Tips Kesehatan: Mengatasi Influensa (Flue atau Pilek) Ala Mahasiswa

Siapapun saya kira pernah terjangkiti penyakit yang satu ini. Tidak terkecuali presiden ataupun Perdana menteri saya yakin pernah kena penyakit influensa khususnya pilek. Apalagi para mahasiswa yang sedang merantau. Menjaga kesehatan seberapapun kuat dan rajin pasti pernah terserang virus influensa. Nah, apa yang sering saya lakukan berserta teman-teman saya ketika di kos-kosan dulu sewaktu virus influensa pilek ini menyerang?

Hidung meler karena pilek, hidung tersumbat ketika pilek, susah tidur karena nafas gak enak, dan lain lain adalah gejala-gejala influensa. Nah ketika gejala ini terjadi biasanya kami, para mahasiswa (masih saya lakukan sampai saat ini) tinggal membeli sebungkus indomie atau supermie atau salamie atau mie sedap atau mie pedas atau mie apapun juga dari warung atau toko kelontong terdekat. Jika tidak pengen repot pergi saja ke warung burjo atau warung-warung yang menyediakan indomie dan sejenisnya sekaligus layanan memasaknya.

Masak mie dengan cabe sebanyak mungkin (5 atau 6 cabe rawit merah lebih baik) sehingga ketika dimakan panas dan pedasnya cabe terasa sekali. Kalau perlu dikasih merica sekalian. Dengan cara ini biasanya ingus di hidung anda akan keluar semua dan hidung anda terasa plong. Dengan mempertahankan cara makan pedas seperti ini dalam 1 atau 2 hari jika virus anda tidak parah serta ketahanan tubuh anda lumayan baik, influensa anda tidak akan menyerang atau terjadi lagi.

Jagalah tubuh anda tetap hangat atau panas. Jangan berusaha untuk mmnbuang ingus atau pileknya dengan membasuh lewat air dingin (air untuk mandi atau minum). Jika anda ingin “sisi” (istilah jawanya) gunakan air hangat atau handuk hangat atau tisu hangat. Dingin akan menyebabkan pilek anda semakin bertambah parah. Dengan mandi uap panas air hangat atau menghirup uap panas juga bisa melegakan pilek atau flue anda.

Makan mie merupakan favorit saya dan saya kira juga banyak mahasiswa atau banyak orang menyukai makanan instan ini. Sembari menikmati lezatnya mie, anda juga bisa membikin badan anda lepas dari penyakit flue. Bermanfaat sekali bukan.

Jika pengen lebih berhasil sebelum makan mie dengan cabe pedas ini, lakukan renang di kolam renang sampai ingus anda keluar setelah itu lekas-lekas makan mie pedas atau yang bercabe banyak. Ini sering kali lebih berhasil terutama untuk beberapa teman saya.

Selamat Mencoba
Salam Sehat

Haqiqie Suluh

Iklan

16 Responses to “Tips Kesehatan: Mengatasi Influensa (Flue atau Pilek) Ala Mahasiswa”


  1. 1 etikesen Sabtu, 21 Juli 2007 pukul 10:44 am

    trims atas tipsnya, sepertinya ok punya bagi yang ga punya sakit magh

  2. 2 suprie Minggu, 22 Juli 2007 pukul 12:26 pm

    menurut gw boleh juga,bisa juga flu itu sembuh,tapi…ganti diare….hehehe

  3. 3 venus Selasa, 24 Juli 2007 pukul 7:12 pm

    waduh, cabenya segitu? opo gak mules? :D

    ya mules mungkin kalau yang belum terbiasa atau bukan penyuka pedas, atau yang anti pedas… :smile:

  4. 4 anas fauzi rakhman Senin, 30 Juli 2007 pukul 6:27 pm

    kalau renang bayar dong, mahasiswa kan irit

  5. 5 bulan Kamis, 23 Agustus 2007 pukul 11:41 am

    renang? yang ada aku bukannya sembuh. Tenggelem kali. abis cuma bisa renang gaya batu.

  6. 6 hAnna Selasa, 25 November 2008 pukul 10:42 am

    ahh..masa seh bisa gt..???
    aQ hanpir tiap bln kena pilek…
    sebulan bisa 2 kali aQ kena pilek…
    saran ibu seh ok..
    tp keluarin ingusnya itu cm sementara buu…..

  7. 7 Mampir Ngombe Minggu, 4 Januari 2009 pukul 9:51 pm

    Tenkyu tipsnya..saya lagi flue mas..

    Alahmadulillah saya masih mahasiswa…di universitas kehidupan..

  8. 9 rifal Minggu, 24 Oktober 2010 pukul 1:12 pm

    aq jga hampir tiap minggu kena filek,apa solusinx

  9. 10 yunita Jumat, 29 Oktober 2010 pukul 3:57 pm

    minta tips mengatasi maag dooooooooooooooonk………………….

  10. 12 youdhai Selasa, 22 Februari 2011 pukul 6:56 pm

    wow..
    masak makan pedes bisa nyembuhin pilek sih ??.

    tapi perlu dicoba tipsnya ..

  11. 13 Elly Sabtu, 5 Maret 2011 pukul 12:45 pm

    Wah,,saya lagi flu nih,,mau coba deh

  12. 14 yundra Jumat, 1 April 2011 pukul 5:26 pm

    mantaf banget tips nya.
    biasanya kalau saya setelah makan yang pedes banget dilanjutkan dengan minum es jeruk segelas kecil yang asem banget.
    selain untuk menanggulangi pilek juga untuk mengurangi kemungkinan sakit perut seabis makan pedes.

  13. 15 There Blangu Selasa, 31 Juli 2012 pukul 6:43 pm

    kalau yang suka pedas cabe segitu nda’ ada rasanya…bro..!!!
    kalau dah biasa kena pedas gak bakaln meler..tuh hidung,kalau aku bikin mie bisa kasih cabe.15 cabe ndak meler tu ingus.

  14. 16 Perhitungan Masa Subur Senin, 19 Januari 2015 pukul 12:17 am

    nice info berguna sekali untuk saya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: