Mengatasi Keylogger: Spesial dan Khusus untuk Keyword Penting

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, keylogger adalah mesin atau software yang dipasang atau diinstal di komputer agar mencatat semua aktivitas yang terjadi pada keyboard (bekerja diam diam alias tidak terketahui oleh kita secara kasat mata). Apapun yang anda tuliskan atau ketikkan akan tampil dan tersimpan dalam keylogger tersebut. Manfaat buruk keylogger adalah digunakan untuk mencuri password dan username atau bahkan bisa juga untuk mencuri nomor credit card. Beberapa keylogger juga dilengkapi untuk mengirim hasil tangkapanya ke email tertentu. Akan tetapi keylogger bisa juga digunakan sebagai sarana back up data. Maksudnya anda bisa saja ketika mengetikkan sesuatu tiba-tiba software ketikan anda rusak atau not responding dan anda kehilangan hasil ketikan anda. Anda sudah mencoba merecovery (kalau pake word ada autorecovery kan??), tetapi tidak semuanya bisa berhasil anda selamatkan. Nah dengan keylogger anda bisa mengembalikan hasil ketikan susah payah anda. Anda juga bisa menggunakan keylogger untuk mengawasi aktivitas anak anda ketika menggunakan komputer. Misal situs-situs tertentu yang anda larang untuk dibuka. Tentunya keylogger yang dilengkapi dengan fasilitas ini.

Dalam percobaan kecil saya, saya menginstal beberapa keylogger tertentu dikomputer saya. Ternyata banyak juga yang sebelum diinstal saja, alias baru diliat foldernya, keylogger tersebut langsung dikenali oleh antivirus Norton Saya (Update Virus definition terakhir tanggal 23 Agustus 2007) dan langsung didelete. Namun ada juga beberapa buah keylogger yang sukses terinstal dan tidak bisa dideteksi oleh Antivirus saya. Dengan demikian, antivirus sebenarnya bukanlah jaminan utama komputer bisa bersih dari software yang memiliki sifat “mencuri informasi ini”. Saya gunakan software keylogger killer juga tidak mempan untuk mematikan semua keylogger. Tidak ada jaminan 100% bahwa sebuah komputer bisa bebas dari kegiatan illegal.

Dalam situasi penting dan kadang riskan anda sering kali membutuhkan password dan koneksi internet untuk melakukan sesuatu transaksi atau aktivitas. Internet yang untuk publik atau bisa dipakai siapa saja komputernya akan sangat rawan pada kegiatan “illegal”. Misalnya komputer di warnet (atau kantor) dipasangi keylogger sehingga aktivitas anda terpantau dan tidak lagi rahasia. Password anda bisa dicuri dan disalahgunakan. Seberapa komplex dan rumitnya password anda pasti bisa diketahui dengan software ini. Saya terkadang lebih aman bermain di warnet yang dilengkapi dengan perangkat deepfreeze atau cleansheat atau norton goback or ghost, dari pada warnet yang tidak dilengkapi dengan engine ini, karena dengan adanya mesin ini saya tahu bahwa keylogger dan virus dapat diatasi atau minimal dikurangi dan dihilangkan sementara, (kecuali jika admin warnetnya brengsek mengintal keylogger duluan sebelum deepfreeze diaktifkan) asal kita restrat dulu komputernya, walaupun tentunya saya juga kerepotan jika pengen mengintal software tertentu dan menggunakan kembali.

Keylogger kadang atau dalam pengalaman saya tidak bisa mendeteksi kopi paste. Dengan demikian anda bisa mengakali keylogger dengan mengkopipastekan password anda. Ini berguna jika anda tidak begitu percaya pada komputer yang anda gunakan. Lebih aman lagi jika anda membuat suatu kumpulan kata atau huruf yang banyak yang di dalamnya terdapat kata untuk username anda sekaligus paswordnya. Bisa juga anda pecah-pecah passwordnya menjadi beberapa bagian. Dengan cara ini keylogger pasti tidak bisa mendeteksi password anda.

Akan tetapi keylogger kadang kala dilengkapi dengan screen shot tertentu yang bisa disetting kapan waktu mencaptur image dari screen komputer kita. Nah dengan cara ini password kita juga bisa diketahui jika kita menyimpannya tidak dalam bentuk yang komplek atau mudah dikenali. Cara mengatasinya sisipkan atau lebih baik pecah-pecah kata password dan username anda menjadi beberapa bagian (lebih komplek dari cara pertama) dan baru kemudian anda kopi pastekan bagian-bagian password maupun username satu per satu.

Tapi saya yakin anda akan tidak nyaman dengan mengikuti petunjuk saya diatas. Saya cuma bisa berkata: Ingat!! Keamanan sering kali berbanding terbalik dengan kenyaman.

Saya Tidak Akan memberikan contoh! Baca baik-baik dan penuh konsentrasi. Baru anda Praktekkan!! Selamat Mencoba

Salam Cerdas

Haqiqie Suluh

Iklan

28 Responses to “Mengatasi Keylogger: Spesial dan Khusus untuk Keyword Penting”


  1. 1 Luthfi Sabtu, 8 September 2007 pukul 11:49 am

    :-)

    sudah pernah cb
    mmg bnr apa yg dikatakan o/ ybs

  2. 2 sky Sabtu, 8 September 2007 pukul 4:11 pm

    yang agak sulit adalah mendeteksi adanya keylogger dikomp yg kita pakai.
    beberapa keylogger mempunyai option untuk menghilang dari “add or remv prog” maupun task manager sehingga kita kesulitan mendeteksi maupun menghilangkan keylogger trsbt.

  3. 3 peyek Sabtu, 8 September 2007 pukul 8:23 pm

    ehm..jadi ribet kalo ke warnet

  4. 4 Kampret Nyasar! Minggu, 9 September 2007 pukul 12:15 am

    Wah kudu extra hati-hati.. salah satu preventifnya adalah nggakpake shared computer untuk transaksi di internet… :-)

    Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Afrika Barat
    ————–
    PS: Ohya, Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.

  5. 5 jenal Senin, 17 September 2007 pukul 12:08 pm

    lah la softwarenya ada ga bos,kirimin donk.

  6. 6 xigendenx Selasa, 30 Oktober 2007 pukul 7:00 pm

    hai salam kenal suluh…..langsung aja nich aku mau nanya tentang..komputer dikit aja leh kan …gimana caranya menghapus komponen yang tidak muncul di add or remove windows component biasanya kan ada program yang ter instal akan tetapi ia tidak muncul pada addor remove windows sekian terima kasih say tunggu jawabanya

  7. 7 Suluh Rabu, 31 Oktober 2007 pukul 8:41 am

    hapus manual aja… registernya dihapus.. trus file2nya juga dihapus… biasanya gak ada removenya coz uninstal menunya ilang atau kehapus…

  8. 8 naisioxerloro Kamis, 29 November 2007 pukul 5:31 pm

    Hi.
    Good design, who make it?

  9. 9 elfen_rou Jumat, 9 Mei 2008 pukul 9:01 pm

    bagus tuh,idenya
    pa lg dikombinasiin pake macro recorder di stealth mode,
    padahalkan seru thawed deepfreeze buad nginstal keylog dah gtu aktifin lg dfna,pake script dkt buat ngmbat privilleugena n_n

  10. 10 taqin Selasa, 17 November 2009 pukul 5:10 am

    wah perlu dicoba nih sob, pengentau juga bagaimana cara mendeteksi keberadaan keylogger

  11. 11 Pramana Jumat, 22 Januari 2010 pukul 4:21 pm

    DETEKSI JIKA PC DIPASANG KEYLOGGER: Sofware gratis, namanya: KL DETECTOR VERSI 1.3….Search aja di GOOGLE…key

  12. 12 Pramana Jumat, 22 Januari 2010 pukul 4:27 pm

    Hasil dari KL-DETECTOR….di PC saya , karena saya pasang KEYLOGGER:
    KL-Detector has found some suspicious files:
    C:\DOCUME~1\AxiOO\LOCALS~1\Temp\GLG4F.tmp
    C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\MPK\1\D0000
    C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\MPK\1\D0000-journal

    Please check; someone might have installed a keylogger on your computer!

    You MAY want to take a look at:
    C:\Documents and Settings\AxiOO\
    C:\WINDOWS\system32\config\
    C:\DOCUME~1\AxiOO\LOCALS~1\Temp\
    C:\DOCUME~1\AxiOO\LOCALS~1\
    C:\Program Files\Corel\Paradox 9 Runtime\
    C:\Program Files\Corel\Paradox 9 Runtime\Programs\
    C:\System Volume Information\_restore{7FF7BCD9-5D1A-44A1-8E18-609D7A50BBAC}\RP16\
    C:\WINDOWS\
    C:\System Volume Information\_restore{7FF7BCD9-5D1A-44A1-8E18-609D7A50BBAC}\
    C:\WINDOWS\system32\
    C:\WINDOWS\Corel\
    C:\
    C:\Transtool\
    C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\MPK\1\
    C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\MPK\
    C:\WINDOWS\Prefetch\

    INILAH YG MENYEBUTKAN BAHWA PC ANDA DIPASANG KEYLOGGER:
    Please check; someone might have installed a keylogger on your computer!

    terima kasih penjelasan saya

    • 13 Jaka Pramana Jumat, 8 Oktober 2010 pukul 10:39 am

      SALUT…SEPENDAPAT DGN KAMU BRO….HUEBAT….SOALNYA AKU JUGA PAKAI KL-DETECTOR….ampuh menembus segala KEYLOGGER dimana terpasang…….

      Butuh waktu cuma 2 menit untuk mendeteksi keylogger….dan hasilnya seperti diatas.

  13. 14 iswady Senin, 25 Januari 2010 pukul 10:34 pm

    Thanks, soalnya baru aja warnet gw kebobolan

    • 15 Jaka Pramana Jumat, 8 Oktober 2010 pukul 10:49 am

      Biar ga kebobolan pasang DEFFREZE versi akhir / lebih tinggi bro VERSI 6.62.020…soalnya percuma kalo di warnet di pasang DEFFREZE versi 6.61.030 lama/umum ….KNAPA PERCUMA? soalnya mudah dan gampang di UNINSTAL pakai yang VERSI LEBIH TINGGI, walaupun DEFFREZE yang anda instal sdh anda PASSWORD……caranya pakai DEFFREZE REMOVER…..

      Kalo saya mau curang, bilamana di suatu tempat / warnet di pasang DEFREZE versia bawah,,,,udah dech aku jalankan DEFFREZE REMOVER dulu, baru aku pasang KEYLOGGER ….ehhehehhe JAHAT ga boleh.

      CATATAN: DEFFREZE VERSI LAMA walao di PASSWORD….tetap mudah di hajar atao di UNINSTAL pakai DEFFREZE REMOVER…selamat mencoba

      Terima Kasih

  14. 16 sumber inspirasi Jumat, 2 April 2010 pukul 9:42 am

    Kalau untuk mendeteksi mungkin bisa kita gunakan Ctrl + Shift + Alt + K (di tekan secara bersamaan), kalau ada keylogger yang terpasang, akan muncul perintah untuk unlock dan memasukan password.

    • 17 Jaka Pramana Jumat, 8 Oktober 2010 pukul 10:36 am

      Ctrl + Shift + Alt + K itu adalah SETTING DEFAULT….tapi kalo si pemasang KEYLOGGER merubah settingnya dan sdh di kasih password…mana seh kamu bisa deteksi keyyloger…..>>> GUANAKAN AJA KL-DETECTOR….akan mengetahui dimana KEYLOGGER tersebut di pasang,,,,selanjutnya tinggal UNINSTAL…Beres kan….BUKTIKAN

      Terima kasih, sekedar info.

  15. 18 cristo Minggu, 2 Mei 2010 pukul 11:47 pm

    aq mau tanya kk… gmana cara untuk unistall keylogger thx sebelumnya

  16. 19 monz_radith Selasa, 25 Mei 2010 pukul 10:42 pm

    hatur nuhun sadayana ..bwt inspirasi ma temend smua thanks bwt infonya :)

    kalo ada yang bagus2 ag tolong di posting :P

  17. 20 pangeran jauh dimata Senin, 6 September 2010 pukul 10:37 am

    huuufffft ,,,ne lah resiko ny maen internet ….
    klo msi mo ttap maen internet y gni resiko nya ..
    tpi klo internet gak di gunakan ,,buat pa internet di cipta kan ???

    jjur sbnar nya gw jdi tkut juga negh ……

  18. 22 Jaka Pramana Rabu, 29 September 2010 pukul 2:36 pm

    SETUJU dgn PRAMANA…. saya sdh lama pakai KL-DETECTOR…hasilnya ampuh untuk mendeteksi aanya KEYLOGGER jika di pasang di PC.

    Saran saya kepada semua yang takut dengan KEYLOGGER, karena saya sudah mencoba dari beberapa jenis KEYLOGGER lebih dari 85 macam. Dan hasilnya KEYLOGGER tidak bisa mendeteksi USERNAME DAN PASSWORD caranya seperti Mas SULUH bilang,…Yaitu main COPY PASTE.

    Caranya: Username boleh diketik di tempat kolom username seperti biasa. Tetapi usahakan untuk pengetikan PASSWORD, ketikan di kolom / atau di tempat yang kosong dengan secara acak atau tambahan2 huruf.

    CONTOH: Username: predio86@yahoo.com >Ketik seperti biasa.
    Password: predi > Ketik dikolom lain dgn cara tambah2in huruf baru di copy paste ke kolom PASSWORD. Contoh: abgcdpredi1234mkdhj <<< kata predi di copy paste.

  19. 23 hendri Rabu, 16 Maret 2011 pukul 4:50 pm

    ya sependapat dengan temen2 sekalian…
    tapi coba jg pakai software bawaan windows yang disitu ada virtual keyboard…
    keylogger gak bisa tuk ndeteksi…
    karena cara kerjanya keylogger sendiri temen2 sekalian udah tau,,,
    jadi lok dah tau cara kerjanya tu software,,, kita bisa menganalogi dmn kira2 celah dari software tersebut…

  20. 24 Simpel Minggu, 6 November 2011 pukul 4:57 pm

    mantep dah tips nya, pake kl-detector ya, langsung di coba nih

  21. 25 Mahfudin Senin, 13 Februari 2012 pukul 5:14 am

    Kayaknya post nya harus dirubah mas… Kemarin2 sya nemuin keyloger yang bsa merekam copi paste ko

  22. 26 aditya Rabu, 14 Maret 2012 pukul 9:41 am

    bang punya software untuk deteksi keylogger?

  23. 27 papanjalan Sabtu, 31 Maret 2012 pukul 5:15 pm

    Kalo dengan cara meng FORMAT windows bisa ilang ga keyLogger nya…. tolong sarannya

  24. 28 gunawan Rabu, 13 Juni 2012 pukul 10:33 pm

    setelah di instal hrus di apain lgi yah,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: