Aku Sang Kebenaran Sejati (Narasiku)

Bagi yang pernah membaca postingan puisiku yang berjudul AKu Sang Kebenaran Sejati, mungkin anda akan menerjemahkan sesuai dengan pemikiran dan wawasan anda. Mungkin pemahaman yang anda bangun bisa sama dengan apa yang saya maksudkan dan inginkan, tetapi kemungkinan bahwa pemahaman atau terjemahan anda pada puisi ngawurku tersebut berbeda dengan pemahaman atau maksud yang saya inginkan, juga sama besar. Artinya anda bisa sama dengan maksud saya menulis puisi tersebut, tapi bisa juga tak sama.

Sesungguhnya, apa yang saya maksudkan dari puisi tersebut (sebagaimana sebuah note dibawahnya yang saya samarkan dengan warna putih sesuai background sehingga tidak bisa terbaca langsung) berawal dari pemahaman saya akan wawasan dari Rene Descartes.

Artinya begini, Sebuah Kebenaran Sejati adalah sesuatu yang dapat kita pahami dan yakini dengan seluruh pengetahuan, wawasan, pemikiran, emosi, mata, telinga, dan semua indera yang kita punyai, ditambah dengan segala alat bantu yang kita punyai (apapun itu), bahwa sesuatu itu betul betul benar dan tak dapat diragukan lagi dengan apapun juga. Sesuatu yang benar benar tak tergoyahkan.

Nah, bagi saya, merujuk pada wawasan Descartes yang cukup mahsyur itu, saya menyimpulkan bahwa TIDAK ADA KEBENARAN YANG BETUL BETUL BENAR DAN TIDAK TERAGUKAN LAGI, SELAIN BAHWA SAYA ADA. Saya Ada disini bisa saya maksudkan sebagai AKU. Dengan demikian satu satunya kebenaran yang tak diragukan lagi adalah AKU. Dan tentunya wawasan Kebenaran ini adalah bagi saya sendiri.

Artinya karena saya lah Kebenaran, atau karena Aku adalah Kebenaran Sejati yang tak teragukan, maka hanya dan hanya sayalah yang berhak memiliki, bahkan saya tak bisa mengatakan dengan seyakin yakinnya tanpa terbantahkan, bahwa kalian atau anda yang membaca tulisan ini benar benar ada.

Anda atau mereka, atau siapapun diluar saya, hanyalah bentukan dari keyakinan bantuan indera saya, yang masih bisa diragukan. Jangan jangan anda hanyalah ada di mimpi saya yang khayalan.

Anda, Dunia, dan segala isinya masih dimungkinkan hanyalah hasil dari karya indera saya, tetapi Aku alias Keberadaan diriku, adalah Nyata senyata nyatanya tanpa mampu dihentikan Kebenarannya.

Bahkan jika ada sebuah kekuatan yang mampu membangun mimpi2 yang maha dahsyat kepada diriku dan mengatakan bahwa aku tidak eksis atau ada, ia masih tak mampu memberikan keraguan pada diriku bahwa aku ada. Karena tanpa adanya AKU maka kekuatan itu tidak bisa membangun mimpi kepada diriku.

Sekedar Merenung

Haqiqie Suluh

Will be updated…. might be…

11 Responses to “Aku Sang Kebenaran Sejati (Narasiku)”


  1. 1 Bang Del Jumat, 8 Mei 2009 pukul 9:07 am

    Luar biasa, filosofis sekali mas. Kebenaran itu tidak ada yang mutlak selama kita masih berada di bumi. Demikian juga dengan keyakinan yang serba abu-abu. Aku sendiri masih belum menemukan kebenaran yang sejati dari hidup ini. Mungkin kehidupan di dunia ini hanyalah sebuah permainan dari Sang Penguasa. Mas pernah nonton pilem MIB kan atau The Matrix. Salam kenal ya mas..

  2. 2 joyokusumo Jumat, 8 Mei 2009 pukul 1:04 pm

    jangan2 hidup ini sekedar mimpi, mimpi ku, mimpi mu, mimpi kita semua

  3. 3 Aisha Sabtu, 9 Mei 2009 pukul 9:20 pm

    Jadi dia dan mereka tidak ada yang benar ya mas.hanya aku yang benar hehe

  4. 4 Jamal eL Ahdi Selasa, 12 Mei 2009 pukul 10:16 am

    Aku Benar, Karena Aku manunggal

  5. 5 Fitri Selasa, 12 Mei 2009 pukul 9:43 pm

    Di blog orang lain sok2an bawa kebenaran bahwa nabi muhammad pedofilia, tapi di blog sendiri ga berani menulis. Hanya jadi komentator doang pas nulis muhammad pedofilia!
    Udah di jelasin baik2 bhwa itu hadis palsu, malah ngotot! Aisyah nikah sama muhammad umur 19 tahun malah difitnah jadi 9 tahun! Cuma berani di hadis, tapi ga berani ngutip ayat Al-Qur’an. Cuma berani bakar Al-Qur’an doang!!!
    Apa sih salah muhammad pada dirimu, sampai2 sebegitu besarnya anda membenci islam?
    Jika anda ingin islam di hapus, lalu umatnya masuk agama anda, bilang saja terus terang!
    Gitu aja koq repot!

  6. 7 GOD Rabu, 13 Mei 2009 pukul 9:45 am

    Muhammad tu dah mati! gak usah diomongin, gak penting banget. Ngomongin orang yg udah mati tu gak baik, bisa jadi fitnah.
    eh gak nyambung sama postingan ya, ups sorrrryyy :D

  7. 8 Wahyu Fahmy Sabtu, 23 Mei 2009 pukul 12:03 am

    Wah, kayak aku pas zaman SMP atau SMA… Yah, walau sudah ditinggalkan, karena sudah memiliki kepercayaan lain yang tingkat kepercayaannya menurut penilaianku lebih tinggi daripada “meragukan keberadaan entitas lain di luar diri”… Tapi sampai sekarang juga aku ga bisa membuktikan bahwa hal ini salah atau benar…

    Kayaknya malah semakin lama, semua teori filsafat, ga ada yang bisa dibuktikan salah atau benar… Mohon bantuannya… T_T Butuh penjelasan lebih lanjut nih, bagaimana menyikapi pemikiran orang lain yang berbeda-beda… Makasih yaa…

    • 9 Suluh Sabtu, 23 Mei 2009 pukul 9:14 am

      bagi saya filsafat bukan dalam teori, tetapi filsafat adalah proses memahami: dalam banyak hal “benar / tidak” ada dalam keyakinan subjektif bukan kebenaran realitas kecuali realitas SAYA ADA sebagai Kebenaran Sejati yang tak tergoyahkan. filsafat adalah cara pandang kita (baca: saya pribadi) terhadap dunia dan diri kita.

  8. 10 ademaulana Sabtu, 23 Mei 2009 pukul 6:28 am

    Apakah anda sudah yakin bahwa ADA itu benar” adanya???, atau sebaliknya???.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: