Rintihan Seorang Golput: Salahkah Aku Tak Memilih Dirimu?

Katanya ini alam Demokrasi
Katanya ini alam Toleransi

Kenapa Kamu Paksa Aku Memilih

Katanya ini alam Kebebasan
Katanyai ini alam Hargai Menghargai

Kenapa Masih saja Kamu salahkan Aku karena Tak Memilih

Kalau Aku tak Memilih
Kalau Aku tak Melirik

Apakah aku tak berhak hidup di alam ini?
Apakah aku lalu tak layak dapat bantuanmu?
Apakah aku tak berhak menikmati jalan aspal di depan kampungku?

Kau kata aku tak berpendirian
Kau kata aku tak bertanggung jawab

Tolonglah aku ini hanya ingin hidup
Jika kamu memang ingin membantuku
Carikan aku pekerjaan
Biar aku dan anak istriku bisa makan
Tak usah kau paksa paksa aku!

Ataukah Bantuanmu bersyarat?
Ataukah Pertolonganmu tak Ikhas?
Oh naifnya dirimu

Salahkah aku?
Jika aku hanya ingin hidup
Tanpa Riuh Pesta Pilihanmu

Salahkah aku?
Jika aku hanya jadi penonton
Menonton Sorak sorai Kampanyemu

Jika kamu jadi
Akankah kamu hanya ingat pemilihmu
Dan mengabaikan diriku yang bukan pemilih
Ah naifnya dirimu jika begitu

Jika kamu jadi
Kewajibanmu juga menolongku
Menolong Pemilihmu
Menolong bukan Pemilihmu
dan Tentu diriku yang tak memilih

Itu Pemimpin Sejati!

Ingat! Walau aku tak memilihmu
Aku berhak menkritisimu
Ingat! Walau aku tak memilihmu
Aku berhak mengharap dan berharap

Aku hanya lidi diantara berjuta lidi
Semut diantara ratusan juta semut.
Tapi aku masih manusia
Yang punya hasrat hidup dan bergembira

Golput itu bukan dosa, Kawan!
Golput itu bukan neraka…
Golput itu pilihan… atau mungkin ketidakberdayaan…

Golput atau tidak…
kamu masih Kawan dan Saudaraku…
Indonesia masih Negeriku…
Sewan masih jadi Kampung Kecilku…
Bukan begitu?!??

Haqiqie Suluh

9 Tanggapan to “Rintihan Seorang Golput: Salahkah Aku Tak Memilih Dirimu?”


  1. 1 berandajiwa Selasa, 26 Agustus 2008 pukul 7:57 pm

    Sedoyo niku mboten kleru mas Suluh…

  2. 2 berandajiwa Selasa, 26 Agustus 2008 pukul 8:12 pm

    sedoyone niku mboten klentun mas suluh… :)

  3. 4 amir Senin, 20 Oktober 2008 pukul 8:57 am

    dadi mengkenen mas.. sekien dudu masalahe golput iku bener ato salah. tapi apa ana manfaate beli sependane ente golput. ente milih ato ora milih, tetep bae akan terpilih pemenangnya.. ente kudu akeh ndonga ke gusti Allah, njaluk petunjuk. aja langsung golput…ok

  4. 5 Aes el-Barca Senin, 27 Oktober 2008 pukul 6:49 pm

    Golput memang salah …
    … satu pilihan.
    Golput selalu menang
    di alam demokrasi

    Demokrasi selalu curang
    Tidak memasukkan suara golput
    dalam perhitungan pemilihan

    Demokrasi hanya bisa menjanjikan, kawan …
    Sejahtera hanya untuk para elit
    Sejahtera bukan untuk rakyat
    Karenanya makin banyak yang milih golput

    Buat golput,
    Anda berhak golput
    Namun jangan cuek
    pada keadaan
    pada ketidakadilan
    pada kesewenang-wenangan

    Buat golput,
    Anda berhak golput
    pada pesta demokrasi
    Beralihlah pada Islam
    Hanya Islam

  5. 7 Canon Rabu, 8 April 2009 pukul 9:12 am

    Jangan golput dong
    pilih pemimpin yang baik
    Yang bisa diharapkan
    Yang mampu memberikan pekerjaan
    Yang sanggup mengaspal jalan
    Pemimpin yang Sejati*)

    *) Pemimpin juga manusia

  6. 8 yanti lesmana Minggu, 10 Mei 2009 pukul 12:05 pm

    Bingung pak. Tidak ada pemimpin yg negarawan, yg betul2 bekerja utk rakyat dan negara di negara kita ini. Semua hanya berebut ke kuasaan saja. Terbaik diantara yg brengsek sa’at ini adalah partai yg biru.SBY masih lebih baik angat drpd yg lain. Megawati kwalitas sgt beda jauh dr Soekarno. Mendingan momong cu2 aja deh. Capres2 yg lain samimawon brengseknya. Kerjanya cuma bagi2 kekuasaan saja.

  7. 9 merrytha Selasa, 24 Agustus 2010 pukul 4:30 pm

    gini ya aq tu jd org kan ga gmpang brgaul… tp krna aq sering di ejek di school gra2 aq golput… jd … LANJUTKAN GOLPUT…..


Tinggalkan komentar




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis