Tips dan Trik Anti Virus: Menghilangkan Virus Apapun yang menginfeksi Komputer (Windows XP) Anda Secara Mudah dan Murah (Tanpa Anti Virus)

Ketika beberapa tahun atau bulan yangg lalu, seweaktu virus Brontok dan variannya menyerang dan booming seantero Indonesia., termasuk juga khususnya di Yogyakarta, banyak teman-teman saya yang kebingungan dan panik karena anti virus ternamanya tidak mampu mendeteksi virus ini. Begitu pula selanjutnya virus-virus lokal yang semakin menggejala di Yogyakarta waktu itu. Dan ternyata saya pun kemudian mengalaminya, komputer saya akhirnya terkena juga waktu itu (kalau tidak salah karena memang saya sengaja, pengen membuktikan, he he he).

Saya sampai sekarang masih setia menggunakan Norton AntiVirus 2005 yang masih terus saya update virus definitionnya tiap minggu, namun ketika boomin virus lokal terjadi, norton saya pun tidak mampu mendeteksi keberadaan virus tersebut. Dan beberapa kali pula virus lokal masuk ke komputer saya. Nah, selama saya menggunakan Widows Xp, saya mempunyai trik paling jitu untuk menghilangkan Virus atau membasmi Virus lokal ini secara cepat, mudah dan gampang. Dan tips dan trik berikut selama ini selalu berhasil menyelamatkan komputer saya dari kerusakan lebih karena virus. Apapun itu jenis virusnya.

Dari beberapa pembacaan saya mengenai cara menghilangkan virus yang saya dapatkan dari internet seperti situs vaksin.com, saya sering kali malah tidak melaksanakan anjuran yang diberikan di panduan menghilangkan virus. Seringkali anjuran menghilangkan virus yang diberikan oleh beberapa situs antivirus malah menyuruh kita untuk mematikan fitur restore point dan masuk ke safe mode. Nah dari situ kemudian kita berusaha menghilangkan virus secara manual. Ini tentunya memerlukan keahlian lebih dan sering kali melelahkan serta memusingkan buat para pemula seperti saya.

Lalu apa yang saya lakukan. Saya sering kali mencurigai komputer saya apabila terkena virus. Komputer saya bekerja tidak seperti biasanya alias menjadi sangat lambat atau bisa juga saya mendapati file-file tertentu yang sangat mencurigakan. Biasanya file-file tersebut berekstensi .exe. Contohlah kasus brontok yang iconnya sama dengan folder Windows XP namun memiliki file tipe application dan berekstensi exe. Ini hanya merupakan salah satu contoh. Saya kok yakin, jika anda sudah cukup mengenal sang komputer yang menemani hampir tiap minggu kegiatan anda, suatu perubahan kecil yang tidak biasa yang terjadi di komputer anda bisa anda ketahui.

Baru seminggu ini saya juga terkena virus yang saya tidak tahu apa sesungguhnya, bahkan namanya saja tidak tahu. Anti virus saya tidak mampu mendeteksi. Ini karena saya mendownload file dari suatu situs hacking, bentuknya zip file. Ketika saya ekstrak tidak terjadi apa-apa, namun ketika file tersebut ingin saya coba jalankan dan kemudian saya klik dua kali, eh ternyata tidak muncul apa-apa. Malah kemudian kerja prosesor saya selalu lebih diatas 80%. Hasilnya komputer saya melambat. Walaupun tidak ada file yang dihancurkan karena virus ini namun dengan infeksi yang mempengaruhi kerja prosesor saya –yang memang sudah kecil–, hal ini membuat saya semakin tidak nyaman.

Karena saya pikir virus ini sudah masuk ke memori, saya matikan saya secara manual (Tidak lewat shut down tapi langsung saya matikan dengan memencet tombol power lama). Dalam pemikiran saya mungkin dengan cara ini virus tersebut bisa hilang dari memori dan ketika dinyalakan virus tidak jalan lagi.

Sayangnya, cara yang sering saya lakukan terhadap virus yang sering menginfeksi memori ini tidak berhasil. Biasanya dengan cara langsung mematikan secara manual kerja virus bisa berhenti dan kita tinggal mendelete virus tersebut (pake shift delete, bukan delete biasa). Kemudian cara terakhir saya yang telah sering saya gunakan untuk mengatasi segala macam virus saya lakukan.

Saya matikan antivirus saya. Kemudian pergi ke applikasi:

Start >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> System Restore

Inilah yang biasa saya lakukan jika saya telah kehabisan akal mengatasi virus. Sedikit catatan mengenai System Restore. System Restore merupakan sebuah fungsi untuk mengembalikan settingan anda seperti semula seperti waktu penggunaan yang anda pilih. Setiap anda menginstal atau uninstal software, biasanya System Restore akan menyimpan Settingan lama anda sebelum anda mengistal atau uninstal software tersebut. Dengan cara ini setiap ekstensi exe atau aplikasi apapun yang terinstal sesudahnya akan dihapuskan atau dihilangkan. Termasuk Register Windows anda akan kembali seperti semula. Hal inilah yang bisa membikin virus hilang dari komputer anda.

Dengan cara ini anda tentunya tidak mengharuskan adanya instalasi antivirus di komputer anda. Akan tetapi seringkali ada beberapa virus yang secara otomatis mematikan fungsi restore point ini. Jika ini terjadi lakukan shutdown manual lewat tombol power atau cabut aja kabel anda, atau matikan listrik istilahnya (dengan resiko kemungkinan ada file yang rusak, tapi biasanya tidak terjadi kok), lalu boot dari safe mode dan restore dari sana ke settingan sebelum terkena virus. Biasanya berhasil kok, terutama untuk brontok selalu berhasil. Saya juga heran brontok kan sangat mudah dikenali secara visual kenapa kok bisa-bisanya terkena virus ini, mungkin bagi yang pemula kali ya? Ah gak tahu saya.

Anehnya, saya jarang menemukan tips dan trik ini dikajian situs-situs antivirus. Malahan mereka menyuruh mematikan fitur restore ini, kemudian dengan cara yang lumayan rumit dijelaskan cara-cara menghilangkan virus tersebut secara manual. Dan tentunya kemudian menyuruk kita lebih baik membeli dan memakai antivirus mereka yang mereka nyatakan sudah bisa mendeteksi dan menghilangkan virus tersebut. Mungkin ini merupakan trik bisni mereka sih.

Ohya, sekedar info. Akan lebih baik jika anda menyimpan dokumen anda pada partisi hardisk yang berbeda, karena biasanya virus menyerang partisi C tempat system windows anda bekerja. Dengan cara ini, jika komputer anda parah dan tidak bisa dikembalikan karena terkena virus, anda cukup melakukan instalasi ulang (format dan instal) windows anda kembali. Tentunya format dan instal di partisi C. Dengan demikian data anda di partisi yang lain tidak hilang. Demikian saran saya.

Salam Bebas Virus

Haqiqie Suluh

About these ads

294 Responses to “Tips dan Trik Anti Virus: Menghilangkan Virus Apapun yang menginfeksi Komputer (Windows XP) Anda Secara Mudah dan Murah (Tanpa Anti Virus)”


  1. 1 freezax Minggu, 1 Juli 2007 pukul 8:50 pm

    Kalo saya sih mah mendingan pake program “Deepfreeze” aja lebih ampuh dan setahu saya belum ada 1 viruzpun yang bisa menembus program ini.daripada harus merestore windows yang belum tentu berhasil, apalagi sekarang ini virus lokal mulai menghapus semua file restore point windows.

  2. 14 wongkapitalis Jumat, 6 Juli 2007 pukul 4:29 pm

    yang paling mudah, murah, meriah (tanpa Antivirus) :
    F O R M A T U L A N G
    he..he..dijamin beres tu virus

    udah saya tulis juga tuh…

  3. 17 sumeragi Sabtu, 7 Juli 2007 pukul 11:09 pm

    mah, klo ane diteliti dulu
    klo udah ga bisa diatasi baru pakai jurus sakti “FORMAT”
    tuing tuing tuing

    yg menakutkan itu klo nginfeksi data-nya dan ga bisa balik lagi

  4. 19 Bagus Rabu, 11 Juli 2007 pukul 11:13 am

    Pake DeepFreeze. Ngpain pake diformat segala??? lagian, ngpain sih kita harus takut sama yang namanya virus??? Virus gampang kok dibuat, tentu gampang pula dibasmi (klo kita tau source code virus itu), hehehe……………

    betull… tapi agak repot kalau mau instal software baru…. deepfreeze ma norton goback or gost sama gak ya?

  5. 21 virus Selasa, 17 Juli 2007 pukul 5:30 pm

    basi…. matiin aja lewat regedit, cari tuh virusnya..exe

    kalau regeditnya dimatiin gimana?

  6. 25 penguasa Rabu, 18 Juli 2007 pukul 10:58 am

    pake aja deepfreze, atau istilah kerennya pembeku sistem restore, jadi apapun yg masuk ke komputer otomatis akan hilang setelah restar, karena sistem telah di bekukan oleh jurus ninja pembeku sistem komputer.

    bahkan kekuatan jurus ini juga bisa membekukan waktu dunia. hehe

  7. 26 Syamsul Bahri Kamis, 19 Juli 2007 pukul 4:33 pm

    virus kok diributin, ada virus basmi mau virus buatan gwe nanti gwe kirim….. he he he

  8. 29 sh4d0w.d4nc3r Jumat, 27 Juli 2007 pukul 2:08 am

    cara mudah, murah dan merdeka -> ganti aja pake linux… :D

  9. 32 cecepswp Jumat, 27 Juli 2007 pukul 5:03 am

    Deepfreeze masih blum aman, dari percobaan satu komputer polosan dimasukin macem2 “penyakit” dan tanpa anti virus cuma deepfreeze doang tetep aja ada yg nyelonong masuk.

    Kalo linux sih ampe sekarang emang masih aman dari virus, walaupun ada antivirus khusus untuk linux paling banyak penggunaanya buat scan harddisk os lain yg kena virus hehehehehehe :D

  10. 33 daus Sabtu, 28 Juli 2007 pukul 5:32 pm

    format aja coy, gtu aja koks ripot

  11. 35 Rein Senin, 30 Juli 2007 pukul 2:50 am

    Saya juga sering buat gitu. tapi berhubung karena komputer terpaksa hijrah ke hardisk 6 Gb, terpaksa di non aktifin. hehehe

  12. 36 heri Rabu, 1 Agustus 2007 pukul 8:04 am

    gue kurang setuju kalo jalan keluarnya untuk mengatasi virus harus format-format dan format. masalahe gue akan kerepotan mengenahi data meskipun bisa dicopy atau cattuer. gue tetep pingin mengatasi masalaha ini dengan cara tanpa format. tapi gimana caranya hee ….. kasih tau gue

  13. 39 aqyu Senin, 6 Agustus 2007 pukul 2:59 pm

    bagus juga seh’ BUT kan ribet, gimana juga pake anti virus dong, yang penting selalu update minimal sebulan se-x, trus juga lebih hati2 jika memasukkan data dari flash disk atau storage lainnya, tapi intinya bagus juga. SALUT dari anak makassar.

  14. 40 aqyu Senin, 6 Agustus 2007 pukul 3:04 pm

    Bwath Hery Q sarankan, pake deepfreeze aja!

  15. 41 cupunk Rabu, 8 Agustus 2007 pukul 2:20 pm

    bener tuh pake aja deep freeze.di jamin virus apapun gak bakalan masuk!!!tapi dengan syarat,, harus idup terus tuh software

  16. 43 she Selasa, 14 Agustus 2007 pukul 9:01 am

    gmna klo monitornya gak bisa hidup apa sich penyebabnya???Dan gmna cara mengatasinya??
    Terima kasih.

  17. 45 erick Rabu, 15 Agustus 2007 pukul 3:00 pm

    wah,,wah,,wah,,,,,,
    seperti kata gus nur,,,,
    “gitu aja kok repot”
    mending jual komputer yg lama,,beli yg baru,,
    wkakakakakakakak
    tp<<<<duit na drmn y????
    beli rokok aja gw kadang batangan
    heheheheheh

  18. 46 Element_black Sabtu, 18 Agustus 2007 pukul 3:01 pm

    klo Sytem Restornya di matiin, Gmn?
    Pakek apalagi Coba

  19. 47 sugeng Kamis, 23 Agustus 2007 pukul 3:26 pm

    Untuk komputer yang masih bisa direstore sih oke2 aja.
    Tapi untuk komputer yang sudah sering install program dan uninstall program biasanya sistem restorenya sering uncomplete alias restorenya tidak berhasil.
    Jadi menurut saya pakai saja antivirus yang sudah ada semisal : PCMAV, ANSAV, SMADAV. Dijamin bereeeeeeeeeeeees.
    Gak usah repot2. Yang penting sering2 diupdate aja.

  20. 50 anak sok atu Sabtu, 8 September 2007 pukul 7:57 am

    gmana kalo banyak anti virus yang nawarin trus gmana cara dapet anti virus gratis tapi bgus

  21. 51 ndablong Kamis, 20 September 2007 pukul 3:18 pm

    ada yang tau ga cara ngilangin virus msn messenger…..
    gw dah bete nehh……

  22. 52 orang aneh Selasa, 23 Oktober 2007 pukul 12:45 pm

    kayaknya ga usah pake komputer aja deh, ntar ga kena virus lg deh, ya kan ya dong…!!

  23. 54 orang manis Selasa, 23 Oktober 2007 pukul 12:49 pm

    ya iya lah di restore pasti bisa.klo blom pernah bikin restore nya gimana caranya?

  24. 55 asny.Qut Jumat, 9 November 2007 pukul 8:48 am

    gw juga mau nanya gimana shi carax ilangin virus tampa apa ya
    gw juga stuju dengan pendapat heri,tapi aq pengen cara praktis
    gimana shi.oh yah kalau cara basmi virus cinta gimana Dong
    kasi tau dong…………..!!!

  25. 56 i74z Jumat, 9 November 2007 pukul 10:11 pm

    whats!
    format ulang?
    berak jo……………………………………………………

  26. 57 wong khatro Sabtu, 10 November 2007 pukul 2:43 pm

    oi broo… klo nge-RESTORE bakal ada efek sampingnya ga.?

    ada cala lain ga selain restore sama deepfreeze..

    GW dah BT sering nge-Format… klo nge “format” perawan seh enjoy ajah.. hmm,,

  27. 58 joker Selasa, 13 November 2007 pukul 10:05 am

    ama virus juga takut…. heeee..
    kalau nggak mau ganti aja dengan baru ntar virus hilangh haaaaaaaaaaa..

  28. 59 petruks Rabu, 14 November 2007 pukul 2:49 pm

    Kalo pake deepfreeze gimana dengan update-an antivirusnya?
    mosok tiap kali nyalain komputer selalul update antivirus dari awal…makin lama kan makin gede filenya? ada solusi lain?

  29. 60 Jaswadi Rabu, 14 November 2007 pukul 2:59 pm

    tak ada komentar
    Soalnya Semuanya Udah saya lakukan dari dulu

  30. 61 andre gunawan Minggu, 25 November 2007 pukul 6:52 pm

    Bagi gue yang pernah kualahan menyergap beberapa varian virus yang nongkrong di system maupun data komputer gue, antara Deepfreeze dan system restore tidak jauh beda. Semuanya merupakan jalan alternatif yang gue pikir paling ampuh dalam mendetect | Memprotect | Menclean + delete itu virus. Kedua-duanya pernah gue praktekin. Ending Summary, semuanya OK! (kayak lagu T2…HAHAHAHAHAHA)…Salam Beginer! Palembang is a great business town.

  31. 62 manusiasuper Rabu, 28 November 2007 pukul 5:25 pm

    Saya tetap ga bisa ngilangin brontok bedebah ini… *nangis bombay*

  32. 63 jonny Selasa, 19 Februari 2008 pukul 8:41 pm

    Mas gmn sch cranya nyari virus melalui regedit……?
    mng dimana sih virusnya…?
    regedit toe kan banyak datanya, dmna men kta harus nyariknya…
    MOHON DONK BIMBINGANNYA…!
    PLEASE…

  33. 64 jonny Selasa, 19 Februari 2008 pukul 8:44 pm

    Satu lagi mas….!
    komputernya temen sya kan biz kena virus, trus gk bisa msuk windows…
    gmn nie cranya…?
    kasich taw donk…!

  34. 65 Suluh Rabu, 20 Februari 2008 pukul 8:30 am

    @jonny: virus bisa ada dimana2… di memori aja bisa kok… untuk yang kedua silahkan hardisknya di scan dari komputer lain pake anti virus yang virus definitionnya terbaru (bukan antivirusnya yang baru lho_)…

  35. 66 if4n Sabtu, 23 Februari 2008 pukul 6:18 am

    WADUH….. WADUH…. susah amat sih …. kalau mau tau super dari pembasmi virus tanpa antivirus pake aja

  36. 67 if4n Sabtu, 23 Februari 2008 pukul 6:19 am

    WADUH….. WADUH…. susah amat sih …. kalau mau tau super dari pembasmi virus tanpa antivirus pake aja E R D C O M M A N D E R 2 0 0 5 dijamin dari virus halal sampe’ virus haram, berat ampe’ ringan dapat dibasmi……….. coba aja oxe hehehhehe

  37. 68 Aflah_Dany Sabtu, 23 Februari 2008 pukul 11:54 am

    Semua cara diatas tidak ada yang salah, yg salah yang g mau repottt, tinggal lihat kondisi masing2 komputer yg kena aja kok repot, Flexsibel gitu loh, klo belum parah banget kenapa harus format?saran saya, klo punya komputer ya kasih dua-duanya saja, Depreezz dan antivirus yg up todate n selalu cek. Pasti Oke Dech

  38. 69 aink Sabtu, 23 Februari 2008 pukul 9:49 pm

    klo kata saya mah, pk antivirus masih lebih ampuh!!!! tp kadang si antivirus suka ngehapus file exe yang sudah terinfeksi, jdny kita mesti install ulang tuch software…

    tp! setelah make kaspersky antivirus, saya jarang tuch kena virus!!! biarlah ngecracknya susah, tp kan ada OM Google!! di cari juga pasti dapet!!!!

    so menurut saya kaspersky sangat…


  1. 1 Tips dan Trik Anti Virus: Menghilangkan Virus Apapun yang menginfeksi Komputer (Windows XP) Anda Lacak balik pada Kamis, 19 Juli 2007 pukul 9:51 am
  2. 2 virus dan anti virus « Risnajutek's Blog Lacak balik pada Minggu, 24 Januari 2010 pukul 2:43 pm
  3. 3 Sejarah Tuhan | zansyuyut Lacak balik pada Jumat, 14 Januari 2011 pukul 8:34 pm
  4. 4 Tips dan Trik Anti Virus: Menghilangkan Virus Apapun yang menginfeksi Komputer (Windows XP) Anda Secara Mudah dan Murah (Tanpa Anti Virus) « mamantekajesa Lacak balik pada Jumat, 27 Mei 2011 pukul 3:34 pm
  5. 5 Tips dan Trik Anti Virus: Menghilangkan Virus Apapun yang menginfeksi Komputer (Windows XP) Anda Secara Mudah dan Murah (Tanpa Anti Virus) « yandidrop1 Lacak balik pada Sabtu, 28 Mei 2011 pukul 1:59 pm
  6. 6 Tips dan Trik Anti Virus: Menghilangkan Virus Apapun yang menginfeksi Komputer (Windows XP) Anda Secara Mudah dan Murah (Tanpa Anti Virus) « yandidrop1 Lacak balik pada Sabtu, 28 Mei 2011 pukul 1:59 pm
  7. 7 Menghilangkan Virus Apapun yang menginfeksi Komputer (Windows XP) Tanpa Anti Virus « asharul Lacak balik pada Rabu, 1 Agustus 2012 pukul 3:51 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 290 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: