Tips Kesehatan Lewat Obat Tradisional: Mengatasi Mata merah Iritasi dengan Daun Sirih

PERINGATAN!!! Tulisan ini merupakan tulisan awal saya mengenai obat-obatan tradisional maupun hal-hal yang menyangkut tips kesehatan atau mengatasi penyakit lainnya. Kemanjuran maupun keefektifan dari penggunaan obat atau tips ini hanyalah bersumber dari pengalaman saya saja serta pengetahuan yang diturunkan secara mulut-ke mulut. Disini saya ingin menekankan, juga untuk tulisan-tulisan saya selanjutnya yang berhubungan dengan obat-obatan tradisional maupun tips kesehatan lainnya, bahwa tips kesehatan lewat Obat Tradisional maupun yang lainnya ini dan nanti, tidak saya dasarkan melalui penelitian ilmiah khas laboratorium. Jadi ingin saya tekankan juga, efek samping yang mungkin terjadi karena penggunaan obat-obatan maupun yang lainnya ini tidak teruji secara ilmiah. Saya menyatakan tidak bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi jika nanti ternyata apa yang saya nyatakan dan tuliskan mengenai obat-obatan dan tips yang lainnya ini berefek negatif bagi anda. Mohon dibaca baik baik Peringatan ini.

Kebetulan di rumah bapak ibu saya terdapat tanaman obat-obatan tradisional. Kalau beberapa orang mungkin menyebutnya sebagai TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Ada benarnya sih pemberian nama TOGA ini. Kadang kala orang juga sering menamai pengetahuan yang bersumber dari keluarga yang sifatnya turun-temurun ini sebagai suatu “kearifan lokal”. Nah, sebagai seorang manusia yang sering terkena penyakit (Normal bukan?), kadang kala atau malah sering kali obat-obatan yang saya pergunakan untuk mengatasi sakit saya berasal dari tumbuh-tumbuhan di sekitar rumah.

Suatu saat saya mengalami yang namanya “kelilipan” atau mata terkena sesuatu benda sedemikian sehingga saya merasa tidak nyaman dengan keadaan tersebut. Kemudian secara reflek saya “mengucek (bahasa jawa)” atau menggosok mata saya tersebut dengan tangan. Sebuah perbuatan yang sangat saya sesali karena kemudian mata saya menjadi merah. Dan apa lacur, tidak hanya merah saja mata saya tetapi mata saya bahkan bengkak dan bola mata saya seperti mau keluar dari rongga mata. Saya ketakutan tentunya menyaksikan mata saya dicermin. Itu tidak terhitung air mata yang telah saya keluarkan karena kejadian itu.

Saya mengadu ke ibu bapak. Sebuah perbuatan yang wajar bukan. Jika anda sakit sebaiknya anda juga melakukan hal seperti saya. Meminta tolong seseorang. Bukan begitu? Ibu saya sehabis saya perlihatkan kondisi mata saya, dengan sedikit kepanikan menyarankan saya untuk memetik beberapa buah daun Sirih yang berada di beranda samping rumah. Kemudian menyuruh saya untuk mencucinya dan kemudian merendamnya dalam air panas. Semua saya lakukan sendiri.

Air yang telah direndami Daun Sirih beberapa lembar tersebut kemudian saya pergunakan untuk membasuh mata saya. Caranya waktu itu mengikuti saran ibu adalah dengan mencelupkan mata saya ke mangkok atau wadah air bersirih tersebut. Tentunya setelah air bersirih tersebut tidak lagi panas betul. Hangat-hangat kuku lah. Atau dingin sekalian juga gak papa.

Anda tahu apa yang terjadi? Beberapa menit kemudian mata merah saya mulai berkurang bengkaknya. Beberapa kali saya disuruh oleh ibu untuk mengulangi apa yang saya lakukan sebelumnya yaitu mencelupkan mata merah iritasi tersebut ke rendaman air daun sirih. Dan dalam satu hari setelah saya melakukan pengobatan tradisional itu, secara mengagumkan mata saya sudah tidak bengkak dan merah lagi.

Ringkasan mengatasi mata merah iritasi:

Petik beberapa lembar daun sirih
Rendam daun sirih dalam air panas
Tunggu sampai rendaman agak dingin atau dingin
Celupkan mata anda ke dalam rendaman
Ulangi sampai beberapa kali

Semoga saja pengalaman saya ini bermanfaat.

Salam Sehat

Haqiqie Suluh

Link Tulisan Terkait:

Kearifan Lokal Penduduk Pantai Baron Gunung Kidul: Mengatasi Sengatan Ubur-ubur

About these ads

136 Responses to “Tips Kesehatan Lewat Obat Tradisional: Mengatasi Mata merah Iritasi dengan Daun Sirih”


  1. 1 Evy Minggu, 17 Juni 2007 pukul 10:57 am

    jadi spt boorwater gitu yaluh, daun sirih setahuku emngandung antisemptik, di pake obat kumur juga

    iya bu… :D

  2. 2 Intania Jumat, 31 Agustus 2007 pukul 4:54 pm

    bagi pengalaman..
    waktu itu mata saya kena bintitan. di dalam kelopak matatepatnya.(tau kan ya?) beberapa teman menyarankan untuk pake daun sirih juga, saya coba dalam rangka usaha hehe. saya rebus kira2 lima lembar daun sirih dalam 3 – 4 gelas air. ampe kira2 mendidih dan airnya udah dingin, baru diaplikasikan (?) ke mata yang sakit kayak pake boorwater. bismillah. eh iya loh, matanya dah ga sakit lagi.
    Besoknya di kantor, pagi2, ada temen yang nanya “matamu pake eye shadow ya? kok cuma sebelah?” HE? pas liat di cermin ternyata permukaan kelopak mata bagian atas berwarna ungu ke-pink2an (kebayang ga?) hahaha jadi selama beberapa hari setelah itu kayak orang pake eye shadow sebelah. side efek kali ya? tapi setelah kira2 lima hari ilang sendiri tuh.and i’m fine.
    tambahan tips,kalo buat bersihin mata berdebu atau kelilipan, bisa pake bunga teleng, (sorry, gatau nama ilmiahnya), kayaknya dia termasuk family Leguminosae, merambat, berwarna ungu.
    satu bunga direndam dalam air kira2 lima jam, terus airnya ditetesin ke mata. mungkin bakal agak perih tapi cukup efektif sebagai pengganti visine :)

  3. 4 mugiy Senin, 25 Agustus 2008 pukul 12:05 pm

    aku juga pernah mempraktekan gitu karena mata belekan dan alhamdulillah setelah tiga kali “merambang” atau mencelupkan mata diair sirih mata ini sembuh dan gak dempet saat bangun pagi

  4. 5 melati Selasa, 14 Oktober 2008 pukul 11:46 am

    masa sih dengan daun sirih … perih ga yach,
    aku kan matanya agak merah dan agak sedikit gatal. ada efeknya gak ?

  5. 8 fuad Kamis, 30 Oktober 2008 pukul 2:30 pm

    wah kayaknya harus dicoba nih cos mata saya merah, tapi perih ga ya. thx infonya.

  6. 9 Rian Sabtu, 22 November 2008 pukul 8:24 am

    emang bener sih kalo mata merah penglihatan jadi buram, tapi benr juga kalo mata merah saya menggunakan daun sirih

  7. 10 dans Sabtu, 13 Desember 2008 pukul 5:09 pm

    bner pake daun sirih??
    q coba deh..mdh2 manjur!!

  8. 11 rhocan86 Kamis, 26 Februari 2009 pukul 10:28 am

    Bermanfaat pak cik, saya juga .sering coba tu
    makan sirih juga bisa membuat gigi awet dan mulut tidak mudah terkena sariawan

  9. 12 rhocan86 Kamis, 26 Februari 2009 pukul 10:30 am

    Bermanfaat pak cik, saya juga sering coba tu
    makan sirih juga bisa membuat gigi awet dan mulut tidak mudah terkena sariawan

  10. 13 rangga Jumat, 13 Maret 2009 pukul 11:37 am

    apa benr ,y klou gitu aku mw cba ah mudah2 han aj ,,??

  11. 14 Citra Indah Selasa, 17 Maret 2009 pukul 4:57 pm

    Hi,
    makasih telah sharing informasi tips kesehatan yach

  12. 15 Andika Nur Imran Rabu, 18 Maret 2009 pukul 7:49 am

    Apa betul nih?
    sebab sy sekeluarga pada kena mata merah sdh 3 hr, pake obat dokter blm sembuh..moga2 pake daun sirih manjur ya..amin! thx

    • 16 anna riskia Selasa, 7 April 2009 pukul 8:43 am

      gimana Andika apa sudah kamu coba dan sembuh, soalnya aku juga lagi sakit mata nih udah 3 hari gak sembuh2 malu sama teman kantor. aku kasih obat cendo xintrol gak sembuh2

      • 17 put ajahh Jumat, 16 Oktober 2009 pukul 9:45 pm

        eh, mata ku jg merah nih. gini ceritanya.

        aku memakai softlens sehari penuh, waktu itu pulang dari kampus pukul 7 malam, biasanya sih aku lepas softlens dulu baru makan, tapi karena merasa sangat lapar, aku dahulukan makan. sebagai penyuka pedas, aku makan nasi+sambal dan makan pakai tangan langsung. usai makian, aku sudah cuci tangan. tapi saat akan melepas softlens (jari menempel ke mata), mata ku merasa pedas. kupikir perasaanku saja, jadi kucoba lagi cepat-cepat melepas softlens. ternyata setelah itu mataku jadi merah, dan bertambah merah saat menggunakan softlens lagi.
        jadi selama 3 hari aku “berpuasa” softlens. aku berusaha mengobati dengan menggunakan tetes mata In**o dan tetes mata khusus soft lense Com**e*e. mata mengeluarkan kotoran tiap saat. merahnya mulai berkurang, terutama saat bangun tidur perbedaannya kentara sekali.
        besoknya kupakai lagi softlens nya. ternyata mata ku merah lagi, malah bertambah parah. warna putih mata seolah merembet ke bagian iris ku.
        kira-kira aman ga ya jika aku melakukan pengobatan tradisional diatas?
        karena aku malas ke dokter mata (jadwal kuliah padat) ditambah lagi jumlah biayanya (plus, aku takut kalo disuruh perawatan/operasi. hiii)

      • 19 erix mania Senin, 3 Mei 2010 pukul 10:30 am

        HI cantik,dex u rumhy di mana,bleh kesana ga’.
        kenalin nih gue erix mania dipondox pesantren roudlatul mubtadi’in di Ds ngagel-dukuhseti-pati.

    • 20 yullie alona cii brengenge Selasa, 6 Juli 2010 pukul 12:29 pm

      .. hadooh surammm
      yullie.alona@gmail.com

  13. 21 joe Rabu, 8 April 2009 pukul 11:47 am

    daun sirih memang bisa mengobati mata merah (saya juga sudah pernah buktiin), tapi dengan cara lain…
    intinya…
    daun sirih dibersihin terlebih dahulu,
    kemudian dihancurin (bisa pake tangan) mungkin tujuannya biar getahnya keluar, kemudian direndam ke air (normal) secukupnya
    (jadinya seperti teh tubruk)… ditunggu sebentar sampai pecahan daun sirihnya turun kebagian bawah wadah (mengendap….),
    nah… rendam (bola) mata..
    lakukan berulang-ulang,
    hal ini juga bisa untuk membersihkan bola mata…
    awalnya memang akag perih, tapi cuma sebentar, kemudian terasa enakan….

    semoga bermanfaat

    joe

  14. 22 chien ART Senin, 25 Mei 2009 pukul 10:59 am

    ada yang lebih mujarab,,, yaitu pakai daun kelor yang diremas2 kemudian teteskan extrak arir dari daun kelor di mata anda yang sakit.

  15. 23 ahwan Rabu, 27 Mei 2009 pukul 10:01 am

    yo..i, pk rendaman daun sirih
    emang serius mujarab bos, udah 3 kali celup nih
    mata sdh mendingan, tdnya jg pk cendo (corthon sterile eye drops) tp g sembuh sembuh..
    dan kayaknya tanpa efek samping, aman.

  16. 24 AYu Rabu, 3 Juni 2009 pukul 3:18 pm

    aku coba praktekan dengan daun sirih
    kebetulan juga mataku merah udah 3 hari ini belum sembuh
    makasih ya tak coba dulu

  17. 25 Anton Jumat, 19 Juni 2009 pukul 6:30 pm

    Wah, ini semua pd ngarang x y. Sm skali ga manjur. Yg ada mata g tmbh merah n tmbh bengkak. Untung ga buta.

  18. 27 Jaka Adiputra Senin, 10 Agustus 2009 pukul 6:33 am

    kayaknya ini berguna bgt buat aku yg lagi sakit mata…

    makasih ya uda sharing informasi ttg kesehatan.

  19. 28 nogocuil Jumat, 25 September 2009 pukul 2:44 pm

    betul sekali itu juragan, sudah pernah mencoba juga ko, paling pas dirimbang pedes2 dikit tp gpp..

    tapi resep ini tidak bisa digunakan untuk mengobati mata keranjang, hehe ..^_^

    piss

  20. 29 ds_zzz Rabu, 14 Oktober 2009 pukul 3:06 pm

    thx atas infonya, akan guw cba dirumah… ^-^

  21. 30 listria rambe debataraja Rabu, 18 November 2009 pukul 1:29 pm

    kalo untuk mata minus bisa ga?

  22. 32 Me_mey Minggu, 13 Desember 2009 pukul 7:03 am

    Niy mataq kena iritasi,jd merah n bengkak belekan lg,y untung z gag nular,.kmrin wk2 k dkter dkci salep mata,tp gag sembuh2 mlh tmbh bengkak merah g2,mw msk skul kan malu pa lg ud kelas 3,tugas tmbh numpuk,kan gag enk jg lw penglihatan terganggu,
    kyx saran d ats yahud jg bwt dcb,moga z c4 smbh,,

  23. 33 gita lisryawati Senin, 14 Desember 2009 pukul 8:01 am

    temen temen mataku suka bengkak dan sakit kalau kena debu.tapi cuma yang sebelah kanan aja.kadang suka bikin aku migren juga.gimana ya solusinya

  24. 35 banjar Senin, 14 Desember 2009 pukul 10:03 pm

    teman akupun punya masalah,mata sebelah kanan seperti mengeluarkan cahaya,awalnya sih pernah kenak tonjok……ada solusinya gak ya….

  25. 36 iskandar Sabtu, 19 Desember 2009 pukul 7:34 pm

    Aku pernah sakit mata.pake daun sirih aza,baik dah.Tp mungkin kl yg ga baek,type penyakitnya yg beda kale.

  26. 37 ibu mantasiah Rabu, 23 Desember 2009 pukul 1:45 pm

    maav,pak.. saya mau nanya nih..
    saya mengalami sakit kepala selama 3 hari ini,rasanya kepala saya tuh sperti meriang..
    badan berkeringat dingin,saya sudah meminum obat panadol dan dokter tp tidak kunjung sembuh,
    apa nma penyakit yg saya alami ini?? dan apa solusinyaa..?

    terima kasih

  27. 38 vivi_ertauli Kamis, 21 Januari 2010 pukul 12:20 am

    mata kita dcelupinnya itu ke aer sirih dalam keadaan terbuka ato tertutup sih guyz??

  28. 39 Marson Selasa, 23 Februari 2010 pukul 1:40 pm

    Wah, saya juga pernah mencoba mantep banget bersihin mata pakai daun sirih yang sudah direbus dan didinginkan dalam kulkas, mata jadi terang, tadi nya saya sering alergi mium obat mata jadi bengkak kelopaknya nah saya iseng-2 cuci pakai air rebusan daun sirih.. wah cesss plesnnnk…. sekarang saya mata saya sehat ga alergi lagi..

    Pengalaman pribadi
    Marson

  29. 40 salfarisi Selasa, 2 Maret 2010 pukul 12:36 am

    matanya di celupkan dalam keadaan terbuka apa tertutup?

  30. 43 eCa Selasa, 2 Maret 2010 pukul 10:48 am

    BeRapa Kali sehari Dicelupin Matanya???????//

  31. 45 Mas Adis Kamis, 4 Maret 2010 pukul 12:19 pm

    pengalaman mas begini, sekarang mata kanan aku lagi merah dn berair dan ada belekan, kepriye yo?

    aku meh coba pake air daun sirih iku, cucuk opo ora,
    soale mata kan ora ole sembarang toh ya

    bisa-bisa yang sarani bisa kena perkoro, gara2 sebar berita daun sirih itu??

    teng qyu

  32. 46 oan Jumat, 5 Maret 2010 pukul 9:29 am

    selain pake itu daun sirih, kalo pake tetesan air embun pagi yang masih murni bisa ndak?

  33. 47 ksman jazz Selasa, 16 Maret 2010 pukul 6:37 pm

    waH, pa mujarab yah buwt mataq yg g pernah dapat vitamin, truz selelu kena cahaya komputer, debu jalan,dll…????

  34. 48 azka ap Jumat, 26 Maret 2010 pukul 9:18 am

    cara nya emang ampuh tapi efeknya belum muncul memakai daun sirih terus saya coba2 pakai es batu alhamdulilah mata merah nya berkurang dan mata saya tidak bengkak

  35. 49 nurprasetia Jumat, 2 April 2010 pukul 9:30 am

    aduh.. gmn ya…
    tapi ada kejadian yang pke daun sirih malah buta….
    tolong donk… mataku sakit niih…
    merah + belekan

  36. 50 sochen Selasa, 20 April 2010 pukul 9:07 am

    Salam kenal Teman!

    Terimakasih atas tipsnya kebetulan hari ini saya sedang sakit mata, so nggak salah kan saya nyoba tipsnya?

    jangan lupa kunjungi juga ya blog saya di http://sovianchoeruman.wordpress.com
    mudah-mudahan kita bisa saling share pengalaman

    Salam saya
    sochen

  37. 51 winda Rabu, 28 April 2010 pukul 9:11 am

    barusan di coba,.. lumayan c… belek en Perihnya ga lg banyak kya kmaren..
    tp bengkaknya ma merahnya masih,.. mudah2n bisa sembuh ya bsok!!!
    makasih tipsnya…..
    jadi pengen nanem daun sirih ne….
    sakit mata menyiksa yua!!! hehhehehehe…
    salam kenal semua….. ^^

  38. 52 tini Kamis, 6 Mei 2010 pukul 11:51 am

    wah, mataku merah blm sembuh2
    sudah di tetes mata dari yang murah sampai yang mahal
    vitamin,
    gmn ya……..
    hampir 1 minggu lebih

  39. 55 etha Jumat, 14 Mei 2010 pukul 6:53 am

    Kami sekeluarga sampe bayiku jg tertular virus mata merah. Pnyebarannya cepat bgt,sy sdh hour ketiga.
    Skarang mau coba pake daun sirih. Tq yah bl berhasil nambah keyakinan lg buat yg mau coba.

  40. 56 Uniska Banjarmasin Minggu, 16 Mei 2010 pukul 6:29 am

    Aku lagi merebus air sirih neh. Doain mataku cepet sembuh ya.


  1. 1 Kearifan Lokal Penduduk Pantai Baron Gunung Kidul: Mengatasi Sengatan Ubur-ubur « Suluh Numpang Nulis Lacak balik pada Minggu, 17 Juni 2007 pukul 9:56 am
  2. 2 Tips Kesehatan Kulit: Mengatasi atau Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya « Suluh Numpang Nulis Lacak balik pada Senin, 2 Juli 2007 pukul 12:03 pm
  3. 3 kesehatan » kesehatan kulit Lacak balik pada Selasa, 6 Juli 2010 pukul 12:50 pm
  4. 4 Tips Pijat Tradisional: Menghilangkan Sakit Kepala dan Sakit Gigi | Queenhalizahhidayah Lacak balik pada Selasa, 18 Januari 2011 pukul 8:48 pm
  5. 5 Tips Menghilangkan Jerawat | ilham0 Lacak balik pada Jumat, 18 Februari 2011 pukul 12:00 am
  6. 6 Secangkir kopi panas dan “belekan” … « Laan van Kronenburg Lacak balik pada Jumat, 22 April 2011 pukul 7:19 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Haqiqie Suluh Facebook Profile

Tentang Aku

Banyak hal yang berubah seiring berlalunya waktu, Demikian pula Saya, Haqiqie Suluh, baik dalam hal pandangan atau keyakinan. Selanjutnya saya hanya ingin memberitahu bahwa terhadap apa apa yang telah saya tuliskan di blog ini, sangat mungkin bukan lagi merupakan pandangan dan keyakinan saya saat ini, karena ternyata saya telah banyak berubah, anda pun saya yakin sedang dan telah berubah juga. Semoga dimengerti.
Peringatan!!!

Anda Boleh Memaki, Anda Boleh Mencaci, Tetapi Jangan Sebar Spam or Promosi. Segala Bentuk Komentar yang Berbau Spam dan Promosi akan Langsung Saya Hapus! Tanpa Kecuali!

BOLEH COPY PASTE

Anda DIPERBOLEHKAN KOPI PASTE Semua Artikel atau Tulisan yang Ada disini

Syaratnya satu: Cantumkan Link Blog ini di dalam Artikel yang Anda KOPI PASTE!!

Suluh Numpang Nulis


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 286 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: