Tips Kesehatan: Mengatasi Kulit Sensitif

Ini pengalaman yang saya dapatkan lewat pengamatan langsung atas diri ibu saya. Ibu saya selain menderita lemah jantung, pengapuran di daerah leher, juga memiliki kulit yang sensitif. Bila keseringan terkena air saja kulit kaki maupun tangan ibu saya bisa langsung jadi kasar dan seperti mengelupas. Tidak jarang kemudian lecet dan terluka. Kadang kala lecet dan luka seperti ini jika parah bisa bernanah. Kata ibu saya, kulit tangan dan kakinya tersebut sudah dari jaman kecil seperti itu.

Saya pernah mengantar beliau ke rumah sakit untuk keperluan pengobatan penyakit kulitnya ini. Memang setelah diperiksa dan dikasih obat oleh dokter kulit ibu saya jadi lebih baik. Namun ketika obat atau salep yang diberikan telah habis kulit ibu saya kembali seperti semula. Ketergantungan terhadap obat akhirnya membuat ibu saya menyerah dan mengambil alternatif lain.

Untuk keperluan cuci tangan dan mandi ibu saya menemukan cara yang paling efektif agar kulitnya tidak kasar dan mengelupas lagi. Walaupun cara ini tidak menghilangkan sisi sensitif dari kulit ibu saya, namun setidaknya cara ini mempu untuk mengatasi dan mencegah terjadinya hal yang lebih parah.

Cukup sederhana saja. Karena sering kali dengan menggunakan sabun cuci atau sabun mandi biasa yang lumayan memiliki sisi “kimia” yang keras, maka alternatifnya adalah dengan mencari atau menggunakan sabun untuk keperluan cuci maupun mandi yang memiliki sifat “lembut”. Sabun tersebut dapat ditemukan secara mudah di toko-toko, dan tidak perlu repot-repot mencarinya. Apakah sabun yang lembut ini? Sabun ini adalah sabun bayi.

Bayi sudah diketahui memiliki kulit yang lembut dan sensitif demikian sehingga bayi memerlukan treatment atau perlakuan yang berbeda dengan orang dewasa. Mulai dari sabun, shampo dan sebagainya, haruslah menggunakan jenis yang lembut dan cocok untuk bayi. Nah, sifat inilah yang dipergunakan untuk mengatasi kulit yang sensitif. Hasilnya cukup memuaskan.

Seorang teman yang memiliki kulit seperti ini pernah saya berikan sabun bayi dan saya anjurkan untuk mencobanya. Hasilnya adalah ucapan terima kasih karena anjuran atau saran saya tersebut yang mengandung arti bahwa resep sabun mandi saya tersebut manjur kepadanya. Dia juga sempat menunjukkan hasil dari anjuran saya tersebut

Ringkasan Mengatasi Kulit Sensitif:
Gunakan sabun bayi untuk keperluan cuci mencuci tangan kaki dan mandi.

Semoga bermanfaat
Salam Sehat

Haqiqie Suluh

52 Tanggapan to “Tips Kesehatan: Mengatasi Kulit Sensitif”


  1. 1 rani Kamis, 9 Agustus 2007 pukul 12:45 pm

    ya saya jg udah pernah mencobanya dan hasilnya memang benar kulit saya jadi terasa lembut.tadinya sich kulit saya kering dan berminyak dan gampang sekali timbul jerawat.setelah saya coba selama sebulan kulit saya menjadi normal dan jarang sekali saya berjerawat.kalaupun berjerawat saya bersihkan saja muka saya dengan sabun bayi ternyata dikit demi sedikit jerawat saya hilang dan tanpa obat jerawat.thx ya atas tipsnya

  2. 2 yaya safitri Jumat, 14 Desember 2007 pukul 3:55 pm

    saya mau konsultasi.mohon diberi saran-saran.
    mungkin kulit saya terlalu sensitif, sehingga pada saat mencoba produk-produk terbaru kulit saya memerah seperti bekas jerawat. bagaimana cara menghilangkannya?? saya mencoba mengobatinya dengan mencoba produk lain, tapi hasilnya tambah parah. teruz solusinya apa???? mohon balazannya.

  3. 3 Suluh Sabtu, 15 Desember 2007 pukul 8:39 am

    jangan gunakan produk baru… hentikan mencoba-coba… back tu nature… jangan lupa pake produk2 bayi buat kulit sensitif anda… hanya itu saran saya

  4. 4 lakhsmi Rabu, 26 Maret 2008 pukul 1:31 pm

    tips ini bagus sekali tapi alangkah bagusnya jika hal itu bukan hanya pengalaman tapi juga ada dari dokter medis

  5. 5 elllie Kamis, 27 Maret 2008 pukul 12:00 pm

    saya sudah 3 tahun mempunyai jerawat dipipi,sudah 3 dokter terkenal pula saya berobat,yang saya herankan kenapa jerawat masih bermunculan,padahal setiap hari didalam kantor yang ber-AC alias jauh dari debu,jerawat yang ada pada pipiku juga merah bget & “jerawat dalam” istilahnya yang kalo dipencet susah keluarnya,kasih saran dong caranya mengatasi jerawatku,

  6. 6 evin Kamis, 27 Maret 2008 pukul 8:57 pm

    soal kulit sensitif saya pernah denger dan pernah mencobanya.ya emang terbukti.

  7. 7 ayu_sargayu@yahoo.co.id Selasa, 10 Juni 2008 pukul 4:35 pm

    Mendingan buat Ellie kamu minum air putih yang banyak and pakai sabun baby untuk cuci mukanya.. pasti lama-lama akan kembali normal.

  8. 8 yoni Senin, 22 September 2008 pukul 3:38 pm

    saya….cowol 22 thn. kulit muka saya termasuk kulit sensitif, yakni merah-merah dipipi serta bekas2 jerawat berwarna merah. saya sudah pake sabun untuk kulit sensitif (merk cukup terkenal). hailnya kulit muka saya memang terasa ringan setelah mandi selain itu juga lembut. tapi bekas jerawat dan kemerahan dipipi saya tidak hilang-hilang.saya sudah pake sabun tersebut selama 3 bulan. gimana ya? mohon solusinya….
    terima kasih

  9. 11 Suluh Senin, 22 September 2008 pukul 5:09 pm

    @yoni: sya gak brani kasih saran mas. coba ke dokter kulit. tapi bisa dicoba pake sabun bayi. soal jerawat, penyebabnya macam2 gak bisa kasih saran langsung…

  10. 12 muttz Rabu, 21 Januari 2009 pukul 5:12 pm

    alhmduliilah..
    nakeun iia ppke liidah buayya tte,,

  11. 13 tata Kamis, 19 Maret 2009 pukul 8:38 pm

    wahh..sama nih problemnya..boleh tau merk sabun bayinya?hehe thanx…

  12. 15 An Rabu, 26 Agustus 2009 pukul 8:06 pm

    saya punya penyakit kilit menahun sembuh kumat,saya hampir habis pikir kedokter hampir bosan,penyakit saya eksim kering, tolong kalau ada solusinya yg jitu,terima kasih

  13. 16 anatasyah Rabu, 2 September 2009 pukul 1:58 pm

    saya mw tny?tuk hilangi flak hitam di wajah gmn y cara nya.saya pakai produk pixy,tp kq bukan menghilangkan tapi mala nambah hitam.tlg donk kasih solusi nya produk pa yang bagus,aman dkulit.

  14. 17 egy Jumat, 4 September 2009 pukul 11:54 pm

    mau nanya donk..
    saya cwe 20 thn, sya pengguna obat dari dokter dan sudah hampir 3 tahun awalnya tidak ada masalah tapi saya pernah mencoba untuk berhenti tidak menggunakan obat tersebut selama 1 minggu dan akhirnya kulit muka bagian pinggir mulut n dagu sekitarnya timbul bintik2 merah seperti biang keringat, gatel dan ada putih2 di bintik2 tersebut,sampai akhirnya saya menggunakan cream itu lg kemudian agak hilang n tidak separah ketika saya lepas dri cream itu, dan skrng saya ingin berhenti menggunakan cream tersebut.

    bila bintik2 itu muncul bagaimana cara menghilangkannya?
    apakah ada cara agar bintik2 itu tidak muncul ketika saya lepas dari cream tersebut?
    dan apakah saya tidak cocok dengan produk tersebut?
    mohon blsnnya. thx

  15. 18 mutu Sabtu, 19 September 2009 pukul 6:13 pm

    kulit tangan dan kaki saya keluar dan akan pulih dalam masa 2bulan…selepas 4 bulan kulit saya akan keluar sekali lagi…
    apa perlu saya buat untuk mengatasi masalah ini…

  16. 19 Kicky lusianti Minggu, 31 Januari 2010 pukul 2:56 am

    Mksh tipsnya. Bisa kirimi saya tips lainnya.

  17. 20 marlina Selasa, 9 Februari 2010 pukul 10:01 am

    wa…. cocok nih boleh tau ngga’ merk sabun bayi apa yang akan digunakan bls donk ……………….

  18. 21 Saya cowok 18 Senin, 15 Februari 2010 pukul 4:01 pm

    Saya akan mencoba dulu tips dari xamu tapi tolong beritau saya produk apa contoh nya??
    Biar saya mudah mencari nya gitu looh??

  19. 22 novi yanti Sabtu, 20 Februari 2010 pukul 8:45 pm

    saya cape deh ngurusin jerawat yg merah” di pipi saya , sampai saya thu gk pede .
    sudah banyak dokter kulit saya coba , tp tetap aja gk ada hasil nya.
    apa si obat nya ?

  20. 23 citra Kamis, 4 Maret 2010 pukul 9:32 am

    aku kesel bgt ne ma kulitku……….
    kalau tdk pakai sabun cuci muka itu jerawatnya muncul…
    gmn cra ngtasinya yaaaaaaaaa….?

  21. 24 ana Kamis, 8 April 2010 pukul 8:14 am

    perlu di coba neh…………..

  22. 25 cicak Kamis, 8 April 2010 pukul 9:34 am

    sering-sering olahraga aja,jd semua kondisi tubuh kita kuat,sehat dan normal….

  23. 26 lia ipul Sabtu, 1 Mei 2010 pukul 10:53 pm

    sy py tips bwt jerawat untuk kulit berminyak dan kering.. gunakan pembersih wajah POND’S Fawless white tiap mau bobo dan bangun pagi, jangan lupa dgn peeling dan maskeran pke mustika ratu caranya Sekali seminggu kamu harus manjain wajaah km dirumah,gak mahal koq. selanjutnya kalo mo keluar rumah selalu sediakan tissu keing bwt ngapus debu diwajah. slamat meencoba yah…085242702953

  24. 27 eriz Minggu, 2 Mei 2010 pukul 11:39 pm

    sama ni,,,,muka aq sensitif bgt,,,pipi kemerahannn,pake bedak aj.msh kliatan..palagy kalo panas or brkringat dikit….ampun…gak nyaman n g pd bgt,,,,,muka q merah rah…muka q mpe menguap juga,putih2 ky panu gt,,blom ilang mp skrg…q blom cb pke baby soap,,,minta sarannnnya donq,,,biar kulit q normal lgie…

  25. 28 hilda Kamis, 13 Mei 2010 pukul 5:35 pm

    Aku udah coba pakai semua pelembab,sabun,n bedak,,,,,tapi gda yang cocok ma kulit wajahQ,,,,soalnya wajah Aku Sensitif Banget…!!
    aku mau minta saran ngilangin jerawat n bekasnya gimana,,,,
    Trims…

  26. 29 sevtian Sabtu, 29 Mei 2010 pukul 1:52 pm

    dok gimana cra ngatasi jerawat dan bekasnya dikulit sensitif>>>>

  27. 30 nining Jumat, 11 Juni 2010 pukul 9:29 pm

    makasih yaah infonyaaa,,,,

  28. 31 hakiki Sabtu, 26 Juni 2010 pukul 6:09 am

    artikelyang bagus perlu di coba… tahk ya

  29. 32 ferdy Minggu, 11 Juli 2010 pukul 12:28 pm

    psti mncur khan sran na ne…..
    soal na q jga pnya kasus yg sma nichh……

  30. 33 FITRI Selasa, 10 Agustus 2010 pukul 11:42 am

    gimana ya caranya ngatasin jerawat yang bandeeeeel banget.
    di pipi q dah ada ribuan jerawat, padahal aku udah pkai sbun byi slma 1thn lo…tp g ada hsilnya. mnt tipsnya donk…..

  31. 34 awwi Rabu, 13 Oktober 2010 pukul 11:19 am

    trimakasih atas sarannya semoga sja bisa bntu sya

  32. 35 Z z Senin, 19 September 2011 pukul 9:56 am

    Saya jg mengalami hal yg sama. Setelah diberitahu dokter sy kmdn menggunakan sabun merk “D***” yg mengidentifikasi produknya sbg sabun yg paling byk mengandung moistuizing hasilnya smp skrg sy msh menggunakannya krn lbh baik dr sabun2 lain. Tp sy jg pernah coba sabun bayi batang merk “M* B***” tp hasilnya spt selain sabun “D***”. Mgu lalu sy coba beli sabun bayi cair mengandung susu merk “J******-j******” tp blm dipake jd blm tau hasilnya.

  33. 36 ariyanti Minggu, 27 November 2011 pukul 2:49 pm

    huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…………………………..sbelllllllllllll2 am k;lit yg mrah bnget sstif pngen dehhhhhhhhhhhhhhhhh pnya klit yg gk ssntif amt

    dggit sm smut zaa bza bnkak shrian truzz jdi ;lcettttttttttttttttttttt dhe

    huuuuuuuuuuuuuuuuhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhuhuhuhuhuhu
    sbellll pkok a

  34. 37 putri Sabtu, 3 Desember 2011 pukul 7:47 pm

    saya jual produk untuk kulit sensitive dan jerawat , .dan alat alat kecantikan lainya tanpa ada zat kimia berbahaya

  35. 38 eka Selasa, 27 Desember 2011 pukul 7:23 am

    semoga saran2 disini bnr2 topcer


  1. 1 MENGATASI/MENGHILANGKAN JERAWAT DENGAN LIDAH BUAYA « Lindhubwanget’s Blog Lacak balik pada Rabu, 3 Desember 2008 pukul 1:22 pm
  2. 2 arik_mgt » Blog Archive » MENGATASI KULIT SENSITIF Lacak balik pada Selasa, 27 Oktober 2009 pukul 11:56 pm
  3. 3 kesehatan » kesehatan kulit Lacak balik pada Selasa, 6 Juli 2010 pukul 12:50 pm
  4. 4 Tips Pijat Tradisional: Menghilangkan Sakit Kepala dan Sakit Gigi | Queenhalizahhidayah Lacak balik pada Selasa, 18 Januari 2011 pukul 8:48 pm
  5. 5 Tips Menghilangkan Jerawat | ilham0 Lacak balik pada Jumat, 18 Februari 2011 pukul 12:01 am

Tinggalkan komentar




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis