Jogo Awakmu Jogo Nasibmu, Jaga Badanmu Jaga Nasibmu

“Jogo Awakmu, Jogo Nasibmu”. Jagalah badanmu serta jagalah nasibmu. Kalimat petuah yang penuh hikmah ini keluar dari mulut salah satu temanmu begitu saja. Tidak ada angin tidak ada hujan. Tanpa prolog apapun, ia menceritakan begitu saja perihal keluarganya, keluarga yang tinggal jauh di sebuah desa di pinggiran kabupaten purworejo.

Temanku ini adalah mahasiswa semester akhir dari sebuah perguruan tinggi negeri di jogja, maka ia mau tidak mau harus memiliki suatu pondokan yang dapat dijadikah tempat berlindung sementara di kota pelajar ini, sampai ia lulus nanti. Karena ia tinggal jauh dari orang tua maka ia tidak dapat bertemu dengan kelurganya setiap saat. Hanya satu minggu sekali ia dapat pulang ke desanya, kadang-kadang hanya 2 atau 3 minggu sekali.

Suatu hari ia pulang ke kampung halamannya dan bercengkramalah ia disana selama beberapa. Setelah dirasa cukup melepas kangen dan segala macam perasaan serta cerita yang ia bawa dari rantau maka ia kemudian berpamitan untuk meninggalkan desanya dan pergi ke tempat pondokkannya di jogja serta melanjutkan studinya di kota pelajar tersebut.

Jogo awakmu, jogo nasibmu. Demikianlah satu-satu nya kalimat dari ibunya ketika beliau melepas kepergian dari anaknya tersebut. Singkat padat dan penuh hikmah yang terkandung di dalamnya. Kontan saja temanku tersebut terhenyak sekejap dan berkata dalam hati,” menusuk sekali kata-kata ibuku”.

Kalimat itu memberi penekanan lebih, menurut apa yang tersirat dari pembicaraan dengan temanku itu, ada pada kalimat yang ke dua. Jogo nasibmu. Kalimat ini mengandung arti bahwa nasib dan takdir kita ada di tangan kita sendiri. Masa depan yang akan menyambut merupakan tanggung jawab dari diri kita sendiri dan amat tergantung dari cara kita membawa diri kita sendiri. Pesan yang luar biasa. Secara tidak langsung aku jadi tersadar ke kalimat suci, bahwa Allah tidak akan merubah suatu kaum jika kaum itau tidak mau merubah dirinya sendiri terlebih dahulu.

Aku pun tersadar, dan Mungkin Dia juga tersadar. Ada yang musti kita selesaikan kawan.

Teruntuk Yodjana atau Ikan, seorang teman
Dari Catatan Lampau
Tertanggal 15 Desember 2004

Haqiqie Suluh

Iklan

4 Responses to “Jogo Awakmu Jogo Nasibmu, Jaga Badanmu Jaga Nasibmu”


  1. 1 joyo Senin, 13 Agustus 2007 pukul 10:25 pm

    setuju, kita punya kontribusi besar dalam ngukir masa depan kita.

  2. 2 rivafauziah Rabu, 15 Agustus 2007 pukul 6:47 pm

    Hmm… Petuah yang penuh Makna..Oogo Awakmu Jogo Nasibmu – Sing Andap lan Asor…. Ojo Adigang Adigung Adiguno….
    Salam..

  3. 3 liezmaya.web.id Senin, 20 Agustus 2007 pukul 1:07 pm

    hmmm cukup dalem tuh :D

  4. 4 mazarif Senin, 20 Agustus 2007 pukul 1:12 pm

    Bener juga petuah-petuah orang tua dulu..hik..hik..awakku ora dijogo, nasibku…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: