Kematian, Kembalinya sebuah Ketakutan

He, beberapa kali memikirkan tentang kematian, hasilnya selalu saja kegugupan, ketaktentuan, ketakpastian dan akhirnya sebuah ketakutan.

Sebagian orang dapat menghapuskan ketakutan ini dengan menyuntikkan keimanan akan kehidupan setelah mati ataupun keimanan tak ada kehidupan setelah mati, tetapi saya sudah tidak lagi mempan dengan dogma dogma seperti itu. Saya masih tetap ada ketakutan bahwa tak ada kehidupan setelah mati, sebagaimana saya juga ketakutan andai ada kehidupan setelah mati. Tanpa Kehidupan setelah mati, I’m useless, nothing, dan seperti tenggelam dalam nihilisme. Dengan kehidupan abadi, juga sama saja, ketakpastian kemana hidup abadi, bahkan ketakutan surga neraka, karma, reinkarnasi tetap saja ada.

Berkawan dengan Ketakutan, hanya itu sebuah upaya terakhir yang bisa ku lakukan

8 Responses to “Kematian, Kembalinya sebuah Ketakutan”


  1. 1 H.o.p.e Senin, 8 Juni 2009 pukul 12:53 pm

    Nihilisme?? mantap juga pilihan katanya bung.. Kita bisa bilang nihil, karena pernah ada dan kemudian tidak ada kan? Nah, pembelajaran dari kehilangan itu deyh yg penting, paling tidak untuk menghadapi kematian saya tahu apa yg harus saya tahu,saya tahu apa yg tidak harus saya tahu, dan saya tahu bahwa saya tidak harus tahu semuanya..

  2. 2 rinduislamkaffah Senin, 8 Juni 2009 pukul 6:58 pm

    turut prihatin ja…… sebagaimana saya prihatin ma diri sendiri..
    sebagai seorang muslim saya yakin setelah kehidupan ini ada kehidupan lain yg jauh lebih abadi..tapi yg saya takuti bukan pada kematiany tapi bekal yg telah di persiapkan tuk menghadapi kehidupan yg abadi itu dh cukup lom yah??hikz..hikz…

  3. 3 Anak Muda Senin, 8 Juni 2009 pukul 9:45 pm

    Aduh.. jadi ingat kematian lg…

  4. 4 joyo Senin, 15 Juni 2009 pukul 5:48 am

    “klik” puter lagu peterpan “tak ada yg abadi”
    …..

  5. 5 Pargodungan Selasa, 16 Juni 2009 pukul 5:20 pm

    Yah, bagi saya mas, berteman dengan ketakutan berarti bersiap untuk mati. Cuma itu jalan satu-satunya agar saya tidak dikendalikan ketakutan. Benar kata mas.

  6. 6 Gildo Rabu, 17 Juni 2009 pukul 11:31 pm

    Ummm, aku pikir tidak ada kehidupan sesudah meninggal dunia ini.
    Apa lagi, surga dan neraka ada di kehidupan yang lagi hidup.
    Jadi, lebih bagus kalau mulai dari sekarang senang-senang.
    Salam kenal.

  7. 7 april198 Kamis, 2 Juli 2009 pukul 8:30 am

    dulu waktu SD aku jg gt…ditambah aku melihat kematian2 yg merengut nyawa2 orang yg dekat dengan keluarga, tambahlah rasa ketakutanku itu. sampai kuliah, skripsiku pun mengenai kematian di puisi2 emily dickinson.

  8. 8 ALIboom Jumat, 4 September 2009 pukul 8:41 am

    Kematian bukanlah hal yang menakutkan, tetapi sebuah alur yang harus dilewati, karena kita percaya Tuhan itu ada, dan Tuhan telah menurunkan sebuah tuntunan yang disebut Agama. sebetulnya kita tak usah takut dengan kematian itu sendiri karena selama masih kita berbuat sesuai dengan tuntunan Agama. pasti Tuhan akan bertindak adil, sebab Tuhan itu Kekal Maha Besar dan Maha Adil. ALLAH HU AKBAR……..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: