk’y wanita eang mau d madu,,,
    liyt aj klo ad d dlm 1 rumh 3 ato 4 istri.. W rsa,, psti ad eang nma’y iri ato cmburu.
    Igt kt ne cuma mNusia biasa buKn nabi eang bsa adil.
    Lkukn la bila anda mrasa sAnggup.. Tp igt..!!! stiap prbuatn psti d mintai prtanggung jwabn.
    KALAU MENURUT GUE,,MENDING LOE BUKTI’N KESETIAN LOE,,
    JGN CUMA NGOMONG DOANK WKTU PACRN JNJI S’HIDP SEMATI, TP SETELAH NIKAH SEMUA’Y LOE INGKARI,,
    monogamihargasampe’mmpus.com

  16. 19 Agamamu, agamaku demi kedamaian bersama Rabu, 22 Juni 2011 pukul 9:04 pm

    sebenarnya di dalam Al-Quran Monogami sangat dianjurkan oleh orang2 muslim. Islam memperbolehkan poligami dengan syarat harus bisa berperilaku “ADIL”, tidak boleh memaksakan Istri, & poligami dilakukan bukan semata2 atas dorongan seksual. memang benar Nabi Muhammad melakukan poligami tapi poligami yang dilakukan oleh Muhammad dilakukan adalah dengan niat untuk menyempurnakan pertolongan & membantu janda2 yg memang memerlukan bantuan. setelah Siti Khodijah Istri pertama Muhammad meninggal, Nabi kemudian menikah lagi dengan Siti Aisyah yang setelah itu Nabi Muhammad berpoligami dan perlu diingat juga bahwa ketika Nabi Muhammad berpoligami dengan menikah pada janda2 yang memang memiliki banyak tanggungan dan mebutuhkan sosok seorang suami dan ayah untuk anak2. Nabi Muhammad tidak memiliki anak dari hasil poligaminya.

    Allah memperbolehkan melakukan poligami tapi ingat poligami memiliki tanggung jawab yang besar dan harus berperilaku adil dan apabila Suami tidak bsa berperilaku adil dan bahkan mebuat salah satu Istri merasa ditelantarkan maka dalam Al-quran juga dijelaskan kalau si Suami akan mendepatkan siksaan dan JAMINAN MASUK NERAKA.

    banyak orang Islam yang melakukan poligami dengan alasan karena takut berbuat zina makanya mereka berpoligami walaupun menyakiti hati istrinya. pAdahal di dalam islam sudah banyak cara yang diajarkan agar bisa menahan dan membendung nafsu dari perbuatan zina yaitu dengan cara perbanyaklah BERPUASA dan beribadah karena dengan banyak berpuasa dan beribadah Insya4JJ I dapat menjaga dari perbuatan zina. percuma dong jika selama ini banyak orang muslim yang melakukan puasa pada bulan ramadhan tetapi setelah itu tidak bisa menahan diri dari berbuat zina dan malah melakukan poligami yang membuat derita istri, padahal puasa ramadhan juga dilakukan dengan tujuan agar umat muslim bisa terlatih mengendalikan. jadi ketahuan jika ada orang yang mendesak istrinya agar mau dimadu dengan alasan syariat nabi yang padahal dilakukan untuk memenuhi kebutuhan seksual maka orang itu pasti puasa ramadhannya nggak ada yang berbekas dalam dirinya(sia-sia). mereka itu sebenarnya sudah mencemarkan nama baik Nabi dan merusak Islam karena poligami nabi bukan seperti itu, dan sebenarnya siapa yang ditipu? Tuhan? Istri atau Umat? padahal sebenarnya orang itu menipu dirinya sendiri dengan membawa2 nama agama dan Nabi.

    Untuk yang beragama Islam silahkan perdalami lagi Al-quran dan penasirannya jika ada yang tidak tau silahkan tanya pada para ahli ulama yang jelas asal usulnya dan kompeten bukan cari ulama berdasarkan dari penamplan dan panjang jenggotnya. untuk yang Non-muslim yang ingin menjelek2kan agama islam silahkan anda mencacat2i atau menghina tapi perlu anda ketahui semakin anda menjelekkan agama Islam maka semakin yakin diri saya “kalau Agama Islam yang paling benar” dan semakin yakin diri saya kalau anda pasti adalah orang KOMUNIS karena saya yakin tidak ada satu agamapun di Indonesia mapun di Dunia yang mengajarkan untuk menjelek2an agama lain. “smua agama mengajarkan kebaikan”


  1. 1 keranjang kata Lacak balik pada Jumat, 13 Juli 2007 pukul 3:07 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: