Dua Jenis Spam Yang bisa jadi Dikirim Oleh Teman Anda Sendiri di Yahoo Messenger

Sori kalau judulnya agak kepanjangan. Sekedar pengen membahas sesuatu yang mungkin terlewat dalam pengetahuan saya dan ingin membagi kepada siapapun yang butuh atau menginginkannya. Kali ini seputar Yahoo Messenger lagi (salah satu ciri khas blog saya ini). Gini Kronologi Critanya.

Ketika chatting di yahoo messenger, tiba tiba kamu atau saya mendapatkan Pesan (Instant Message / PMan / Kojoman) dari teman kita sendiri (yang ada di friend list / contact list kita), yang isi pesannya kok rada “aneh”. Keanehan pertama biasanya karena bahasanya kok “ngingris” (kadang bahasa yang aneh kek china / kantonis)? n kok nyuruh kita membuka link tertentu.

Patut dicurigai bahwa pesan tersebut bukanlah pesan Asli yang dikirim oleh teman kita. Biasanya (sejauh yang saya ketahui) hal tersebut merupakan ulah dari sejenis spam.

Ada dua jenis spam yang bisa mengirimkan secara otomatis tanpa diketahu oleh sang empunya account (teman kita):

Pertama, spam yang dikirimkan lewat sebuah tools Yahoo Messenger Spammer (katakanlah namanya begitu), yang memanfaatkan password dan account kita.

Kedua, malware yang terinstall di komputer tanpa disadari mengirimkan spam ke teman temannya (termasuk kita).

Jenis pertama biasanya akan mengirimkan spam jika kita sign out atau keluar dari yahoo messenger. Ketika kita keluar log out dari YM, maka account kita akan diambil alih ole YM spammer tools dan akan mengirimkan pesan2 yang “berbahaya” (semisal ngirim links malware yang kalau kita klik membuat kita mendownload malware tersebut). Biasanya mereka dalam posisi invisible status.

Kedua, terjadi tanpa musti mengetahu password or id kita tapi lewat komputer kita yang terinstall malware yang mempunyai kemampuan untuk menggunakan YM kita dan mengirimkan pesan spam kepada teman2 kita.

Solusi:

Sebagai solusi cepat untuk kasus pertama, segeralah ganti password yahoo kamu. Untuk kasus kedua, scan komputer kamu dengan antivirus dan bersihkan malwarenya. Jika tidak bisa diketemukan, patut dicurigai malwarenya masih nyangkut dan tidak bisa dibersihkan di komputer kamu. Kalau udah begini, saran saya, install ulang aja Operating Systemnya: Windows yang paling sering terjadi (atau bisa pake juga restore ke posisi (waktu) dimana kamu yakin malwarenya belum terinstall)

16 Responses to “Dua Jenis Spam Yang bisa jadi Dikirim Oleh Teman Anda Sendiri di Yahoo Messenger”


  1. 4 anran djasem Rabu, 17 Maret 2010 pukul 2:52 pm

    teriama kasih banyak mas suluh ats perhatitian nya untuk saya.seperti yang anda duga memang begitu adanya.saya membuka seperti yang mas uraikan.apakah semua yang ada dalam data email saya bisa di ubah tampa sepengetahuan saya.soalnya begini mas.saya sewaktu membuka nya ,saya memakai lap top.terkadang saya memakai computer di meja saya.namun begitu terkadang muncul suatu yang tidak saya inginkan,seperti bahasa nya tidak saya ketahui.dan terkadang saya tidak konek dengan teman saya(terputus secara sepihak)bantu saya mas ……ya mas suluh………apa saya harus balas dengan mencari tandingan ya.saya fikir itu tidak perlu.dan tidak menyelesaikan.terus kalau mas punya waktu…..luang buatin saya blog …..bisa nggak (maaf sekedar info….saya pelaku usaha mandiri),trus berapa nilai yang harus saya kelurkan.mohon penjelasanya.terima kasih

  2. 7 zan insurgent Jumat, 7 Mei 2010 pukul 2:51 am

    thanks Inpo nya brader…ijin copas ya… :)

  3. 9 vandhu Kamis, 8 Juli 2010 pukul 2:05 pm

    Om mo nanya neh…..
    di chat rom kan sering ada id yang nyangkut tuh…. nyebelin banget apalagi kalo dah banyak yang nyangkut…akhirna chat rom jadi sepi… kira2 solusi terbaik wat ngilangin id2 yang nyangkut gimana ya om… makasih sebelumna om ;))

  4. 10 zaif Senin, 10 Januari 2011 pukul 8:08 am

    semoga ilmu tg mas dah bagikan jadang ladang amal…..

  5. 11 TerGapteK.coM Selasa, 11 Januari 2011 pukul 9:34 am

    Hemmm.. Yang aku bingungkan ialah.. maksud dari yg nyepam ituh..

    menurutku sama sekali gak penting kan nyepam kaya gitu.

    makasiiiiiih Infonya ..
    Salam Kenal

  6. 12 setan alas Jumat, 21 Januari 2011 pukul 8:21 am

    sekedar pengen nambah aja gan spam setau saya spam jg bs dikirim am temen yang ada dilist kita,dengan menggunakan script dan bombus atau bombusmod sebab gw dah pernah coba n hasil na mangtraaaaaaaaaaaaaaaap,,satu kali klik ratusan pesan atw bahkan ribuan pasan langsung terkirim ke korban hahay

  7. 14 aji ganteng Selasa, 25 Januari 2011 pukul 5:30 pm

    biasanya kalo saya langsung cabut modem ….
    block orang tsb.
    atau remove ..

    tq ..

  8. 15 adeetz Rabu, 6 Juni 2012 pukul 5:49 pm

    d ym bisa ad juga spam yaa ckckckc


  1. 1 Sejarah Tuhan | zansyuyut Lacak balik pada Jumat, 14 Januari 2011 pukul 8:33 pm

Tinggalkan Balasan

Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


