Sedikit Pemahaman Tetang Falsifikasi: Memfalsifikasi Membedakan Pernyataan Tunggal

Langsung saja: Saya akan memberikan sebuah pemahaman mengenai falsifikasi khususnya untuk Pernyataan tunggal. Mana Pernyataan yang dapat dikategorikan sebagai pernyataan yang bisa diuji (difalsifikasi) dengan yang tidak. Tolong bedakan diuji disini dengan diuji dalam kaitan (verifikasi). Yang saya maksud diuji itu bukan di”benarkan” oleh suatu percobaan, karena dalam prinsip atau metode falsifikasi tidak ada sebuah pernyataanpun (teori) yang bisa dbuktikan “benar” namun dia dapat “diuji” sejauh mana dia “mendekati” yang real.

Besok mungkin akan hujan atau besok bisa hujan bisa juga terang

Pernyataan seperti ini tidak bisa di uji (bisa diverifikasi tapi tak bisa diuji difalsifikasi)

Besok hujan

Pernyataan tunggal yang bisa diuji

Besok kamu bisa hidup bisa mati

Pernyataan tunggal yang tak bisa di uji

Besok kamu hidup

Pernyataan yang bisa diuji (falsifikasi)

5 Responses to “Sedikit Pemahaman Tetang Falsifikasi: Memfalsifikasi Membedakan Pernyataan Tunggal”


  1. 1 arsyi pamma Selasa, 11 November 2008 pukul 2:37 pm

    apa kabar nih?
    baru ada kesempatan lagi untuk bisa singgah.

    saya sangat tertarik dengan ulasan filsafat diatas.
    kalau boleh tahu apa referensi atau bacaan filsafat yang mas suluh konsumsi (bahasa indonesia)?

    saya ingin menyamakan persepsi dan defenisi yang sering mas suluh pakai dalam artikel fislafatnya. biar memudahkan saya memahami dan menyerap ilmu mas suluh.

    trima kasih.

  2. 2 Suluh Sabtu, 15 November 2008 pukul 7:01 am

    @arsyi: untuk falsifikasi sains saya mengangguki pemikiran karl r popper : the logic of scientific discovery / logika penemuan ilmiah…
    https://haqiqie.wordpress.com/2008/07/12/karl-r-popper-the-logic-of-scientific-discovery-logika-penemuan-ilmiah/

    Untuk yang lain, buku sekedar sebagai inspirasi, or juga bahan pemahaman. Intinya saya hanya berusaha memahami yang ada. Jadi titik tolaknya bukan pada buku atau pemikiran orang lain, tetapi pada “yang ada”.

  3. 3 Na Jumat, 28 November 2008 pukul 8:08 pm

    mas suluh yah?
    hehe gak kenal sih, slam kenal dech!! tos ah,,,
    kalo baca tlsan yg b’bau filsafat kyke saya hrs bawa kamus bhs indonesia neh?
    binun pisan.
    kalo baca-baca buku filsafat, satu halaman aja bisa diulang berapa kali, gak mudeng.. tapi tetep malah mumet sirahku.
    keren euy bwt mas suluh dah dibaca, ditransfer pula. tfs mas!!
    :-):-);-)

  4. 4 satpam Selasa, 6 Januari 2009 pukul 4:25 pm

    penggunaan termin waktu pada kaidah falsifikasi tidak bisa dilakukan, karena batasan relativitasnya. lain dengan penggunaan pada kaidah verifikasi.

  5. 5 fitra Senin, 23 Juli 2012 pukul 11:22 am

    kereenn …………..abis …….karna kadang orang sering banyak omong tapi ternyata hanya ngegombal alias tidak bisa diferifikasi….he…he. wah…pengetahuan ini layak diberitahukan kepada banyak orang sehingga banyak omongan yang benar.


Tinggalkan Balasan

Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


