Archive Page 2

Kenapa Aku Benci Mario Teguh?

Kenapa aku benci Mario Teguh? Karena dia jadi kaya dengan bacotan basinya; Kenapa aku muak dengan Mario Teguh? Karena dia semacam ustad yang mengeruk keuntungan dari ceramah gak mutunya.

Aku tidak akan membenci Mario Teguh jika dia gak punya pengikut banyak sedemikian sehingga dia gak kaya dan tak mampu dapat uang darinya; Aku gak akan muak dengan bacotan Mario Teguh, jika saja Mario Teguh itu cuma selevel temen-temenku yang musti kerja keras untuk dapat sesuap nasi dan musti susah payah beli pulsa untuk sekedar nulis status di facebook.
Lanjutkan membaca ‘Kenapa Aku Benci Mario Teguh?’

Kebo Giro: Dari Gamelan ke Tarian Atraktif Kontemporer

Kebo Giro. Aslinya sih sebenarnya nama dari gending Jawa Temanten (alat musik / gegamelan). Tapi oleh adik kelasku SD-SMP Kebo giro dijadikan sebuah nama kesenian tradisinal abad 21, dan lebih dikedepankan pada Kebo dalam yang sesungguhnya kedalam art performancenya. Ini terlihat dari tanduk yang dipakai dikepala para pemainnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Catatan: Perubahan dari kostum / pakaian yang dikenakan adalah sebuah evolusi karya dari Kebo Giro yang tidak monoton. Dari sederhana hitam-hitam, sampai ke yang penuh warna. Gambar diambil dari foto gallery facebook Pengelola dan Pencipta Kebo giro. Link fbnya terlampir dibawah

Konon, menurut Sang Pencipta Kesenian ini, ide pembuatan Kebo Giro hadir ketika disuruh membuat fragmen tanpa konsep untuk sebuah festival. Artinya Beliau dan kawan-kawan sedusunnya disuruh membikin sesuatu yang bisa ditampilkan dalam festival tapi harus murni ciptaan sendiri. Tarian Kebo Giro lahir sekitar tahun 2010 atau 2 tahun silam bertepatan dengan Festival tersebut.
Lanjutkan membaca ‘Kebo Giro: Dari Gamelan ke Tarian Atraktif Kontemporer’

Kabuto Pedang Naga Biru dengan Pesawat Naga Swastika (Karasu Tengu Kabuto)

Jadi gini ceritanya, waktu saya lagi asik asik membaca komik di Mangafox tentang perjalanan seorang “Samurai” yang abadi aka tidak bisa mati yang berjudul Blade of the Immortal (silahkan baca disini), Tiba-tiba tertarik pada “ornamen” kimono yang dikenakan Manji sang tokoh yang berornamen Swastika. Seingatku gambar swastika ini kan simbolnya Nazi. Nah, disalah satu pagenya dikasih keterangan kalau Swastika ini sebenarnya bukan hanya milik Nazi tapi jauh sebelum itu banyak kebudayaan yang udah memakainya, salah satunya Agama Hindu. Katanya sih itu artinya “Welfare” atau “kemakmuran”. Untuk lebih jelasnya saya dapatkan link Wikipedia tentang hal ini. Silahkan dibaca disini.

Lambat laun saya teringat samar-samar kalau bentuk swastika ini juga ada pernah kuliat di TVRI dulu, dalam bentuk film Kartun atau Animasi atau Anime kalau dikenalnya sekarang. Seingatku dulu ada komik yang punya kendaraan yang bisa terbang kayak pesawat yang berbentuk swatika dengan moncong atau kepala Naga. Kendaraan milik tokoh utama anime tersebut.
Lanjutkan membaca ‘Kabuto Pedang Naga Biru dengan Pesawat Naga Swastika (Karasu Tengu Kabuto)’

Muntilan dalam bingkai Foto masa lalu | Moentilan Tempo Doeloe

Tertarik seorang temen yang bagi bagi foto foto jadul tentang daerahnya. Kesininya jadi cari cari foto tentang daerahku, Muntilan. Ini beberapa yang bisa kutemukan.

Suasana Muntilan Pagi Hari 1913

Pagi Hari di Jalanan Muntilan tahun 1913. Diambil dari: http://www.paulhagon.com/playground/nla/geo/pi/nla.pic-an23478200

Kamp Muntilan Lapangan Pemda Pasturan

Bekas Kamp Jepang dan juga Sekolah VanLith dulunya aka Xaverius College, beserta gerejanya. Ada Juga Lapangan Pasturan atau yang sekarang dikenal dengan Lapangan Pemda. Diambil dari: http://www.robcassuto.com/documentsmoen.html

Muntilan Lahar Dingin 1931

Moentilan waktu terkena Lahar dingin. Rel Magelang Jogja lagi diperbaiki. Tahun 1931 Diambil dari:phesolo.wordpress.com

Yahoo Messenger 11.5 Download Terbaru 11.5.0.155 (Update) Offline Installer

Yahoo Messenger 11.5 Sebelas Setengah Tab-IM Windows Kojoman

Tampilan YM 11.5 di Jendela Kojom dengan Tabnya

Ehm, mungkin banyak orang yang berkunjung ke blog saya ini sudah mengetahui bahwa dalam banyak postingan yang saya tulis, tema yang saya angkat berkaitan dengan Yahoo Messenger. Nah untuk sekedar melanjutkan apa yang telah saya tulis sebelum sebelumnya, kali ini saya akan membagi sebuah berita terbaru mengenai YM ini.

Lanjutkan membaca ‘Yahoo Messenger 11.5 Download Terbaru 11.5.0.155 (Update) Offline Installer’

Facebook Chat Emoticons Baru – Jempol, Suka, Like

Facebook Chat Emoticon Jempol Suka Like

Facebook Chat Emoticon Jempol Suka Like

Walaupun saya mengetahui tetang hal ini lumayan agak telat, tetepi gak papalah sebagai sebuah pengetahuan baru tentang seluk beluk chat di facebook. Saya mengetahui bahwa ternyata ada tambahan 1 emoticon lagi di list FB Chat emoticon setelah membaca komentar dari seseorang yang memanggil dirinya Peneliti Facebook. Emoticon yang baru ini adalah emoticon Jempol atau lebih sering kita sebut like dalam bahasa inggris or suka kalau dalam bahasa indonesia.

Lanjutkan membaca ‘Facebook Chat Emoticons Baru – Jempol, Suka, Like’

Apakah anda Percaya Islam agama yang paling benar? Ya, jawab saya

Saya berandai andai jika seseorang bertanya kepada saya tentang keimanan saya terhadap sesuatu, semisal kejadiannya begini. Ada yang tanya kepada saya,”Apakah kamu percaya Mangkok Terbang?” dan saya jawab,”Ya, saya percaya”.

Nah ada hal yang menarik disini, ketika saya ditanya dan ketika saya menjawab dan “kemungkinan” kelanjutan dan kasus diatas. Jikalau sang penanya meneruskan, “buktikan kepada saya kalau kepercayaanmu itu benar?”. Disini, saya sesungguhnya tidak memiliki kewajiban untuk membuktikan kepercayaan saya kepada sang penanya, saya sekedar ditanya dan menjawab dan tidak memaksakan kepercayaan saya kepada sang penanya. Jadi tidak ada kewajiban bagi saya untuk membuktikan kepercayaan akan Mangkok Terbang saya. Toh kepercayaan saya tidak mengganggu si penanya, dan ini adalah kepercayaan pribadi saya sendiri.

Sebagaimana jika saya ditanya, “Apakah anda percaya Mangkok Terbang?” dan saya jawab, “Tidak, saya tidak percaya”. Saya juga disini tidak memiliki beban pembuktian atas ketakpercayaan saya pada Mangkok Terbang. Akan berbeda jika ketidak percayaan saya ini saya paksakan kepada orang lain atau membikin saya berhak membunuh, menyakiti, memenggal sesama saya.

Lanjutkan membaca ‘Apakah anda Percaya Islam agama yang paling benar? Ya, jawab saya’

Dogmatisme: Sebuah System atau Cara Pandang (Dogmatism)

Dalam beberapa kesempatan di blog ini, saya beberapa kali menggunakan term “Dogma” untuk merujuk pada “sesuatu” yang kita (baca: saya) terima apa adanya tanpa mampu melakukan justifikasi secara menyeluruh. Yang cukup menarik adalah, ternyata dalam beberapa kesempatan, penggunaan istilah Dogma ini di gugat oleh sebagian orang dikarenakan “sesuatu” yang diterima apa adanya tanpa bisa dibuktikan (misalnya), itu belum tentu sebuah dogma, or tidak mau dikatakan sebuah dogma.

Waktu itu memang saya memilih kata “Dogma” secara alamiah saja, jadi saya gak menelusuri seluk beluk atau ruang lingkup kata “Dogma” itu dimana saja digunakan or diperbolehkan digunakan. Saya hanya bingung saja ketika ingin menamai hal hal yang “tidak mampu or tidak mungkin dibuktikan kebenarannya” tapi kita terima sebagai sebuah kebenaran, entah karena terpaksa or karena emang udah jadi keyakinan kita sendiri.

Beberapa hal yang saya sebut dogma (selain tentunya dogma agama yang emang sudah sering “digunakan” dan “diterima” sebagai peruntukan kata itu) adalah aksioma matematika, dasar dasar fisika seperti waktu, ruang, sebab-akibat (kausalitas) dan entitas sesuatu, dan beberapa hal lainnya yang jarang sekali disebut sebagai dogma.

Lanjutkan membaca ‘Dogmatisme: Sebuah System atau Cara Pandang (Dogmatism)’

Menolak Klaim Tuhan Tidak Ada, A-ateis (A-atheist)

Banyak hal yang ternyata membuat diriku dari tidak tahu menjadi tahu. Dulu–mungkin 4 tahun yang lalu–, pemahaman saya tentang atheist (kadang ditulis juga dengan ateis aja) cuma simple; Orang yang Percaya Tuhan Tidak Ada. Ternyata seiring berlalunya waktu dan pembacaanku terhadap ide ini semakin luas, saya mulai paham bahwa banyak orang atheis yang memposisikan dirinya bukan sebagai sebuah Kepercayaan, tapi sekedar penolakan.

Penolakan terhadap klaim Bahwa Tuhan Ada (Kepercayaan Tuhan Ada). Lebih lanjut, mereka mengatakan bukan merupakan sebuah “paham” or “isme” tapi sekedar sebuah posisi akan penolakan sebuah ide. Sebagaimana anda menolak ide tentang nyiroro kidul, tentang gendruwo, tentang kuntilanak dan sejenisnya. Dan sepertinya para atheis nyaman dengan posisi ini yang “tanpa paham or ideologi”.

Lanjutkan membaca ‘Menolak Klaim Tuhan Tidak Ada, A-ateis (A-atheist)’


Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis