Serangan Bot (Boot) pada Yahoo Messenger Mobile (di Hand Phone): Bahaya dan Penanganannya

Secara teoritis saya tahu bahwa boot (bot) yahoo messenger dapat digunakan untuk menyerang siapa saja yang memasuki dunia chatting yahoo messenger. Entah itu lewat chat client apapun atau lewat media apapun. Dan inipun termasuk lewat Yahoo Messenger Mobile (di Hand Phone). Untuk mengetahui seseorang sedang mobile atau chatting lewat handphone sangatlah mudah, hanya dengan melihat status seseorang di list messenger kita, kita bisa mengetahui dia chatting lewat handphone atau tidak.

Saya juga mengetahui bahwa menyerang pengguna yahoo messenger mobile atau yahoo messenger di hand phone merupakan sasaran empuk dan sangat lezat. Artinya kemumpunian atau keefektifan serangan boot (bot) dapat dijamin mampu membuat mereka disconect. Saya kok yakin lebih dari 99,99 persen serangan bot (minimal 10 id bot) ke pengguna handphone mampu membuat mereka disconec dari om yahoo dan akan sangat mungkin pula membuat handphone mereka hang (berhenti bekerja).

Kenapa saya begitu yakin dengan serangan bot ke handphone ini. Pertama adalah fakta bahwa handphone bukanlah komputer yang memiliki kapasitas prosesor maupun memory yang besar. Berapa sih kapasitas memori atau kecepatan prosesor di Hand phone? Sangat kecil dibanding dengan komputer pastinya. Untuk melakukan multi tasking (membuka dua aplikasi atau lebih dalam waktu yang bersamaan) saja handphone akan langsung tersendat sendat. Ini membuktikan bahwa handphone tidak memiliki kapasitas kerja yang bagus dan baik dibanding komputer. Handphone hanyalah komputer mini.

Hal kedua adalah koneksitas ke internet alias ke servernya om yahoo yang sangat kecil akan sangat mudah membuat mereka disconect. Nah, beberapa alasan inilah yang membuat saya berfikir bahwa secara teoritis pengguna yahoo messenger mobile sangatlah rawan terhadap serangan boot.

Suatu ketika seorang teman saya meminta saya untuk mengajarinya “bermain boot”. Nah saya pun setelah sekian lama dibujuk akhirnya mau mengajarinya atau lebih tepat menunjukkan bagaimana boot itu bekerja. Karena untuk menunjukkan kerja dari boot inilah saya memerlukan korban atau sasaran serangan. Oleh teman saya kemudian ditunjukkan salah satu temannya yang sedang online. Dan kebetulan dia online lewat handphone.

Karena sebelumnya saya belum pernah mencoba langsung serangan ke handphone ini maka saya pun ingin tahu seberapa besar efek serangan boot ini ke handphone. Setelah menyatakan bahwa saya tidak bertanggung jawab atas semua hal atau kejadian yang nantinya akan terjadi karena serangan boot tersebut saya pun menjalankan aksi serangan tersebut. Segala konsekuensinya saya serahkan ke teman saya tersebut. Dia mengangguk setuju. Dan sayangnya Dia dengan senyum diwajahnya malah mengirim pesan ke temannya bahwa sebentar lagi akan terjadi sesuatu. Hal ini menyebabkan temannya tahu siapa yang menyerangnya.

Karena secara teoritis saya tahu bahwa handphone sangat rawan pada serangan boot maka saya hanya menggunakan id bot sebanyak 17 buah. Bandingkan kalau serangan pc ke pc yang nyampe ratusan bahkan ribuan id bot. Singkat kata, serangan itu pun dilaksanakan.

Tidak sampai 5 detik sasaran langsung dilumpuhkan alias disconek. Teman saya tersenyum tapi setelah merenung sejenak, kemudian dia khawatir. Jangan-jangan handphonenya nanti rusak. Sebelumnya saya menyarankan agar temannya tadi yang terkena serangan tadi lekas-lekas membuka yahoo messengernya lewat komputer dan mengabaikan handphonenya. Sayangnya saran saya tidak ditindak lanjuti.

Selang beberapa hari, teman saya berkata bahwa handphone korban jadi hang dan sampai saat ini tidak bisa digunakan. Temannya marah habis-habisan. Saya sudah memperkirakan hal ini sebelumnya.

Untuk yang sudah familiar dan sering bongkar pasang isi handphonenya sih gak masalah. Tinggal instal ulang beres seperti komputer, itu kalau handphone cedera serius dan perlu masuk ICU . Tetapi hal ini bukanlah perkara mudah jika terjadi di handphone, terutama bagi yang buta instalasi dan software handphone. Anda perlu menyiapkan uang ekstra untuk proses instalasi ulang ini terutama yang tidak tahu cara-caranya. Apalagi software handphone berbeda-beda sesuati dengan tipe atau jenis handphonenya.

Nah, ini pengalaman langsung atas serangan boot yahoo messenger di handphone. Jadi anda musti berhati-hati. Beberapa saran yang dapat saya berikan adalah: pertama, pastikan anda online tidak dengan id yang biasa anda gunakan untuk ngeroom atau yang mempunyai list kenalan yang banyak yang anda tidak ketahui siapa yang baik atau yang tidak. Pastikan juga anda tidak membuat permusuhan dengan teman anda yang tahu id yahoo messenger anda atau mempunyai kenalan yang iseng. Kedua, walaupun serangan boot pada yahoo messenger mobile merupakan kejadian yang sangat langka, saya sarankan jangan online pake handphone jika tidak untuk keperluan yang penting. Ketiga: Keep invisible.

Jika hal ini terjadi pada handphone anda, lakukan hal hal berikut ini. langsung cabut batere handphone anda dan biarkan beberapa menit. Bukalah yahoo messenger anda tidak lewat handphone tapi by komputer (kalau komputer hang sih gak papa, tapi ini jarang sekali terjadi kalau hanya karena serangan boot yahoo). Nah setelah id bot yang menyerang habis keluarlah dari dunia yahoo messenger. Kembalikan batere handphone anda ke posisi semula. Dan hidupkan lagi handphone anda. Jika tidak parah handphone anda masih bisa berfungsi normal, saya yakin dengan hal ini. Kejadian rusaknya handphone karena serangan boot sangatlah langka. Apalagi hanya karena hang kok langsung rusak, ini jarang sekali terjadi.

Sekian
Semoga bermanfaat

Haqiqie Suluh

25 Responses to “Serangan Bot (Boot) pada Yahoo Messenger Mobile (di Hand Phone): Bahaya dan Penanganannya”


  1. 1 Evy Kamis, 19 Juli 2007 pukul 7:39 am

    walah jahatnya kirim2 boot, emang kurang kerjaan jahatin orang ya.. org OL di HP khan ada keperluan yg emang dia ga bisa pake HP atau sms… mudah2an ga ada yg kirim boot ke aku yo

  2. 2 greencenter Sabtu, 21 Juli 2007 pukul 12:49 am

    ajarin donk, om gue mau ta kasi boot,hehee

  3. 3 nonuz Senin, 30 Juli 2007 pukul 11:39 am

    aku di ajarin donk mainan boot…aku abis di gituin ma orang …

  4. 4 eeq Kamis, 9 Agustus 2007 pukul 3:22 pm

    klo gk salah pake y! intai ada jg kok di situ menu nyah tuh ngbwad boot org!! klo gk salah seh.. ehehehehh..

  5. 5 mas prast Senin, 20 Agustus 2007 pukul 12:22 pm

    Sssstt bahaya jangan suka main Bot 2x -an ntar d musuhin byk org loe :p, bkn -nya YM media u/ mencari teman sebanyak2 -nya. tull ga!!!
    Tp gw ada tips u/ menangkal bot ini,
    Pertama cari menu preferences > category : Ignore List > cek list “Ignore anyone who is not on my Messenger List”.
    Tuj siapa saja yg ngga ada di daftar alamat yahoo ga bs masuk.

    Semoga bermanfaat.

  6. 6 koka Senin, 20 Agustus 2007 pukul 12:43 pm

    cara menghilangkan virus pada Hp?
    misal sering kirim sms secara otomatis dan terus menerus. itu virus apa ya?

  7. 7 toro Jumat, 21 September 2007 pukul 8:22 pm

    Gimana tuh chating pake mobile?biasanya gw ke warnet… Tulung brow…

  8. 8 5akit Kamis, 1 November 2007 pukul 9:33 pm

    ni artikel yag baru ak cari kok cara2nya g adaya? apa cm kaya ngboot spt sesama kompi? thx

  9. 9 harry Sabtu, 15 Desember 2007 pukul 7:10 pm

    bagi yang ingin belajar boot ( disarankan jangan dipake iseng ) karena
    kasihan .. gunakan untuk balas dendam saja…..bagi yang berminat silahkan kirim e-mail ke harry_kasep@plasa.com….

    terimakasih

  10. 11 ariefgibran Kamis, 27 Maret 2008 pukul 8:06 pm

    keren neh…… bozzzzz di download bisa ga’.. .

  11. 12 ariefgibran Kamis, 27 Maret 2008 pukul 8:08 pm

    bozzzzzzzz. pa nama software ya.. bwt nge booooooooot di hp

  12. 13 Badot Inside Rabu, 16 April 2008 pukul 10:39 am

    walah…orang gak ada kerjaan itu mah, bawaannya usiiil mulu, makasih oom udah sharing

  13. 14 veri Selasa, 29 April 2008 pukul 4:35 pm

    hai mas suluh….numpang lewat nihh,,,
    mas suluhh…qu cuman mau tau aja nih mengenai boot…
    qu da berhadsil download..trus qu masukkan ID2 ya…
    dia example trus mas….gmn tuhh mas????

  14. 15 Suluh Rabu, 30 April 2008 pukul 11:03 am

    @veri: maksudnya example apa mas? masnya udah buat id bots sendiri belum?

  15. 17 cyietz Selasa, 20 Mei 2008 pukul 6:43 pm

    mas aku kalo browse yahoo dari hape…slalu forbidden…knp yaa??
    seblumnya ga knp2…tus situs laen bisa tuh…gmn dong?

  16. 18 Suluh Selasa, 20 Mei 2008 pukul 7:09 pm

    @cyietz: mbaknya pake browser apa? opera mini? or apa?

  17. 19 edankabeh Sabtu, 9 Agustus 2008 pukul 10:13 pm

    Oalaaaaaaaaaaaaaaah….dasar anak2…

  18. 20 rivzzz Senin, 25 Agustus 2008 pukul 1:16 pm

    ajarin dunk caranya ngeboot…pke software pa????….saya pengen bisa d dunia jaringan…

    bls y

    thankz

  19. 21 tashey Selasa, 9 September 2008 pukul 10:44 pm

    boot itu apa yah? caranya gimana? kalo aku ato temen aku online di ebuddy gitu emang sering dc (disconnect). apa itu karena boot jg? cara ngirim boot gimana? makasih ya hehe mohon dibales :D

  20. 22 king ucup Kamis, 18 Desember 2008 pukul 10:43 pm

    kl ym tiba2 ga bisa dibuka apa itu jg kena serangan boot?

  21. 23 wahyudhi Senin, 25 Januari 2010 pukul 7:46 am

    mau tanya nih….. gmn klo mau mengetahui chat history Yahoo Messenger teman/pasangan kita yg online dari handphone?
    makasih ya sebelumnya.. mhn dibales…

  22. 25 Nana sumarna Kamis, 9 Februari 2012 pukul 9:53 pm

    nie info sobattt,,,,

    thanks bgt ya….


Tinggalkan Balasan

Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


