Matematika, Ilmu Pasti, Deteministik, dan Pemahaman

Sering kali kita menyebut Matematikan sebagai Ilmu Pasti. Namun sejatinya apa sih yang dimaksud Pasti dalam Matematika. Nah dalam tulisan ini saya ingin memahami kepastian matematika secara singkat.

Matematika dibangun dari satu atau lebih premis dan satu atau lebih aturan. Darimana aturan atau premis itu? TIdak ada jawaban atau penjelasan yang “pasti”. Premis dan aturan matematikan adalah aksioma. Ia diterima begitu adanya, Ia mirip sebuah dogma. Nah jelas dogma itu bukanlah sebuah KEPASTIAN. Lalu, dari mana dan mengapa kita menyebut Matematika itu ilmu Pasti.

Jawabannya. Kepastian matematika itu pada “prosesnya”. Matematika akan selalu mengikuti premis dan aturan yang berlaku atau yang telah ditetapkan. Dengan demikian ia tidak memiliki kehendak bebas. Matematika adalah deterministik. 1 tidak bisa berubah menjadi 2 tanpa adanya sebuah “aksi” matematika. 1 akan tetap jadi 1 selamanya. Tidak ada kemunculan dari ketiadaan. 1 bukan berasal dari 0. 1 adalah 1. 0 menjadi 1 hanya dan hanya jika dia dilakukan sebuah “aksi” deterministik khas “matematik.

Artinya adalah segala sesuatu yang berkelindan di matematik harus dikembalikan ke dalam sebuah pemahaman dasar atas keberadaannya (ke premis dan aturan). Jika dalam sebuah proses matematik dia telah melenceng tidak sama dengan konsep dasarnya, maka matematik yang dikembangkan adalah salah. 1+1= 2 tidak yang lainnya. 1 premis dan aturan penjumlahan telah menjadikan 1+1 sama dengan 2. Bukan 3 atau 4. Inilah Kepastian Matematika. Matematika itu Pasti dalam Proses dan bergantung mutlak pada premis dan aturan dasar aka aksioma aksimanya. Tidak ada KEHENDAK BEBAS!

Sekedar Memahami

Haqiqie Suluh

6 Responses to “Matematika, Ilmu Pasti, Deteministik, dan Pemahaman”


  1. 1 ning widya Senin, 24 November 2008 pukul 7:34 pm

    trimakasih atas penjelasan di atas… cukup membantu saya mengenal matematika

  2. 2 komar Rabu, 11 Februari 2009 pukul 7:20 pm

    hehehe….
    jadi inget mata kuliah aljabar Abstrak dan analisis Real wkt kuliah di Math. Wah belajar logika banget, premis, aksioma, dalil dan hukum. Pusing deh, tapi asyik juga mas. Saking pusingnya, ampe ngulang 3x masih juga dapat D. hehehe…
    tulisannya bagus mas, saya aja yg kuliah di matematik baru tahu yang beginian. Mungkin karena blom baca buku2 filsafat ilmu pengetahuan. kabarnya ada jg tuh yg bahas keterkaitan logika sama bahasa ya?
    sulit buat ungkapin dalam bahasa umum.

  3. 3 zaki Jumat, 13 Februari 2009 pukul 1:17 am

    menarik tulisannya nih.. thanks udah mau berbagi. Bagi gue matematika adalah alat untuk menguasai dan membaca alam semesta secara ilmiah.

  4. 5 Elanoor Minggu, 18 April 2010 pukul 3:53 pm

    Bagi ane dasar pemahaman dan implikasi dari matematika adalah sesuatu yang membiasakan diri kita berkutat dengan masalah yang sulit. Dan melatih kita memecahkan masalah yang sulit itu, yang mungkin sering kita temui dalam menjalani kehidupan ini.

    Btw, Oks BGT ni artikel.

  5. 6 irhamkamal Kamis, 14 Juni 2012 pukul 8:21 am

    Memang matematika itu ilmu pasti dan tidak ada kehendak bebas. Matematika memiliki fungsi yang dukup diperhatikan oleh sebagian orang di dunia ini. Sejarah mengatakan bahwa para ahli matematika adalah orang-orang yang memiliki keahlian di bidang ilmu lain.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: