Memahami Google Hack: Untuk Pemula

Kadang karena sebuah “kebetulan” saya kesasar ke situs situs yang dianggap oleh sebagian orang sebagai sarangnya para hacker cracker defacer atau sejenisnya. Dari sanalah kemudian saya sedikit mengerti tentang beberapa kegiatan atau proses pencarian lubang keamanan sebuah system. Walaupun saya sama sekali tidak tahu programming (dulu sih diajarin di kuliah bahasa c, tapi sama sekali gak pernah saya kembangkan dan dalami sehingga saya jauh dari paham, berbeda dengan teman teman saya, yang sebagian besar berkembang dan malah menjadi ahli dibidang programming. Ada yang jadi freelance programmer, ada yang jadi Ahli Java di perusahaannya dan lain sebagainya, sedang saya sendiri malah asyik blogging dan  browsing sana sini, kalau ada waktu pasti saya akan belajar lagi, doakan ya), saya cukup mengerti alur cerita dan pemahaman dari proses proses hacking cracking maupun defacing tersebut. Salah satu yang termudah dan gampang ditiru adalah proses atau aktivitas hacking atau cracking dengan menggunakan situs search engine terbesar saat ini: Google Seach Engine. Penggunaan Google untuk proses hacking atau cracking ini menjadi sebuah proses yang lumayan menarik sampai sampai para penggila google dari para hacker atau cracker menamai proses ini sebagai GOOGLE HACK.

Nah, saya disini tidak akan menyampaikan cara cara, atau bagaimana GOOGLE HACK itu dilakukan secara detil. Saya hanya akan memberikan satu dua contoh cara GOOGLE HACK sebagai pelengkap pemahaman dari proses GOOGLE HACK itu sendiri. Maksudnya adalah saya disini hanya berusaha memahami apa itu yang dimaksud dengan GOOGLE HACK dan bagaimana GOOGLE Hack itu bisa terjadi. Terlebih dahulu saya akan membahasa bagaimana GOOGLE melakukan proses pencarian dan penyimpanan sehingga bisa menghasilkan data yang kadang “berbahaya”. KEmudian saya akan mencontohkan sedikit proses google hack itu yang paling mudah dan simple karena tidak memerlukan tidak lanjut dari proses google hack. Kadang proses google hack itu cuma sebagai pembuka jalan proses hacking atau cracking alias dibutuhkan keahlian dan proses tertentu untuk bisa benar benar menghack suatu web atau sejenisnya.

Mari kita membahas bagaimana google menyimpan data dari web atau blog kita atau halaman halaman web. Pertama google akan mengirimkan bot atau crawler yang akan mencari dan kemudian menyimpan setiap halaman yang ia temui atau ia singgahi ( dengan beberapa perkecualian yang bisa kita abaikan disini). Selama ada link dari blog atau web di dalamnya, sang bot google akan memasukinya dan kemudian menyimpannya dalam deretan lemari penyimpan dia (ini sering disebut sebagai proses mengindex / indexing). Nah pertanyaan yang paling penting disini adalah: Bagaimana jika ternyata sang google bot atau search engine craweler ini ternyata “menemukan” atau “memasuki” halaman halaman yang bersifat “rahasia” dan kemudian menyimpan halaman tersebut di rak lemari penyimpanan dia? Atau sang crawler menemukan halaman “yang potensial” untuk dirasuki celah keamanannya?

Nah itulah yang sebenarnya terjadi. Ketika bot google menyimpan halaman berbahaya tersebut, maka karena rak lemari google tersebut dapat diakses oleh siapa saja asalkan tahu dengan tepat “keyword” atau “alamat” dimana halaman itu disimpan, siapapun bisa melihat dan mengakses halaman “berbahaya” tersebut. Inilah sebenarnya yang dinamakan GOOGLE HACK.

BTw Setelah saya pikir pikir saya tidak jadi untuk memberikan contoh dari proses google hack ini ditulisan ini.  Sebagai referensi anda dapat mengunjungi situs / blog atau halaman berikut untuk lebih memahaminya dan mencoba GOOGLE HACK:

http://johnny.ihackstuff.com/ghdb.php

http://th0r.info/?p=80

Disana anda akan menemukan contoh contoh dari GOOGLE HACK. Disini saya juga belum mengulas tentang apa itu GOOGLE DORK. Lain waktu mungkin

30 Responses to “Memahami Google Hack: Untuk Pemula”


  1. 2 Suluh Jumat, 16 Mei 2008 pukul 4:15 am

    @zoel: silahkan dicoba entar juga tahu kok mas..

  2. 3 darkpluto Jumat, 16 Mei 2008 pukul 8:20 am

    Google hack y? wah keren sepertinya nih. tapi koq ngga jadi kasih contohny? mungkin ada alasan?

  3. 4 Andra Jumat, 16 Mei 2008 pukul 8:26 am

    intinya,

    GOOGLE HACK = NGEHACK DENGAN BANTUAN GOOGLE.

    gitu bukan?

  4. 5 Suluh Jumat, 16 Mei 2008 pukul 8:41 am

    @darkpluto: lah tuh kan udah kasih web /blog yang mbahas n ngasih contoh mas… cuma dalam bhs inggris..

    @andra: betul… itu intinya…

  5. 8 alid abdul Jumat, 16 Mei 2008 pukul 6:20 pm

    Google is the best

  6. 9 adhe Sabtu, 17 Mei 2008 pukul 4:37 pm

    ya selama digunakan hanya untuk hal positif sih ngga apa2. masalahnya banyak orang yang melakukan google hacking dengan alasan “belajar”…

    salam kenal…

  7. 10 Suluh Sabtu, 17 Mei 2008 pukul 5:29 pm

    @adhe: sebuah alat akan selalu bersifat seperti pedang bermata dua… satu sisi bisa memberi kebaikan, satu sisi bisa memberi keburukan… demikian pula mbah google. saya kira kebaikan atau manfaat dari google lebih banyak kok dibanding kejelekan atau keburukannya..

  8. 11 budhi Selasa, 20 Mei 2008 pukul 12:52 pm

    saya mw tahu password YM boss saya gimna mas bsa nggak

  9. 12 Suluh Selasa, 20 Mei 2008 pukul 3:21 pm

    @budhi: saya gak bisa mas…. kek gituan…

  10. 13 budhi Selasa, 20 Mei 2008 pukul 3:52 pm

    jalanin program sniffpass di YM bisa nggak?

  11. 14 Suluh Selasa, 20 Mei 2008 pukul 5:14 pm

    @budhi: stahu saya gak bisa mas.. sniff pass harus local computer… alias musti diinstall di komputer yang bersangkutan… tpi dicoba aja…

  12. 15 putra Selasa, 20 Mei 2008 pukul 9:28 pm

    klo ada yg pm kt byk2 itu namanya apa y? Skali msk bs smpe 30.

    gmn mengatasinya?

  13. 16 Suluh Rabu, 21 Mei 2008 pukul 3:43 am

    @putra: itu boot, pm attack.. cara ngatasi silahkan browsing atau serach dengan keyword “anti boot” di blog ini mas..

  14. 17 kecemplungkalen Rabu, 21 Mei 2008 pukul 10:46 am

    wah keren omz suluh…
    pake google bisa nyari sapi saya yang hilang ngga ya?

  15. 18 Suluh Rabu, 21 Mei 2008 pukul 12:06 pm

    @kecemplungkalen: bisa kok mas… he he he, terutama nyari sapi hasil deface-an dikau mas…. :lol: tuh di google banyak.. malah dikumpulin screen shotnya di blog mas… ha ha ha… piye sido mubeng indonesia ora kowe?

  16. 19 verri4 Kamis, 22 Mei 2008 pukul 6:19 am

    Om google Om yang paling baik yang pernah ada…
    khususnya untuk para attacker… :P

    smua yang aku mau ada disana..

  17. 20 t4rum4 Rabu, 28 Mei 2008 pukul 7:11 pm

    Rasanya pake teknik indexing itu dah kuno….:p
    btw,,, Google itu cowok yah??? hhahahaha,,, :D
    Nanti ada cewekknya namanya Giigle.. :D
    ada teknik yang rada ribet n lama.. yaitu brute force… apalagi klo bruteforcenya manual. koid dah gw… :p

    salam http://t4rum4.wordpress.com

  18. 21 joesatch yang legendaris Senin, 2 Juni 2008 pukul 7:29 am

    mas, mbok mas (eh, pak) edi diajakin ngeblog juga. nulis ginian. hohoho!

  19. 22 Suluh Senin, 2 Juni 2008 pukul 8:31 am

    @taruma: kuno tapi masih banyak yang make kok… suer…

    @joe: emailnya edi apo joe? engko tak komporane dewekke…

  20. 23 sibenjol Selasa, 3 Juni 2008 pukul 2:37 pm

    alamaaak…gogle hack?
    mas Suluh,..bingung aku…untuk apa itu?
    tiwas moco akeh…tetep ra mudeng aku..
    maklum katrok nih…hu hu huk..
    ..tapi ngomong2 itu lho, gambar cewe
    yang pake kaos fire fox…emm mmm…
    kalo aku lagi baca2 blog ini.(nglirik itu dulu)
    ..kliatan gambar itu,tiba2 bosku lewat…
    drpd dikira aku lagi browsing situs bokep…
    langsung tak geser naik dulu biar ga kliatan…kh..kh..khk.
    :lol: :D

  21. 25 Taqien Jumat, 30 Januari 2009 pukul 1:58 pm

    kaga ngarti. . .
    sumveh dah

  22. 26 ozan rock Minggu, 30 Agustus 2009 pukul 11:31 pm

    google ajarin dungs cara ngeheck yahh!!!
    plisssss

  23. 27 b-jonkkk Jumat, 11 September 2009 pukul 7:05 pm

    pengen jadi hacker kelas atas, yang merasa hacker ajarin aqu donk(+.+)

  24. 28 dasar penipu Sabtu, 9 Januari 2010 pukul 10:10 pm

    infonya menarik, tapi aku punya cara sendiri mas yang bagus trus cepat. ke TKP aja ya langsung

  25. 29 yapan Kamis, 1 Juli 2010 pukul 8:25 am

    cara makenya gimana ya????

  26. 30 ini terbaru Rabu, 10 November 2010 pukul 3:18 am

    google ada guru terbaik dan paling mengerti apa yang di inginkan muridnya :)


Tinggalkan Balasan

Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


