Tentang Menulis; Serbaneka Gaya Tulisan, Kembali ke Pelajaran SMP

Salah satu keahlian dalam menulis adalah menggambarkan atau mendiskripsikan sesuatu. Sebuah paragraf atau sebuah karangan, seingat saya, dapat dipilah-pilah menjadi beberapa kategori berdasarkan gaya bertutur. Sebuah paragraf dikatakan memiliki gaya bertutur yang mengikuti sistematika waktu kejadian sering diberi nama paragraf narasi atau kronologis. Paragraf yang cara bertuturnya merupakan ungkapan atau penggambaran akan sesuatu hal seperti keadaan emosi atau keadaan lingkungan tertentu dinamakan dengan paragraf deskriptif. Semakin sebuah paragraf diskriptif mampu mewakili sebuah situasi atau keadaan sesuatu semakin ia mempunyai kedalaman penerjemahannya. Sebuah foto pemandangan umum yang kita ambil dari puncak gunung hanya dapat kita nikmati dalam bentuk gambar yang tentunya hanya dengan indera penglihatan saja kita mampu menikmatinya. Nah, penerjemahan gambar yang hanya dapat dilihat oleh indera penglihatan ke dalam bentuk teks atau paragraf melalui rangkaian kata-kata merupakan salah satu bentuk paragraf diskripsi. Demikian juga hal ini berlaku dalam situasi emosi yang hanya dapat di indera oleh hati, situasi rasa masakan yang hanya dapat di indera oleh indera perasa lidah, dan situasi sejenisnya. Semakin kita mampu menggambarkan kejadian nyata dalam bentuk kata-kata semakin kita mampu dan ahli menulis dalam paragraf diskripsi.

Berlainan dengan paragraf diskripsi dan narasi terdapat pula sebuah paragraf yang bertutur dengan cara argumentatif. Sebuah argumen atau pendapat merupakan sebuah rangkaian fakta atau asumsi demi mendapatkan keabsahan dan pembenaran dari seseorang yang lain. Argumentasi yang baik biasanya menggunakan kaidah-kaidah logika yang benar. Silogisme atau tautologi sering digunakan dalam mengungkapkan atau membentuk suatu paragraf argumentasi. Demikian juga kesesuaian isi dengan realita kehidupan sehari-hari merupakan suatu landasan yang berguna dalam menyusun paragraf argumentatif. Dengan demikian sebuah paragraf argumentatif dapat juga mengandung sebuah kalimat atau beberapa kalimat yang diskriptif atau naratif.

Satu jenis paragraf yang lain disebut dengan paragraf persuasif. Persuasif sering diterjemahkan dengan ajakan atau imbauan. Dengan demikian sebuah paragraf persuasi mengandung makna bahwa dalam paragraf tersebut berisi tentang ajakan atau imbauan untuk suatu tujuan tertentu yang diinginkan oleh si penulis itu sendiri. Sebuah paragraf persuasi dengan demikian juga memerlukan kalimat-kalimat argumentatif maupun diskriptif atau naratif untuk memperoleh hati si pembaca agar memenuhi atau mematuhi ajakannya. Semakin sebuah paragraf dapat diterima oleh akal sehat (argumentasi) dan semakin mampu dirasakan (diskripsi) semakin tinggi juga paragraf persuasif tersebut di buat.

Nah dari berbagai jenis paragraf di atas, ada perasaan atau ketidak percayaan dalam diriku bahwa aku memiliki kemampuan yang rendah dalam menulis paragraf yang diskriptif serta persuasif. Walaupun demikian ada juga perasaan bahwa aku sudah mulai mencoba memberikan hasil yang cukup baik dalam perkembanganku untuk mencapai kemampuan menulis secara diskriptif. Salah satu kelemahan yang ku rasakan juga adalah kemampuanku dalam memilih kata yang tepat untuk digunakan dalam sebuah kalimat. Orang sering menamai proses pemilihan kata ini dengan istilah diksi. Pemilihan kata menjadi sangat penting dalam proses menulis karena aktivitas menulis juga memelukan aktivitas pembacaan atas hasil menulis tersebut. Seseorang pembaca bisa berasal dari berbagai golongan masyarakat dan berbagai tingkat kepintaran serta pendidikan. Dengan demikian diksi yang baik dapat diketahui apabila sebuah tulisan mampu di pahami oleh pembaca sesuai dengan tingkat keahlian dimana tulisan itu ditujukan. Seorang ilmuan akan kesulitan menerjemahkan atau memahami sebuah bacaan ilmiah jika ditulis dengan gaya sastra yang hiperbol dan penuh bias dikarenakan diksi yang keliru. Demikian juga sebaliknya.

Catatan: ada satu lagi jenis paragraf yang terlewat yaitu jenis paragraf atau karangan eksposisi… saya masih kurang jelas dengan jenis paragraf atau karangan ini. Ada yang bisa membantu?

About these ads

44 Responses to “Tentang Menulis; Serbaneka Gaya Tulisan, Kembali ke Pelajaran SMP”


  1. 1 Rizma Adlia Jumat, 25 Mei 2007 pukul 7:43 am

    Ma ga terlalui ngerti (Ma ga pernah pinter bahasa nih,,)
    Hmm,, kalo Ma jadinya gaya nulis apa ya,, diduga campur aduk,,

    gak pinter bahasa?? apalagi saya mbak ma:(

  2. 3 etikesen Rabu, 18 Juli 2007 pukul 5:31 pm

    ga ngerti mas, coba nanya ke guru smp mas suluh. sekalian silaturrahim…hehehe

  3. 4 agus Selasa, 14 Agustus 2007 pukul 2:31 pm

    maaf ma ya… saya copy paste tulisan ini.
    soalnya saya lg perluuuu banget..
    gak papa ya..
    maaf sekali lagi…

    trima kasih..

  4. 5 agus Selasa, 14 Agustus 2007 pukul 2:46 pm

    saya tau dikit ttg eksposisi ma…

    eksposisi adalah karangan yang bertujuan untuk memberi informasi atau penjelasan kepada pembaca. contoh karangan eksposisi membahas tentang cara beternak ayam, bagaimana menanam singkong, dan sebagainya. karangan ini bisa juga menerangkan proses kerja. misalnya: bagaimana cara operasi mesin motor.

    jika ada paragraf yang menjawab pertanyaan: apakah itu? bagaimana itu berlangsung? mengapa itu baik? darimana asalnya?, paragraf tersebut adalah paragraf eksposisi

    beberapa jenis pengembangan paragraf ini adalah: (1) eksposisi definisi, (2)ekposisi proses, (3)eksposisi klasifikasi, (4)eksposisi contoh, (5)eksposisi perbandingan dan pertentangan, dan (6)eksposisi laporan.
    untuk contoh-contohnya dapat dilihat di buku pelajaran bahasa Indonesia kelas X terbitan Erlangga hal 52-53.

    semoga bermanfaat bagi kita semua… :)

    daftar pustaka:
    Keraf, Gorys. 1984. “Komposisi”. Ende-Flores: Nusa Indah
    Tim Edukatif. 2007. “Kompeten Berbahasa Indonesia”. Jakarta: Erlangga.

  5. 6 putri langit Rabu, 29 Agustus 2007 pukul 7:49 pm

    mas,, tulisan’a Saya copy paste bole yaaa!!
    tgas pnting nii ..

    thx iia ..

  6. 7 ikHa Sabtu, 1 September 2007 pukul 7:45 pm

    contoh karangan eksposisi tentang HIV/ Aids please. . .
    Tugas penting banget nih. . .

  7. 8 yecha Rabu, 24 Oktober 2007 pukul 9:22 am

    tolong kasih contoh paragraf eksposisi umum-khusus dan khusus-umum dgn pengembangan:
    – Klasifikasi
    – Analogi
    – Sebab-akibat
    – Perbandingan
    masing-masing 2 contoh ya..
    tolong kirim ke email ku ya.. tenkyuu.
    di tunggu hari ini yaa..
    thx

  8. 9 jonaini Kamis, 25 Oktober 2007 pukul 7:25 pm

    minta contoh karangan eksposisi dalam bentuk bahasa.inggris

  9. 11 yoyon Jumat, 16 November 2007 pukul 7:03 am

    kok pada minta sih…..
    gk ada yg mo nyari…. ke perpus donk….
    emang enak kalo diminta ngarang banyak2…..
    ya nggak mas….
    (\/)

  10. 12 andien Selasa, 1 Januari 2008 pukul 4:14 pm

    mas>
    temanya terserah de>>
    kirim ke e_mail ku ya?
    eve_blues_zee@yahoo.co.id

  11. 13 selly mulyani Senin, 2 Juni 2008 pukul 3:31 pm

    punten….
    saya gak kenal dengan antum…tapi bolehkan minta tulisannya…Insya Allah tulisan antum akan dipublikasikan lewat salah satu bulletin, gpp kan ? nyalurin ilmu, heh2

  12. 14 Suluh Senin, 2 Juni 2008 pukul 3:48 pm

    @selly: monggo mmbak… boleh… banget… asal dikasih referensi ke blog saya ini…

  13. 15 Reje Minggu, 7 September 2008 pukul 4:03 pm

    Gak sesuai dengan keinginan saya

  14. 16 Reje Minggu, 7 September 2008 pukul 4:04 pm

    minta dooonk contoh eksposisi laporan, butuh cepaat

  15. 17 An4k Gaul Minggu, 7 September 2008 pukul 8:52 pm

    Wah klo Q sih g tau masalah paragraf eksposisi, malah klo bsa Q minta tolong kasih contohnya, biar bsa Q pke bwt ngerjain tugas.
    Please…………….!!

  16. 18 Sophie Minggu, 14 September 2008 pukul 8:40 pm

    Waduh, ada contohnya nggak sih? Sophie masih bengong XDDD

  17. 19 ve Selasa, 14 Oktober 2008 pukul 7:58 pm

    woi …..
    mw ce or co , gw mnta tlong donx
    bknin cnth eksposisi proses , definisi , ilustrasi , pertentangan ma laporan .

    btuh bgt niie …
    skrang ya ….

    pliizz

  18. 20 ve Selasa, 14 Oktober 2008 pukul 8:32 pm

    ko” gag d repz !!

    btuh bgt nie …
    skrng bwt tgas bsk .

  19. 21 anna Senin, 3 November 2008 pukul 12:16 pm

    WAH MBAK…TAMBAI LAGI DONG PARAGRAFNYA YANG LEBIH LEBIH DETAIL JADI SAYA MUDAH NGOPINYA NGGAK PERLU NYARI KEMAN-KEMANA

  20. 22 hana pertiwi Kamis, 6 November 2008 pukul 10:18 am

    kirimin contoh karangan eksposisi dan karangan narasi dong…… please bangets yach…

  21. 23 lista Jumat, 7 November 2008 pukul 1:25 pm

    tolong dong kirimin contoh eksposisi diantaranya identifikasi, perbandingan, ilustrasi, klasifikasi, definisi nominal, definisi logis atau formal, definisi luas, analisis bagian, analisis fungsional, analisis proses, analisis akibat-sebab, analisis sebab-akibat, analisis akibat-akibat.

    Tolong please buanggeett, soalnya tugas ini dikumpulin besok sabtu(tugas dadakan)!!!!!!!!!!

  22. 24 yogi Kamis, 27 November 2008 pukul 6:36 pm

    iy niihh,, ad yg punya contoh paragraf eksposisi ga???
    penting bgt nih soalnya ada tugas buat akhir smester..

    tx…

  23. 25 winnie Senin, 2 Februari 2009 pukul 10:31 pm

    mbaa,, kasih contoh bentuk paragraf persuasif dong. buat besok nih. gk ngerti sm sekali nii.. makasih banyak ya..

  24. 26 Pantat angsa Selasa, 24 Februari 2009 pukul 8:20 am

    sok pinter semua nih . .

  25. 27 ari Kamis, 26 Februari 2009 pukul 7:23 pm

    makasih infonya!! aku salin yah!!

  26. 28 fauzan Senin, 9 Maret 2009 pukul 4:10 pm

    waduuh !!!!!! banyak amat nih jd mls bcnya………………..

  27. 30 hEstY Selasa, 10 Maret 2009 pukul 3:19 pm

    Tolong kirimin pengertian argumentasi & persuasi dan contoh’nya…..

    pliez kirimin skrg ju9a ya….

    penting bgt nie….

  28. 31 jeanette claudia Minggu, 3 Mei 2009 pukul 8:12 pm

    uughhhh…sekarang aku lagi cari contoh paragraf argumentasi nih…kok susah banget…

  29. 32 Khai Inscorpiocesma Andika Selasa, 3 November 2009 pukul 9:11 pm

    Kalau jelasin yg lengkap donk

  30. 33 baihaqi Senin, 14 Desember 2009 pukul 11:16 am

    aku minta tolong kirimin satu karangan yang terdiri dari 5 paragraf (narasi eksposisi persuasi argumentasi deskripsi). kirim ke E-mail ku!

  31. 34 Nony Senin, 14 Desember 2009 pukul 6:35 pm

    Bisa minta tolong kasih contoh tema paragraf argumentasi,ckarang yaaa!!coz kalau nggak bikin kena hukum…xey,!pleaseeee..

  32. 35 rumahbelajar Sabtu, 16 Januari 2010 pukul 5:27 pm

    patut dilanjutkan dengan gaya yang lebih mengarah pada jurnalis, semangat….

  33. 36 nta Rabu, 27 Januari 2010 pukul 6:42 pm

    tolong bkinin karangan argumen donk…!!

  34. 37 umey Rabu, 3 Februari 2010 pukul 8:47 pm

    kok pada minta dibikinin paragraf ya.. :|

  35. 38 nices Kamis, 25 Februari 2010 pukul 12:31 am

    errmmm..tlg crikan tjuk ne
    huraiakn konsep permasalahan dan perlaksanaan pembawaan guru
    cr xjmpe…plz

  36. 39 dini Senin, 25 Oktober 2010 pukul 5:48 pm

    nanya donk
    contoh paragraf eksposisi perbandingan dan pertentangan apa y ???
    di tunggu y
    thnks

  37. 41 kng eun hoon Senin, 1 November 2010 pukul 6:08 pm

    aduuh kok bkan yang aku mau ea???

  38. 42 Robuster Minggu, 1 Mei 2011 pukul 11:29 am

    patut dilanjutkan dengan gaya yang lebih mengarah pada jurnalis, semangat….

  39. 43 HomeTivi Selasa, 7 Juni 2011 pukul 1:04 pm

    uughhhh…sekarang aku lagi cari contoh paragraf argumentasi nih…kok susah banget…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 290 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: