Body, Soul and Mind

Tubuh, jiwa, dan pikiran. Aku merasa bahwa ketiganya merupakan entitas dari yang satu. Salah jika kita membeda-bedakan ketiganya sebagai suatu hal yang berdiri sendiri. Bahkan konsep tubuh, jiwa dan pikiran sesungguhnya tak bisa dikatakan memiliki bukti yang jelas. Mereka hanya merupakan penyebutan-penyebutan dari entitas jiwa yang satu, yaitu aku, seorang manusia. Dalam pikiranku, aku yakin bahwa sebenarnya terdapat wajah-wajah yang banyak dari entitas aku itu sendiri. Tidak hanya terdiri dari ketiga hal tersebut. Aku adalah aku. Aku adalah proses menjadi aku. Demikian seterusnya. Sebuah objek pemelajaran yang paling sempurna, jika kita merujuk pada tujuan memperoleh pengetahuan, adalah hidup itu sendiri sebagai sebuah laboratorium eksplorasi tiada henti beserta alam lingkungan tempat ia beradaptasi dan bertumbuh.

Hanya saja ketiga konsep tersebut memang merupakan suatu teorisasi atau pemudahan penyebutan, seperti yang tampak pada pembedaan gejala emosionalitas kita. Seperti pembedaan sedih dan gembira. Dalam hal ini ketiga konsep tersebut merupakan langkah praksis-kategorian. Maksudnya adalah ketiga konsep tersebut hanya merupakan suatu penyebutan demi kelancaran atau kemudahan dalam membedakan apa yang tampak di permukaan dari satu entitas. Seperti sebuah benda yang memiliki warna atau rasa atau bau. Semuanya berasal dari hal yang satu tetapi seperti memiliki entitas yang berbeda pada level permukaan pada indera manusia. Rasa asin, warna putih dan bau pada garam merupakan entitas yang berasal dari yang satu yaitu garam itu sendiri.

Iklan

0 Responses to “Body, Soul and Mind”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


%d blogger menyukai ini: